3 Eks Manchester United yang Bermain di A-League Men 2024/2025

Juan Mata terbaru

A-League Men merupakan kasta tertinggi Liga Australia yang berisi klub-klub kuat. Nama-nama klub macam Brisbane Roar, Melbourne City, hingga Sydney FC boleh jadi tidak asing lagi di telinga para pencinta sepak bola dunia. Ditambah lagi, banyak bintang Eropa yang pernah merasakan kerasnya A-League Men, seperti Alessandro Del Piero hingga Daniel Sturridge, yang membuat liga tersebut cukup banyak dikenal hari ini.

Bicara soal pemain Eropa, pada 2024/2025, terdapat tiga eks Manchester United yang meramaikan A-League Men. Salah satunya bisa dibilang sebagai legenda The Red Devils. Siapa saja? Berikut daftar eks Manchester United yang bermain di A-League Men 2024/2025!

1. Scott Wootton pindah ke Wellington Phoenix sejak Januari 2022

3 Eks Manchester United yang Bermain di A-League Men 2024/2025Scott Wootton (instagram.com/scottwootton4)

Scott Wootton bisa dikatakan sebagai produk gagal Manchester United. Padahal, ia sempat digadang-gadang bakal menjadi bek masa depan The Red Devils. Penampilan impresifnya saat bermain di Premier League 2 bersama Manchester United U-21 menjadi salah satu alasannya.

Pemain kelahiran 12 September 1991 tersebut sebenarnya sudah masuk ke skuad utama Manchester United di English Premier League 2012/2013. Saat itu, The Red Devils masih diarsiteki manajer legendaris, Sir Alex Ferguson. Namun, banyaknya bek-bek berkualitas, macam Rio Ferdinand hingga Nemanja Vidic,‎ membuat nama Scott Wootton tidak pernah mendapatkan kesempatan tampil.

Setelah gagal tampil bersama Manchester United, ia sempat bermain bersama beberapa tim divisi bawah Liga Inggris. Scott Wootton baru pindah ke Australia untuk bergabung dengan Wellington Phoenix yang berkompetisi di A-League Men pada Januari 2022. Bersama klub berjuluk The Nix itu, ia telah tampil sebanyak 75 kali dengan sukses mengemas 2 gol dan 3 assist di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 25 Terakhir di Manchester United

2. Ryan Tunnicliffe menjadi bek andalan Adelaide United

3 Eks Manchester United yang Bermain di A-League Men 2024/2025Ryan Tunnicliffe (adelaideunited.com.au)

Ryan Tunnicliffe mengawali kariernya sebagai pemain di akademi Manchester United. Ia telah memperkuat beberapa tim kelompok usia The Red Devils sebelum naik ke level senior. Bek tengah berusia 31 tahun ini sebenarnya sempat beberapa kali dipanggil tim senior Manchester United, tetapi banyaknya pemain top di skuad membuatnya kesulitan untuk tampil.

Alhasil, Ryan Tunnicliffe tidak pernah mencatatkan satu penampilan pun di laga resmi bersama Manchester United. Hal itu juga yang membuatnya sempat dipinjamkan kepada Peterborough, Barnsley FC, dan Ipswich Town. Ia dipinjamkan demi mendapatkan menit bermain. Setelah kontraknya habis di Manchester United, mantan pemain Inggris U-17 tersebut memilih pindah ke Fulham.

Selama berkarier di Inggris, Ryan Tunnicliffe cukup sering bergonta-ganti klub. Ia memutuskan untuk bermain di Australia bersama Adelaide United pada September 2023. Tunnicliffe sendiri telah mencatatkan 22 penampilan dan 1 gol saat bermain untuk Adelaide United di A-League Men 2023/2024. Tampaknya, ia masih akan menjadi andalan di lini belakang Adelaide United saat mengarungi A-League Men 2024/2025.

3. Juan Mata direkrut Western Sydney Wanderers setelah lama menganggur

3 Eks Manchester United yang Bermain di A-League Men 2024/2025Juan Mata (instagram.com/juanmatagarciainstagram.com/aleagues 1 instagram.com/wswanderersfc)

Juan Mata juga memutuskan untuk pindah ke Australia dan bergabung dengan klub A-League Men, Western Sydney Wanderers, pada musim panas 2024. Playmaker berusia 36 tahun tersebut sempat menganggur tanpa klub sejak kontraknya di Vissel Kobe berakhir. Meski tidak muda lagi, jam terbang Juan Mata masih sangat berguna bagi klub yang bermarkas di CommBank Stadium itu.

Mantan pemain Timnas Spanyol ini cukup bersinar saat masih bermain di Premier League. Ia didatangkan dari Chelsea pada Januari 2014 dengan nilai transfer 44,73 juta euro atau setara Rp765 miliar. Bersama The Red Devils, Juan Mata menghabiskan waktunya selama 8 setengah musim dan sukses mencatatkan 285 pertandingan, 51 gol, serta 43 assist di berbagai kompetisi.

Penampilan Juan Mata sangat menurun setelah keluar dari Manchester United. Ia terlebih dahulu bergabung bersama Galatasaray di Super Lig Turki sebelum pindah ke Jepang dan memperkuat Vissel Kobe. Saat membela kedua tim tersebut, ia cukup kesulitan mendapat menit bermain akibat kondisi kebugarannya yang tidak stabil.

Ketiga pemain di atas akan bertemu di A-League Men 2024/2025. Berbeda dengan dua pemain lainnya yang lebih dahulu bermain di Australia, Juan Mata tentu saja membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Seperti apa kiranya kiprah mereka di A-League Men 2024/2025? Menarik untuk dinantikan!

Baca Juga: Kursi Panas Erik ten Hag di Manchester United

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya