4 Pemain Inggris yang Meninggalkan Brighton pada Musim Panas 2023

Ada yang dipinjamkan ke klub lain

Brighton & Hove Albion mengalami peningkatan performa pada 2022/2023. Mereka sukses bercokol di peringkat keenam klasemen English Premier League (EPL). Hasil itu lebih baik ketimbang musim sebelumnya saat menempati peringkat ke-9.

Brighton tentu ingin meneruskan performa apik tersebut pada 2023/2024. Untuk itu, mereka berbenah pada bursa transfer musim panas 2023. Tak hanya kedatangan pemain baru, Brighton juga ditinggalkan beberapa pemain lama. Uniknya, ada empat pemain asal Inggris yang meninggalkan Brighton pada musim panas 2023. Siapa saja?

1. Haydon Roberts dilepas gratis ke Bristol City

4 Pemain Inggris yang Meninggalkan Brighton pada Musim Panas 2023Haydon Roberts (brightonandhovealbion.com)

Haydon Roberts adalah pemain yang kerap diandalkan di lini belakang. Bukan tanpa sebab, dia berposisi utama sebagai bek kiri. Roberts juga bisa ditempatkan sebagai bek tengah dan gelandang bertahan jika dibutuhkan.

Pemain berusia 21 tahun ini merupakan produk binaan akademi Brighton. Roberts pernah bermain untuk berbagai kelompok umur Brighton. Berhasil menunjukkan perkembangan, dia dipromosikan ke tim senior pada musim panas 2021.

Sayang, Roberts gagal mengamankan tempat di skuad utama Brighton. Dia baru turun dalam 6 pertandingan dengan raihan 1 gol bersama Brighton. Pada 1 Juli 2023, Roberts akhirnya dilepas Brighton ke Bristol City secara gratis alias bebas transfer.

2. Taylor Richards merapat ke Queens Park Rangers

4 Pemain Inggris yang Meninggalkan Brighton pada Musim Panas 2023Taylor Richards (brightonandhovealbion.com)

Berikutnya, ada pemain yang biasa beroperasi di lini tengah. Namanya adalah Taylor Richards. Pemain kelahiran London, Inggris, ini bisa diposisikan sebagai gelandang tengah dan gelandang serang dalam skema permainan tim.

Richards sendiri sejatinya jebolan akademi Manchester City. Pemain berusia 22 tahun ini bergabung ke Brighton U-23 pada musim panas 2019. Setelah 2 musim bermain di Brighton U-23 (2019--2021), Richards berhasil menembus tim senior pada musim panas 2021.

Sayang, nasibnya tidak jauh lebih baik dari Haydon Roberts. Richards kerap dipinjamkan ke klub lain. Puncaknya, Richards sepakat bergabung ke Queens Park Rangers pada 1 Juli 2023. Dia menandatangani kontrak dengan klub kasta kedua Liga Inggris itu hingga 2026. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual Brighton ke Klub Non-Britania Raya

3. Carl Rushworth sepakat bermain sebagai pinjaman di Swansea City

4 Pemain Inggris yang Meninggalkan Brighton pada Musim Panas 2023Carl Rushworth (brightonandhovealbion.com)

Carl Rushworth adalah pemain yang biasa menjadi kiper. Pemain berusia 22 tahun ini sudah memperkuat Brighton sejak level akademi. Rushworth baru dipromosikan ke tim senior Brighton pada 1 Juli 2023.

Sejauh ini, Rushworth belum tampil dalam satu laga pun bersama tim senior Brighton. Dia harus menunggu lebih lama untuk debut bersama Brighton lantaran dipinjamkan ke Swansea City pada 31 Juli 2023. Masa peminjaman itu berlangsung hingga musim panas 2024.

4. Jensen Weir dipinjamkan ke klub kasta ketiga Liga Inggris

4 Pemain Inggris yang Meninggalkan Brighton pada Musim Panas 2023Jensen Weir (brightonandhovealbion.com)

Terakhir, ada pemain asal Inggris/Skotlandia bernama Jensen Weir. Dia berposisi utama sebagai gelandang tengah. Selain itu, Weir juga bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan jika diperlukan.

Pemain berpostur 184 sentimeter ini dimatangkan di akademi Brighton. Senada dengan Carl Rushworth, Weir promosi ke tim senior Brighton pada 1 Juli 2023. Sayang, dia belum sempat debut bersama tim senior Brighton lantaran dipinjamkan ke Blackpool pada 11 Agustus 2023.

Dari 4 pemain yang telah dibahas di atas, 2 di antaranya masih bisa kembali ke Brighton pada musim panas 2024. Mereka adalah Carl Rushworth dan Jensen Weir. Pasalnya, kedua pemain tersebut hanya dipinjamkan semusim oleh Brighton.

Baca Juga: 7 Pemain Didatangkan Brighton pada 2023/2024, Ansu Fati Terbaru!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya