4 Gelandang Spanyol yang Direkrut Arsenal sebelum Mikel Merino

Tak semuanya sukses!

Intinya Sih...

  • Arsenal gemar merekrut pemain Spanyol, termasuk Mikel Merino dengan nilai transfer 32 juta euro atau Rp553 miliar.
  • Dani Ceballos bermain selama 2 musim, mencatatkan 77 pertandingan, 2 gol, dan 5 assist serta menyumbangkan satu trofi FA Cup 2020.
  • Santi Cazorla dan Mikel Arteta merupakan mantan gelandang andalan Arsenal yang sukses, tidak seperti Denis Suárez yang kurang berhasil.

Arsenal memang cukup gemar merekrut pemain asal Spanyol. Baru-baru ini, klub berjuluk The Gunners tersebut mendatangkan pemain Spanyol anyar dari Real Sociedad. Ia adalah gelandang berusia 28 tahun, Mikel Merino, yang sempat mencuri perhatian saat bermain untuk Timnas Spanyol di Euro 2024.

Mantan pemain Borussia Dortmund tersebut dibeli Arsenal dengan nilai transfer 32 juta euro atau setara dengan Rp553 miliar. Sebelum Mikel Merino, ada sejumlah gelandang asal Spanyol yang pernah direkrut Arsenal. Berikut daftarnya!

1. Dani Ceballos sempat bermain selama 2 musim bersama Arsenal

4 Gelandang Spanyol yang Direkrut Arsenal sebelum Mikel MerinoDani Ceballos (instagram.com/danifuli10)

Dani Ceballos sempat bermain selama 2 musim bersama Arsenal. Gelandang berusia 28 tahun tersebut dipinjam Arsenal dari Real Madrid pada pertengahan musim panas 2019. Kedatangan Ceballos saat itu bertujuan untuk menggantikan posisi Aaron Ramsey yang hijrah ke Juventus setelah kontraknya berakhir.

Bersama Arsenal, ia langsung menjadi andalan di lini tengah. Total, Dani Ceballos mencatatkan 77 pertandingan, 2 gol, dan 5 assist selama membela klub yang bermarkas di Emirates Stadium tersebut. Jebolan akademi Real Betis ini juga berhasil menyumbangkan satu trofi FA Cup 2020 untuk The Gunners sebelum kembali ke Real Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Membela Arsenal dan Fulham sebelum Smith Rowe

2. Denis Suárez dipinjamkan FC Barcelona kepada Arsenal setelah kurang mendapat menit bermain

4 Gelandang Spanyol yang Direkrut Arsenal sebelum Mikel MerinoDenis Suárez (arsenal.com)

Denis Suárez dipinjamkan FC Barcelona kepada Arsenal setelah kurang mendapat menit bermain. Namun, kepergiannya ke Emirates Stadium pada Januari 2019 ternyata tak merubah performa gelandang berusia 30 tahun tersebut. Ia hanya dipinjam setengah musim dan bermain enam kali saja selama berseragam The Gunners.

Catatan tersebut membuat manajemen Arsenal memilih untuk mengembalikannya kepada Blaugrana. Tentu saja, setelah kembali dari Arsenal, ia tidak mendapatkan tempat utama di skuad FC Barcelona. Alhasil, ia dijual kepada Celta de Vigo pada musim panas 2019 dan mulai mendapatkan kepercayaan lagi di klub tersebut.

3. Santi Cazorla masih aktif bermain untuk Real Oviedo di LaLiga2 atau kasta kedua Liga Spanyol

4 Gelandang Spanyol yang Direkrut Arsenal sebelum Mikel MerinoSanti Cazorla (facebook.com/Arsenal)

Santi Cazorla cukup dikenal saat masih bermain bersama Arsenal. Mantan gelandang Villarreal dan Málaga ini benar-benar berada di puncak performanya saat membela The Gunners. Selama 6 musim memperkuat Arsenal, ia telah mencatatkan 180 pertandingan di berbagai kompetisi serta berhasil memberikan total 4 trofi, 2 FA Cup dan 2 Community Shield.

Setelah berseragam Arsenal, Santi Cazorla kemudian pindah ke Villarreal dan sempat bergabung beberapa musim bersama klub Qatar, Al-Sadd SC. Banyak yang mengira pemain berusia 39 tahun tersebut sudah pensiun. Padahal, saat ini ia masih aktif bermain untuk Real Oviedo di LaLiga2 atau kasta kedua Liga Spanyol.

4. Mikel Arteta mencatat 150 pertandingan, 16 gol, dan 8 assist selama berseragam Arsenal

4 Gelandang Spanyol yang Direkrut Arsenal sebelum Mikel MerinoMikel Arteta (arsenal.com)

Sebelum menjabat sebagai manajer Arsenal, tentu banyak orang sudah tahu bahwasanya Mikel Arteta merupakan mantan gelandang andalan The Gunners. Ia didatangkan Arsenal dari Everton menjelang akhir musim panas 2011. Mikel Arteta sendiri mencatatkan 150 pertandingan, 16 gol, dan 8 assist selama mengenakan seragam Arsenal.

Sama seperti rekan senegaranya, Santi Cazorla, ia juga berhasil meraih 2 trofi FA Cup dan 2 trofi Community Shield saat membela Arsenal. The Gunners menjadi klub terakhir yang dibela Mikel Arteta. Pria berusia 42 tahun tersebut memutuskan gantung sepatu pada Juli 2016.

Tak semua gelandang asal Spanyol tampil sukses bersama Arsenal. Dari deretan nama di atas, Denis Suárez bisa menjadi contohnya. Tentunya, Mikel Merino harus bisa tampil konsisten jika ingin mendapatkan tempat reguler di skuad The Gunners. Mengingat, ia bakal bermain di Premier League yang dikenal cukup keras dan kompetitif.

Baca Juga: 5 Bek Tengah Terakhir yang Dibeli Arsenal, Calafiori Teranyar!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya