3 Mantan Pemain FC Andorra yang Sekarang Bermain di LaLiga

Ada yang bermain untuk Barcelona

Andorra merupakan negara yang tidak terlalu diperhitungkan di sepak bola Eropa. Bahkan, peringkat FIFA mereka berada di urutan ke-156 pada Juli 2024, masih berada di bawah Timnas Indonesia (133). Akan tetapi, negara ini punya klub yang sempat bermain di LaLiga2 Spanyol.

FC Andorra adalah klub yang berasal dari negara Andorra. Saat ini, mereka bermain di Primera Federación atau kasta ketiga Liga Spanyol. Ini disebabkan kegagalan mereka untuk keluar dari zona degradasi di LaLiga2 2023/2024. Ada beberapa mantan pemain FC Andorra yang kini bermain untuk klub LaLiga. Siapa saja? Berikut daftarnya!

1. Adrià Altimira direkrut SC Andorra secara gratis

3 Mantan Pemain FC Andorra yang Sekarang Bermain di LaLigaAdrià Altimira (instagram.com/adrialti_)

Adrià Altimira merupakan lulusan La Masia atau Akademi Barcelona. Sayangnya, ia gagal menembus tim utama Barcelona dan justru berlabuh di beberapa klub medioker Spanyol. Salah satu klub yang pernah dibela bek kanan berusia 23 tahun ini adalah FC Andorra.

Ia direkrut FC Andorra secara gratis pada bursa transfer musim panas 2021. Saat itu, kontraknya bersama klub divisi tiga Spanyol, UD Melilla telah habis setelah bermain selama semusim. Bersama FC Andorra, ia kembali menemukan permainan terbaiknya.

Baru semusim bermain untuk FC Andorra, Adrià Altimira berhasil membawa klub tersebut promosi ke LaLiga2 2022/2023. Saat bermain di LaLiga2 2022/2023, posisinya di sektor pertahanan sebelah kanan sulit tergantikan. Karena penampilannya yang konsisten tersebut, Villarreal kemudian memboyong Adrià Altimira setelah kontraknya dengan FC Andorra habis pada Juli 2023.

2. Germán Valera berhasil membawa FC Andorra promosi ke LaLiga2

3 Mantan Pemain FC Andorra yang Sekarang Bermain di LaLigaGermán Valera (instagram.com/germanvalera10)

Germán Valera sempat bermain untuk FC Andorra dengan status pemain pinjaman. Tepatnya pada bursa transfer musim panas 2022, di mana saat itu ia dipinjam selama semusim dari Atletico Madrid B. Sebelum dipinjamkan ke FC Andorra, ia juga pernah dipinjamkan ke klub lain seperti CD Tenerife hingga Real Sociedad B.

Selama berseragam FC Andorra, ia menjadi pemain andalan di posisi sayap kanan. Bahkan, pemain berusia 22 tahun ini hampir tak pernah tergantikan sepanjang LaLiga2 2022/2023 berlangsung. Total, sebanyak 38 pertandingan, 2 gol, serta 2 assist berhasil ia catatkan bagi klub yang bermarkas di Estadi Nacional d'Andorra ini.

Penampilan apiknya tersebut membuat Germán Valera diperhitungkan untuk masuk skuad utama Atletico Madrid. Namun, pada 2023/2024, ia masih dipinjamkan kembali ke Real Zaragoza. Kesempatannya untuk debut bersama tim senior Atletico Madrid di LaLiga 2024/2025 tampaknya juga masih menjadi tanda tanya mengingat saat ini masih banyak nama-nama top di posisi winger.

3. Álex Valle hanya tampil setengah musim untuk FC Andorra

3 Mantan Pemain FC Andorra yang Sekarang Bermain di LaLigaÁlex Valle (instagram.com/alexxv_8)

Álex Valle juga merupakan produk asli dari La Masia yang pernah merumput bersama FC Andorra. Ia dipinjam dari Barça Atlètic pada Januari 2023. Kedatangannya ke Estadi Nacional d'Andorra bertujuan untuk menambah kedalam skuad di lini pertahanan klub berjuluk Els Tricolors tersebut.

Selama setengah musim melewati masa peminjamannya, pemain berposisi bek kanan tersebut hanya bermain tujuh kali bersama FC Andorra di LaLiga2 2022/2023. Di usianya yang masih 18 tahun kala itu, tujuh pertandingan saja bisa dikatakan cukup untuk menaikkan mental seorang Álex Valle. Apalagi ini sudah bisa dihitung sebagai pertandingan resmi di level senior.

Álex Valle sendiri sampai saat ini belum mencatatkan debut resmi bersama Barcelona senior. Ia sempat masuk dalam daftar susunan pemain kala Barcelona menghadapi Viktoria Plzen di fase grup UEFA Champions League 2022/2023. Pada 2023/2024, ia dipinjamkan ke Levante yang juga masih berkutat di LaLiga2.

Dari tiga nama di atas, du diantarnya merupakan jebolan akademi La Masia. Ini tentunya tak terlepas dari peran Gerard Pique, legenda Barcelona yang juga menjadi pemilik klub tersebut. Tak heran banyak pemain pinjaman FC Andorra yang berasal dari FC Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Terakhir yang Dibeli Barcelona dari Tim Non-LaLiga

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya