5 Pemain yang Dijual Barcelona pada Musim Panas 2023

Nico Gonzalez salah satunya

Barcelona adalah salah satu klub terkuat yang berkompetisi di LaLiga Spanyol. Mereka memiliki skuad yang dipenuhi pemain bintang. Kendati demikian, Barcelona tidak pernah lelah untuk memperbaiki skuad mereka.

Hal itu ditunjukkan Barcelona melalui pergerakan mereka pada bursa transfer musim panas 2023. Tidak hanya membeli pemain baru, Barcelona juga menjual beberapa pemain mereka. Sejauh ini, sudah ada lima pemain yang dijual Barcelona pada musim panas 2023.

1. Ousmane Dembele menjajal Liga Prancis bersama PSG

5 Pemain yang Dijual Barcelona pada Musim Panas 2023Ousmane Dembele (fcbarcelona.com)

Ousmane Dembele adalah pemain yang biasa tampil sebagai sayap kanan dalam skema permainan tim. Pemain kelahiran Vernon, Prancis, ini mulai berkostum Barcelona pada musim panas 2017. Saat itu, Dembele dibeli dari Borussia Dortmund dengan mahar 2,2 triliun rupiah.

Selama di Barcelona, Dembele mencatatkan 40 gol dan 43 assist dalam 185 pertandingan. Sayang, kebersamaannya bersama Barcelona berakhir pada 12 Agustus 2023. Dembele telah dijual ke Paris Saint-Germain (PSG) dengan mahar 828 miliar rupiah.

2. Antoine Griezmann kembali ke klub lamanya

5 Pemain yang Dijual Barcelona pada Musim Panas 2023Antoine Griezmann (fcbarcelona.com)

Berikutnya, ada penyerang veteran asal Prancis bernama Antoine Griezmann. Pemain berusia 32 tahun ini digaet Barcelona dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Biaya transfernya kala itu mencapai 1,9 triliun rupiah.

Performa apik yang ditunjukkan Griezmann selama membela Atletico Madrid membuat Barcelona berani menebusnya dengan harga mahal. Sayang, dia gagal menunjukkan performa yang sama apiknya di Barcelona. Griezmann akhirnya dilepas lagi ke Atletico Madrid pada 1 Juli 2023 dengan mahar 331 miliar rupiah.

Baca Juga: Lamine Yamal, Wonderkid Barcelona yang Debut pada Usia 15 Tahun

3. Franck Kessie membuka lembaran baru di Liga Arab Saudi

5 Pemain yang Dijual Barcelona pada Musim Panas 2023Franck Kessie (fcbarcelona.com)

Franck Kessie sejatinya belum terlalu lama berseragam Barcelona. Pemain berusia 26 tahun ini didatangkan Barcelona dari AC Milan pada musim panas 2022. Kessie biasa mengisi pos gelandang tengah.

Selama memperkuat Barcelona, Kessie sukses menyumbang 3 gol dan 3 assist dalam 43 pertandingan. Sayang, pemain setinggi 183 sentimeter ini dilepas ke Al-Ahli pada 9 Agustus 2023. Dari penjualan Kessie, Barcelona memperoleh dana segar senilai 207 miliar rupiah.

4. Nico Gonzalez melanjutkan karier bersama Porto

5 Pemain yang Dijual Barcelona pada Musim Panas 2023Nico Gonzalez (fcbarcelona.com)

Nico Gonzalez adalah pemain yang dibesarkan di akademi Barcelona. Pemain berusia 21 tahun ini promosi ke tim senior pada musim panas 2021. Gonzalez sendiri kerap beroperasi di lini tengah seiring berposisi gelandang tengah.

Dalam 37 pertandingan, Gonzalez sukses mencatatkan 2 gol dan 2 assist bersama Barcelona. Pada musim panas 2023, dia baru kembali setelah dipinjamkan ke Valencia. Sayang, Gonzalez dijual Barcelona sebulan kemudian ke Porto dengan mahar 139 miliar rupiah.

5. Trincao dijual ke Sporting CP

5 Pemain yang Dijual Barcelona pada Musim Panas 2023Francisco Trincao (fcbarcelona.com)

Terakhir, ada pemain asal Portugal bernama Trincao. Dia biasa diandalkan di lini depan lantaran berposisi utama sebagai sayap kanan. Trincao sendiri sudah menjadi bagian Barcelona sejak 2020.

Sayang, kariernya di Barcelona tidak berjalan mulus. Trincao tampaknya kesulitan bersaing dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Puncaknya, dia dijual ke Sporting CP dengan biaya transfer 116 miliar rupiah.

Lima pemain di atas resmi meninggalkan Barcelona pada musim panas 2023. Franck Kessie bisa dibilang yang paling disayangkan. Pasalnya, dia seharusnya masih bisa melanjutkan karier di Liga Eropa dengan usia yang masih 26 tahun. 

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Akan Barcelona Dapatkan dari Joao Cancelo

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya