4 Eks Chelsea yang Bermain di Klub Saudi Pro League 2024/2025

Memperkuat empat tim yang berbeda

Saudi Pro League merupakan salah satu liga sepak bola terbaik di Asia. Cukup banyak ekspansi pemain-pemain top Eropa ke Saudi Pro League menjelang musim 2024/2025 bergulir. Kedatangan para pemain baru tersebut tentu akan membuat reputasi kasta tertinggi Liga Arab Saudi tersebut terjaga.

Dari banyaknya pemain bintang yang berlaga di Saudi Pro League 2024/2025, ternyata beberapa di antaranya pernah bermain untuk Chelsea. Mereka kebanyakan memperkuat tim-tim besar Saudi Pro League. Namun, salah satunya ada yang menjadi rekrutan terbaru tim promosi, Al-Qadsia, pada bursa transfer musim panas 2024.

1. Kalidou Koulibaly cukup sukses saat bermain untuk Al-Hilal

4 Eks Chelsea yang Bermain di Klub Saudi Pro League 2024/2025Kalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly26)

Kalidou Koulibaly sempat menjadi perbincangan setelah dibeli Chelsea dengan harga 41,9 juta euro atau sekitar Rp717 miliar dari Napoli pada musim panas 2022. Penampilannya memang cukup menjanjikan saat masih bermain untuk Napoli. Namun, ketika membela Chelsea, kapasitas bek asal Senengal ini dianggap menurun dan tidak sesuai dengan harganya.

Hanya semusim di Chelsea, Kalidou Koulibaly kemudian dilepas kepada Al-Hilal dengan banderol 23 juta euro atau sekitar Rp394 miliar. Bersama Al-Hilal, ia mampu kembali menemukan permainan apiknya. Sebanyak 45 penampilan, 2 gol, dan 1 assist berhasil ia catatkan untuk klub asuhan Jorge Jesus ini. Ia juga mampu membawa Al-Hilal meraih empat gelar domestik.

2. N'Golo Kanté didatangkan Al-Ittihad secara gratis dari Chelsea

4 Eks Chelsea yang Bermain di Klub Saudi Pro League 2024/2025N'Golo Kanté (instagram.com/nglkante)

Setelah bersinar bersama Leicester City, N'Golo Kanté direkrut Chelsea pada musim panas 2016. Pada musim pertamanya di Stamford Bridge, ia langsung menjadi andalan di lini tengah Chelsea. Selama berseragam Chelsea, gelandang asal Prancis ini tampil 269 kali dan mengemas 13 gol serta 16 assist. N'Golo Kanté juga meraih beberapa trofi bersama Chelsea, termasuk trofi English Premier League 2016/2017 dan Liga Champions Eropa 2020/2021.

Kontraknya yang habis bersama Chelsea pada Juli 2023 membuatnya bisa pergi gratis ke Al-Ittihad. N'Golo Kanté sendiri memilih pergi ke Arab Saudi seiring catatannya yang kurang bagus bersama Chelsea pada pengujung kontraknya. Ia direkrut Al-Ittihad bersamaan dengan mantan striker Real Madrid, Karim Benzema.

Baca Juga: 5 Rekor Chelsea di Premier League yang Bertahan Lama

3. Edouard Mendy bermain bersama Franck Kessié dan Riyad Mahrez di Al-Ahli

4 Eks Chelsea yang Bermain di Klub Saudi Pro League 2024/2025Edouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Edouard Mendy telah bergabung dengan Chelsea sejak September 2020. Permainan impresifnya sebagai penjaga gawang Stade Rennais FC membuat manajer Chelsea saat itu, Frank Lampard, menaruh minat kepadanya. Ia sempat menjadi kiper utama Chelsea selama 2 musim pertamanya.

Posisinya mulai digantikan Kepa Arrizabalaga setelah mengalami cedera bahu pada 2022/2023. Pada musim panas 2023, ia dilepas Chelsea kepada Al-Ahli dengan nilai transfer 18,5 juta euro atau setara Rp318 miliar. Di Al-Ahli, ia juga setim dengan pemain Afrika lain, seperti Franck Kessié dan Riyad Mahrez.

4. Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pemain anyar Al-Qadsiah

4 Eks Chelsea yang Bermain di Klub Saudi Pro League 2024/2025Pierre-Emerick Aubameyang saat mengambil penalti untuk Al-Qadsiah. (instagram.com/fcqadsiahinstagram.com/auba)

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi mantan pemain Chelsea terakhir yang bergabung dengan klub Saudi Pro League.Tujuannya di bursa transfer musim panas 2024 ini adalah klub yang baru promosi, Al-Qadsiah. Sebelum bermain untuk Al-Qadsiah, ia sempat membela klub Ligue 1 Prancis, Olympique Marseille, selama 1 musim kompetisi.

Aubameyang yang pernah moncer bersama Arsenal dan Borussia Dortmund ini dianggap gagal saat berseragam The Blues. Striker asal Gabon tersebut bahkan hanya mencetak tiga gol di segala kompetisi pada 2022/2023 karena minimnya menit bermain bersama Chelsea. Tampaknya usia menjadi faktor penurunan performa Pierre-Emerick Aubameyang.

Sederet mantan pemain Chelsea yang kini bermain di Saudi Pro League sebenarnya masih punya kapasitas untuk bermain di Eropa. Gaji besar dan iklim kompetisi yang tak seketat di Eropa membuat mereka betah bermain di Arab Saudi. Siapa lagi kira-kira mantan pemain Chelsea yang akan menyusul mereka untuk meramaikan Saudi Pro League?

Baca Juga: 3 Pemain Chelsea yang Jadi PFA Young Player of the Year

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya