5 Bek Tengah Terakhir yang Dibeli Arsenal, Calafiori Teranyar!

Siap bikin gentar striker lawan!

Intinya Sih...

  • Pablo Marí hanya tampil 22 kali selama 3 musim berseragam Arsenal sebelum dijual ke AC Monza.
  • Gabriel Magalhães berhasil mencetak 14 gol dalam 168 pertandingan bersama Arsenal, serta memenangkan gelar Community Shield 2023/2024.
  • Auston Trusty dipulangkan dan dijual oleh Arsenal setelah gagal menembus skuad utama, sementara Jurrien Timber absen akibat cedera ligamen hampir satu tahun setelah dibeli.

Arsenal selalu mendatangkan pemain baru dengan harga yang cukup tinggi tiap bursa transfer musim panas berlangsung. Menyongsong English Premier League 2024/2025, The Gunners telah mendapatkan beberapa pemain incaran. Itu termasuk pemain berposisi bek tengah yang akan menambah kedalaman skuad asuhan Mikel Arteta.

Dalam beberapa tahun ke belakang, sudah banyak bek tengah yang direkrut Arsenal. Beberapa dari mereka terbilang sukses, tetapi tak sedikit juga yang gagal. Kira-kira, siapa lima bek tengah terakhir yang dibeli Arsenal? Berikut daftarnya!

1. Pablo Marí lebih banyak duduk di bangku cadangan

5 Bek Tengah Terakhir yang Dibeli Arsenal, Calafiori Teranyar!Pablo Marí (instagram.com/pablomv5)

Pablo Marí didatangkan Arsenal dari Flamengo pada musim panas 2020. Pemain asal Spanyol ini ditebus dengan harga 6 juta euro atau sekitar Rp103 miliar. Namun, Arsenal sempat meminjamnya terlebih dahulu pada pertengahan Premier League 20219/2020.

Selama berseragam Arsenal, ia lebih banyak duduk di bangku cadangan. Dari 3 musim membela mereka, Pablo Marí hanya tampil sebanyak 22 kali di berbagai kompetisi. Tak heran bila Mikel Arteta memilih untuk menjualnya kepada AC Monza.

2. Gabriel Magalhães langsung nyetel dengan skema Mikel Arteta

5 Bek Tengah Terakhir yang Dibeli Arsenal, Calafiori Teranyar!Gabriel Magalhães (instagram.com/_gabrielmagalhaes)

Gabriel Magalhães merupakan bek Timnas Brasil yang dibeli Arsenal dari klub Ligue 1 Prancis, LOSC Lille. The Gunners memboyongnya dengan banderol 26 juta euro atau setara Rp449 miliar. Pada musim pertamanya bersama Arsenal, ia langsung menjadi andalan Mikel Arteta di lini belakang.

Sejak didatangkan pada September 2020, Gabriel Magalhães telah mengemas 168 pertandingan bersama Arsenal di segala kompetisi. Ia juga cukup produktif meski berposisi sebagai bek tengah dengan berhasil mencetak 14 gol di Premier League. Satu gelar Community Shield 2023/2024 juga berhasil ia persembahkan bagi publik Emirates Stadium.

Baca Juga: 5 Pemain yang Lebih Diandalkan Fulham Dibandingkan Arsenal

3. Auston Trusty belum bisa menembus skuad utama Arsenal

5 Bek Tengah Terakhir yang Dibeli Arsenal, Calafiori Teranyar!Auston Trusty (instagram.com/austontrusty3)

Auston Trusty adalah pesepak bola asal Amerika Serikat yang memulai kariernya bersama akademi Philadelphia Union. Pemain berusia 26 tahun ini digaet Arsenal dari klub Major League Soccer (MLS), Colorado Rapids, pada musim panas 2021. The Gunners hanya mengeluarkan uang 1,8 juta euro atau sekitar Rp31 miliar untuk mendatangkan Trusty.

Sayangnya, Auston Trusty tidak bisa menembus skuad utama The Gunners. Alhasil, ia dipulangkan ke Colorado Rapids sebagai pemain pinjaman dari Arsenal. Ia sempat hijrah ke Birmingham City yang saat itu masih bermain di EFL Championship. Namun, sejak Agustus 2023, ia resmi dijual Arsenal kepada Sheffield United dan menjadi bek andalan di klub tersebut.

4. Jurrien Timber mengalami nasib buruk pada musim pertamanya berseragam Arsenal

5 Bek Tengah Terakhir yang Dibeli Arsenal, Calafiori Teranyar!Jurrien Timber (instagram.com/jurrientimber)

Jurrien Timber mencuri perhatian setelah penampilannya yang cukup menjanjikan saat membela Ajax Amsterdam. Sebelum tiba di London, ia bermain dalam 34 laga Eredivisie Belanda 2022/2023 dan berhasil mencetak 2 gol. Perannya di lini belakang benar-benar superior karena tak pernah tergantikan sepanjang musim.

Arsenal langsung mengamankan jasa bek tengah asal Belanda ini pada pertengahan musim panas 2023. Ajax Amsterdam sendiri merilisnya dengan harga 40 juta euro atau sekitar 692 miliar. Namun, Jurrien Timber harus absen setelah debutnya bersama Arsenal di Premier League 2023/2024. Ia mengalami cedera ligamen yang membuatnya menepi selama hampir 1 tahun.

5. Riccardo Calafiori siap membuktikan kualitasnya sebagai bek futuristik

5 Bek Tengah Terakhir yang Dibeli Arsenal, Calafiori Teranyar!Riccardo Calafiori (instagram.com/richycala)

Riccardo Calafiori bakal menjadi kekuatan baru di lini belakang Arsenal. Ia dibeli dari Bologna dengan nilai transfer mencapai 45 juta euro atau sekitar Rp778 miliar. Kedatangan mantan pemain AS Roma ini bakal menambah persaingan untuk memperebutkan tempat reguler di posisi bek tengah dalam skuad The Gunners.

Meskipun baru berusia 22 tahun, penampilan Riccardo Calafiori bersama Bologna cukup menjanjikan. Berkat konsistensinya tersebut, ia dipanggil Timnas Italia untuk Euro 2024 di Jerman beberapa waktu lalu. Selain menjadi bek tengah, Riccardo Calafiori juga sering dimainkan sebagai bek kiri.

Arsenal tampaknya benar-benar serius dalam mengincar gelar juara Premier League 2024/2205. The Gunners membangun kedalaman skuad yang cukup mengerikan. Namun, deretan bek tangguh tersebut harus ditopang dengan striker yang haus gol supaya tak hanya jago bertahan, tetapi juga efektif dalam menyerang.

Baca Juga: Emile Smith Rowe, Gelandang Potensial yang Gagal di Arsenal

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya