3 Eks Borussia Dortmund yang Masih Berstatus Tanpa Klub

Tak hanya Marco Reus

Borussia Dortmund tampaknya hendak meregenerasi skuad untuk musim 2024/2025. Ini setelah klub yang bermarkas di Signal Iduna Park tersebut memilih untuk melepas para pemain seniornya. Kini, pemain-pemain tersebut berstatus tanpa klub dan bebas transfer.

Deretan mantan pemain Borussia Dortmund tersebut sepertinya juga akan meramaikan bursa transfer musim panas 2024. Siapa saja kira-kira? Berikut eks Borussia Dortmund yang masih berstatus tanpa klub.

1. Marius Wolf memilih untuk mencari tantangan baru

3 Eks Borussia Dortmund yang Masih Berstatus Tanpa KlubMarius Wolf (instagram.com/mariuswolf27)

Marius Wolf memulai petualangannya bersama Borussia Dortmund pada musim panas 2018. Kala itu, pelatih Dortmund, Lucien Favre, tertarik untuk merekrutnya setelah tampil apik bersama Eintracht Frankfurt di Bundesliga Jerman 2017/2018. Borussia Dortmund berhasil menggaet Marius Wolf dengan harga 5 juta euro atau setara Rp88 miliar.

Pada 2018/2019, pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut masih sulit mendapatkan tempat utama di tim. Alhasil, pada 2019/2020, ia sempat dipinjamkan kepada Hertha BSC lalu 1.FC Koeln semusim setelahnya. Di dua klub tersebut, Wolf mulai menemukan kembali permainannya dan langsung nyetel ketika kembali ke Signal Iduna Park, markas Borussia Dortmund.

Selama membela Dortmund, Wolf sudah mencatatkan 121 penampilan serta berhasil mencetak 5 gol dan 6 assist di segala ajang. Ia juga membantu Die Borussen mengamankan dua gelar, yaitu Piala Super Jerman 2019/2020 dan Piala Jerman 2020/2021. Saat ini, Marius Wolf sedang berstatus tanpa klub setelah memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Borussia Dortmund.

Baca Juga: 6 Pelatih Paling Sering Memainkan Mats Hummels di Borussia Dortmund

2. Mats Hummels dikaitkan dengan beberapa klub

3 Eks Borussia Dortmund yang Masih Berstatus Tanpa KlubMats Hummels (instagram.com/aussenrist15)

Mats Hummels sempat dikaitkan dengan beberapa klub, macam RCD Mallorca hingga Como 1907, setelah kontraknya di Borussia Dortmund resmi berakhir. Sebelum meninggalkan Borussia Dortmund, pemain yang kini sudah berusia 35 tahun tersebut masih mampu menjadi bek utama di Bundesliga 2023/2024. Ia juga menjadi pemain kunci yang mampu membawa Borussia Dortmund ke partai final UEFA Champions League.

Mats Hummels sendiri merupakan pemain binaan klub rival, Bayern Munich. Ia sempat beberapa kali bolak-balik dari Bayern Munich ke Borussia Dortmund mulai pada 2008. Kemampuannya sebagai bek tengah memang tak perlu diragukan lagi.

Sementara itu, ia juga sempat menjadi andalan Timnas Jerman beberapa tahun lalu. Sejak debutnya pada Mei 2010, Mats Hummels sudah mencatatkan 78 caps dengan torehan 5 gol bagi Timnas Jerman. Pemain berpostur 191 sentimeter ini juga bagian dari generasi emas Jerman yang berhasil meraih gelar juara Piala Dunia 2014 Brasil.

3. Marco Reus meninggalkan Borussia Dortmund setelah 12 tahun mengabdi

3 Eks Borussia Dortmund yang Masih Berstatus Tanpa KlubMarco Reus (instagram.com/marcinho11)

Marco Reus masih bingung menentukan masa depannya setelah hengkang dari Signal Iduna Park. Legenda Borussia Dortmund ini sempat dikabarkan akan bergabung bersama klub Major League Soccer, Los Angeles Galaxy, pada musim panas 2024. Akan tetapi, ia belum mencapai kesepakatan dengan mantan klub David Beckham itu hingga sekarang.

Marco Reus sendiri adalah pemain yang terlahir dari akademi Borussia Dortmund. Namun, ia sempat bergabung dengan beberapa klub jerman lain, seperti Rot Weiss Ahlen hingga Borussia Moenchengladbach, saat usianya masih muda. Sampai pada akhirnya, ia kembali ke skuad Die Borussen pada musim panas 2012.

Cerita panjang Marco Reus bersama Borussia Dortmund berakhir dengan catatan 429 pertandingan di segala kompetisi. Gelandang serang berusia 35 tahun itu juga mengemas 170 gol dan 131 assist selama berseragam Die Borussen. Sebanyak 3 gelar Piala Super Jerman dan 2 gelar Piala Jerman telah berhasil ia berikan untuk klub masa kecilnya tersebut.

Hampir semua mantan pemain Borussia Dortmund yang berstatus tanpa klub adalah pemain inti pada 2023/2024. Tentu, jam terbang yang dimiliki para pemain tersebut cukup banyak. Kemungkinan besar mereka juga tidak akan kesulitan untuk mencari klub pada musim panas 2024.

Baca Juga: 6 Manajer yang Pernah Melatih Marco Reus di Borussia Dortmund

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya