5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb yang Merumput di Serie A 2024/2025

Tak hanya Milan Badelj

Intinya Sih...

  • Dinamo Zagreb sukses menghasilkan pemain top Eropa
  • Filip Benkovic, Josip Brekalo, dan Borna Sosa berasal dari akademi Dinamo Zagreb
  • Milan Badelj, kapten Genoa, juga merupakan produk akademi Dinamo Zagreb

Dinamo Zagreb merupakan salah satu klub tersukses di Kroasia. Mereka telah 25 kali memenangkan gelar HNL atau kasta tertinggi Liga Kroasia. Kesuksesan Dinamo Zagreb tak terlepas dari keberhasilan mereka memproduksi pemain muda dari akademinya. Banyak nama-nama pemain top Eropa yang berasal dari akademi Dinamo Zagreb. Beberapa di antaranya saat ini bermain di Serie A Italia.

1. Filip Benkovic sulit mendapatkan tempat reguler di Udinese

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb yang Merumput di Serie A 2024/2025Filip Benkovic (udinese.it)

Filip Benkovic merupakan bek tengah yang didatangkan Udinese sejak Januari 2022 dari Leicester City. Namun, ia lebih sering dipinjamkan kepada klub lain, seperti Eintracht Braunschweig (Jerman) hingga Trabzonspor (Turki), daripada bermain untuk Udinese. Persaingan lini belakang Udinese yang cukup ketat menjadi salah satu penyebabnya.

Filip Benkovic sendiri memulai kariernya bersama akademi Dinamo Zagreb. Setelah melewati banyak pertandingan bersama tim junior Dinamo Zagreb, ia naik kelas ke tim utama pada 2015/2016. Bersama Dinamo Zagreb, ia telah tampil dalam 76 pertandingan dengan mencetak 6 gol serta 3 assist di berbagai kompetisi. Catatan tersebut yang saat itu membuat Leicester City cukup tertarik dengan pemain berpostur 194 sentimeter ini.

2. Josip Brekalo sempat dipinjamkan Fiorentina kepada Hajduk Split

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb yang Merumput di Serie A 2024/2025Josip Brekalo (instagram.com/josip_brekalo)

Josip Brekalo adalah pesepak bola asli Zagreb yang malah menghabiskan banyak waktunya di dunia sepak bola Jerman. Ia direkrut VfL Wolfsburg saat masih berusia 18 tahun. Pada saat itu, pelatih VfL Wolfsburg, Dieter Hecking, cukup tertarik dengan penampilan jebolan akademi Dinamo Zagreb tersebut.

Josip Brekalo memulai petualangannya di Italia dengan bergabung terlebih dahulu bersama Torino sebagai pemain pinjaman. Winger berusia 26 tahun tersebut kemudian direkrut Fiorentina dari VfL Wolfsburg pada pertengahan musim 2022/2023. Bersama Fiorentina, performanya bisa dibilang naik turun. Bahkan, ia sempat dipinjamkan kepada Hajduk Split pada Januari 2024.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir FC Porto dari Serie A

3. Nikola Moro harus bersaing dengan banyak gelandang di skuad Bologna

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb yang Merumput di Serie A 2024/2025Nikola Moro (instagram.com/moronikola)

Selanjutnya, ada nama Nikola Moro yang kini membela klub papan tengah Serie A, Bologna. Gelandang berusia 26 tahun tersebut sebelumnya bermain untuk Dynamo Moscow di Russian Premier League. Ia juga merupakan produk akademi Dinamo Zagreb yang pernah bermain sebanyak 115 kali bersama klub raksasa Kroasia tersebut di berbagai kompetisi.

Sejak bergabung dengan Bologna pada akhir bursa transfer musim panas 2022, ia langsung menunjukkan permainan impresif. Namun, banyaknya stok gelandang yang dimiliki Bologna membuat ia masih cukup sulit untuk menjadi starter. Nikola Moro bahkan sempat dikabarkan akan kembali ke Kroasia untuk memperkuat Hajduk Split pada musim panas 2024.

4. Borna Sosa dipinjamkan Ajax Amsterdam selama 1 musim kepada Torino

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb yang Merumput di Serie A 2024/2025Borna Sosa (instagram.com/torinofc1906instagram.com/superrman007instagram.com/seriea)

Borna Sosa baru saja diresmikan sebagai pemain anyar Torino pada musim panas 2024. Ia dipinjam dengan durasi 1 musim dari Ajax Amsterdam. Mantan pemain VfB Stuttgart berusia 26 tahun tersebut bakal mengisi posisi bek kiri Torino setelah ditinggalkan Ricardo Rodríguez yang hijrah ke Real Betis.

Torino bakal menjadi tim Italia pertama yang dibela Borna Sosa. Ia mulai berkarier di luar Kroasia setelah bergabung dengan VfB Stuttgart pada tahun 2018. Sebagai jebolan akademi Dinamo Zagreb, ia telah tampil di tim senior Dinamo Zagreb saat usianya masih 18 tahun. Borna Sosa hanya butuh waktu 3 tahun untuk bisa menembus tim utama semenjak masuk akademi Dinamo Zagreb.

5. Milan Badelj telah bermain di Serie A sejak 10 tahun lalu

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb yang Merumput di Serie A 2024/2025Milan Badelj (instagram.com/genoacfc)

Milan Badelj sudah malang melintang di beberapa klub Serie A. Ia pertama kali datang ke Italia dengan bergabung bersama Fiorentina saat musim panas 2014. Mantan gelandang Timnas Kroasia tersebut juga pernah membela Lazio sebelum akhirnya berseragam Genoa pada September 2020.

Meskipun saat ini usianya sudah berada di angka 35 tahun, ia masih saja menjadi pemain kunci dan kapten Genoa. Pada 2023/2024, ia tampil dalam 33 pertandingan dan mengemas 1 gol serta 3 assist di Serie A. Tampaknya, pemain yang pernah lima kali juara HNL bersama Dinamo Zagreb ini masih akan menjadi andalan Genoa pada 2024/2025.

Meskipun tak setenar La Masia atau La Fabrica yang dianggap sebagai dua akademi sepak bola terbaik di dunia, akademi Dinamo Zagreb juga patut diperhitungkan. Pasalnya, sudah ada banyak pemain top yang muncul dari akademi tersebut. Itu termasuk nama-nama pemain Serie A di atas.

Baca Juga: 9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka Modric

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya