4 Eks Manchester City yang Merumput di Asia, João Cancelo Terbaru

Banyak yang pindah ke Saudi Pro League

Manchester City menunjukan progres yang luar biasa di dunia sepak bola. Klub asuhan Manajer Pep Guardiola tersebut telah berhasil juara English Premier League (EPL) empat kali berturut-turut sejak 2020/2021. Klub berjuluk The Citizens ini juga mampu meraih trofi UEFA Champions League pertamanya pada 2022/2023.

Sebagai salah satu klub raksasa Inggris dan Eropa, tentu saja Manchester City punya kriteria pemain yang tak asal-asalan. Banyak pemain yang datang dan pergi dalam skuad klub yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut. Beberapa eks Manchester City sendiri saat ini ada yang merumput bersama klub Asia. Siapa saja?

1. Karim Rekik merapat ke klub Uni Emirat Arab

4 Eks Manchester City yang Merumput di Asia, João Cancelo TerbaruKarim Rekik (instagram.com/al_jazira_fc)

Karim Rekik merupakan pemain Belanda keturunan Tunisia yang mencoba peruntungan baru bersama klub asal Uni Emirat Arab, Al-Jazira, sejak Juli 2023. Ia didatangkan Al-Jazira dari Sevilla dengan banderol 2 juta euro atau setara Rp34 miliar. Selama bermain untuk Al-Jazira, bek tengah berusia 29 tahun tersebut telah tampil dalam 22 pertandingan di berbagai kompetisi.

Karim Rekik sendiri adalah jebolan akademi Manchester City yang berhasil promosi ke tim utama pada 2012/2013. Sayangnya, ia hanya bermain sebanyak satu kali untuk The Citizens setelah performanya yang tak kunjung meningkat. Hal tersebut membuatnya sempat dipinjamkan kepada Blackburn Rovers hingga PSV Eindhoven.

2. Riyad Mahrez dijual Manchester City kepada Al-Ahli

4 Eks Manchester City yang Merumput di Asia, João Cancelo TerbaruRiyad Mahrez (jersei hijau) saat membela Al-Ahli. (instagram.com/riyadmahrez26.7)

Riyad Mahrez pernah menjadi winger andalan Manchester City sejak 2018/2019 sampai 2022/2023. Mantan pemain Leicester City tersebut memilih pindah ke klub Arab Saudi setelah banyaknya pemain muda baru yang mengisi skuad Manchester City. Ditambah lagi, gaji fantastis membuat pemain Timnas Aljazair itu cukup tergiur.

Al-Ahli berhasil memboyong Mahrez pada musim panas 2023 dari Manchester City dengan banderol 35 juta euro atau sekitar Rp607 miliar. Ia direkrut bersamaan dengan bintang Premier League lain macam Allan Saint-Maximin dan Roberto Firmino. Di musim pertamanya bersama Al-Ahli, Riyad Mahrez tampil dalam 32 pertandingan di Saudi Pro League 2023/2024 dan berhasil mengemas 11 gol serta 14 assist. 

Baca Juga: 4 Top Skor Sepanjang Masa Al-Nassr, Termasuk Cristiano Ronaldo

3. Aymeric Laporte mampu tampil apik bersama Al-Nassr

4 Eks Manchester City yang Merumput di Asia, João Cancelo TerbaruAymeric Laporte (instagram.com/laporte)

Aymeric Laporte juga meninggalkan Manchester City pada musim panas 2023. Ia menyusul Riyad Mahrez yang bergabung dengan klub Arab Saudi. Akan tetapi, bek tengah berusia 30 tahun tersebut bergabung bersama klub yang juga diperkuat Cristiano Ronaldo, Al-Nassr.

Sebelum bermain untuk Al-Nassr, ia sempat kesulitan mendapatkan menit bermain di Manchester City seiring datangnya Manuel Akanji dari Borussia Dortmund. Keputusannya pindah ke Al-Nassr dinilai cukup tepat. Ia kembali menemukan permainan terbaiknya lagi dan membuat mantan pemain Athletic Bilbao tersebut dipanggil Timnas Spanyol untuk Euro 2024.

4. João Cancelo baru saja diresmikan sebagai bek kiri anyar Al-Hilal

4 Eks Manchester City yang Merumput di Asia, João Cancelo TerbaruJoão Cancelo (instagram.com/jpcancelo)

João Cancelo baru diumumkan sebagai bek kiri anyar klub raksasa Arab Saudi, Al-Hilal. Klub yang juga mengontrak Neymar Jr tersebut membeli João Cancelo dari Manchester City seharga 25 juta euro atau sekitar Rp429 miliar. Pemain Timnas Portugal itu dikontrak selama 3 tahun dengan gaji sebesar 15 juta euro atau Rp258 miliar.

Manchester City lebih memilih menjual João Cancelo karena memiliki opsi bek kiri yang cukup banyak. Ditambah lagi, João Cancelo tak masuk skema Manajer Pep Guardiola setelah sempat dipinjamkan kepada Bayern Munich dan Barcelona. Bersama Al-Hilal, tentunya ia bakal bahu-membahu dengan rekan senegaranya, Rúben Neves.

Deretan mantan pemain Manchester City di atas akan membuat sepak bola Asia lebih berwarna. Apalagi, mereka datang dengan segudang pengalaman yang dimiliki selama meniti karier di Eropa. Kira-kira, siapa pemain Manchester City lain yang cocok menyusul mereka ke klub Asia?

Baca Juga: 8 Ide Styling Outerwear ala Joao Cancelo, Trendi Maksimal!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya