3 Eks Go Ahead Eagles di Klub Serie A 2024/2025, Tak Hanya Idzes

Ada pemain Bologna

Go Ahead Eagles bisa dikatakan sebagai klub yang cukup populer di Indonesia. Bergabungnya dua mantan pemain mereka ke Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen dan Jay Idzes, menjadi alasannya. Klub yang berasal dari Kota Deventer tersebut saat ini berlaga di Eredivisie atau kasta tertinggi Liga Belanda.

Go Ahead Eagles dikenal pandai memoles pemain biasa menjadi pemain yang berkualitas. Mereka bahkan punya sederet eks pemain yang saat ini merumput di Serie A Italia. Siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut daftar eks Go Ahead Eagles yang bermain di Serie A 2024/2025.

1. Sam Beukema tampil apik di lini belakang Genoa

3 Eks Go Ahead Eagles di Klub Serie A 2024/2025, Tak Hanya IdzesSam Beukema (instagram.com/sambeukema)

Sam Beukema merupakan jebolan akademi Go Ahead Eagles. Ia berhasil promosi ke tim utama Go Ahead Eagles pada 2018 setelah sempat bermain untuk FC Twente Youth. Bek tengah berusia 25 tahun tersebut baru bisa tampil reguler pada 2019/2020 saat Go Ahead Eagles berkutat di Keuken Kampioen Divisie atau divisi dua Liga Belanda.

Sam Beukema berhasil membawa Go Ahead Eagles promosi ke Eredivisie 2021/2022 berkat penampilannya yang begitu menjanjikan. Catatan tersebut membuat AZ Alkmaar bergerak cepat untuk memboyongnya. Merasa misinya telah selesai, ia kemudian menandatangani kontrak bersama AZ Alkmaar setelah 3 musim bermain untuk Go Ahead Eagles.

Pada musim panas 2023, Bologna tertarik untuk memboyongnya ke Stadio Renato Dall'Ara. Sam Beukema dibeli klub berjuluk I Rossoblu tersebut dengan harga 9 juta euro (setara Rp153 miliar). Tak butuh waktu lama, ia langsung menjadi andalan di lini belakang Bologna. Pemain asal Belanda tersebut total mencatatkan 33 pertandingan dan 1 gol bagi Bologna di Serie A sejak 2023/2024.

Baca Juga: Aksi Heroik Jay Idzes Bareng Venezia

2. Ridgeciano Haps sempat dipinjamkan Venezia kepada Genoa

3 Eks Go Ahead Eagles di Klub Serie A 2024/2025, Tak Hanya IdzesRidgeciano Haps saat dipinjamkan Venezia kepada Genoa. (instagram.com/genoacfc)

Ridgeciano Haps adalah pemain Suriname keturunan Belanda. Ia mengawali kariernya di akademi Ajax Amsterdam sebelum direkrut AZ Alkmaar. Bek kiri berusia 31 tahun tersebut bisa dikatakan cukup sering berganti klub saat masih bermain di Belanda.

Salah satu klub Eredivisie yang pernah ia bela adalah Go Ahead Eagles. Ia mulai bermain untuk Go Ahead Eagles pada Januari 2014 setelah dipinjamkan selama setengah musim oleh AZ Alkmaar. Ridgeciano Haps sukses mencatatkan 10 penampilan di paruh kedua Eredivisie 2013/2014 bersama Go Ahead Eagles.

Petualangan Ridgeciano Haps di Italia sendiri dimulai saat Venezia merekrutnya dari Feyenoord pada Agustus 2021. Ia sempat dipinjamkan Venezia kepada Genoa selama 1 setengah musim. Namun, ia kembali memperkuat Venezia setelah klub tersebut berhasil promosi ke Serie A 2024/2025.

3. Jay Idzes menjadi andalan di Timnas Indonesia dan Venezia

3 Eks Go Ahead Eagles di Klub Serie A 2024/2025, Tak Hanya IdzesJay Idzes (instagram.com/jayidzes)

Jay Idzes menghabiskan waktu selama 3 musim di Go Ahead Eagles. Bek andalan Timnas Indonesia ini tampil cukup apik setelah direkrut dari FC Eindhoven pada musim panas 2020. Ia total mencatatkan 93 pertandingan, 5 gol, dan 1 assist untuk Go Ahead Eagles di berbagai kompetisi.

Jay Idzes memutuskan pindah ke Italia untuk bergabung dengan Venezia pada awal Juli 2020. Kepindahannya tersebut menyusul kontraknya yang habis di Go Ahead Eagles. Pemain berusia 24 tahun tersebut langsung diikat kontrak Venezia selama 4 tahun atau sampai Juni 2027.

Penampilan Jay Idzes di Venezia tak bisa diremehkan. Bek jangkung bertinggi 190 sentimeter tersebut selalu menjadi tembok kokoh di lini pertahanan Venezia saat berlaga di Serie B 2023/2024. Ia juga menjadi aktor utama di balik keberhasilan Venezia promosi ke Serie A 2024/2025.

Ketiga pemain di atas menjadi bukti keberhasilan Go Ahead Eagles dalam memoles pemain. Meskipun tidak membela klub besar Serie A, mereka mampu tampil apik bersama klubnya masing-masing. Kira-kira, siapa eks Go Ahead Eagles yang paling sukses di Serie A 2024/2025?

Baca Juga: Usai Bela Timnas Indonesia, Jay Idzes Ditunggu AC Milan

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya