7 Rekrutan Termahal Klub Turkish Super Lig pada Musim Panas 2024

Didominasi Fenerbahce dan Galatasaray

Turkish Super Lig memang bukan termasuk liga top Eropa. Namun, kualitas klub asal Turki tidak dapat dianggap sebelah mata dan selama ini menjadi kuda hitam yang kerap menjegal tim raksasa di Benua Biru. Terbukti, Galatasaray mampu merengkuh gelar juara Liga Europa pada 2000/2001.

Menariknya, pada bursa transfer musim panas 2024, klub Turki yang dikenal memiliki keuangan terbatas justru memboyong beberapa pemain berlabel bintang dengan harga mahal. Tercatat ada tujuh rekrutan termahal di Turkish Super Lig pada musim panas 2024. Berikut daftarnya. 

1. Oğuz Aydın berfungsi menambah amunisi lini serang Fenerbahce

7 Rekrutan Termahal Klub Turkish Super Lig pada Musim Panas 2024Oğuz Aydın saat membela Timnas Turki. (instagram.com/oguzaydin70_)

Oğuz Aydın didatangkan ke Sukru Saracoglu Stadium untuk menambah pilihan pemain di lini tengah Fenerbahce. Pemain berkebangsaan Turki kelahiran Belanda ini dibeli dengan banderol sebesar 6 juta euro (Rp102,5 miliar) dari Alanyaspor.

Mengingat usianya yang masih 23 tahun, Aydin masih dijadikan sebagai pelapis oleh Pelatih Okan Buruk. Namun, ia masih punya kesempatan jadi pemain inti jika mampu tampil mengesankan dan beradaptasi dengan cepat.  

2. Roland Sallai menjadi pemain sayap baru di skuad Galatasaray

7 Rekrutan Termahal Klub Turkish Super Lig pada Musim Panas 2024Roland Sallai saat membela Timnas Hungaria. (instagram.com/rolandsallai)

Roland Sallai baru saja bergabung ke dalam skuad Galatasaray pada September ini. Pemain sayap asal Hungaria ini didatangkan dengan tebusan 6 juta euro (Rp102,5 miliar) dari klub Jerman, SC Freiburg.

Kedatangan Sallai ke dalam tim Cimbom Aslan ini berfungsi menambah amunisi lini serang. Ia tiba bersamaan dengan proyek perombakan besar yang dilakukan tim asal Istanbul tersebut. 

3. Çağlar Soyuncu didatangkan untuk memperkuat pertahanan Fenerbahce

7 Rekrutan Termahal Klub Turkish Super Lig pada Musim Panas 2024Çağlar Soyuncu saat membela Fenerbahce. (instagram.com/syncaglar)

Setelah gagal masuk skuad inti Atletico Madrid, Çağlar Soyuncu akhirnya memutuskan pulang kampung ke Turki untuk membela Fenerbahce. Untuk mendapatkannya, tim berjuluk Sarı Kanaryalar itu harus mengeluarkan uang sebesar 8,5 juta euro (Rp145,2 miliar).

Meski tak murah, pembelian ini dirasa pantas mengingat kiprah Soyuncu selama ini. Ia pun langsung dipercaya sebagai bek tengah utama di bawah binaan Pelatih Jose Mourinho. 

Baca Juga: 5 Striker Terakhir yang Dipinjam Galatasaray sebelum Victor Osimhen

4. Elias Jelert berfungsi mengisi bek kanan Galatasaray

7 Rekrutan Termahal Klub Turkish Super Lig pada Musim Panas 2024Elias Jelert saat membela Galatasaray. (instagram.com/galatasaray)

Elias Jelert merapat ke RAMS Park untuk menambah pilihan di posisi bek kanan Galatasaray. Ia dibeli dari FC Copenhagen dengan banderol sebesar 9 juta euro (Rp153,7 miliar) dengan kontrak hingga 2029.

Sayangnya, pemain asal Denmark ini masih belum dipercaya mengisi skuad inti Cimbom Aslan. Namun, Jelert punya peluang besar dimainkan starter mengingat usianya yang masih 21 tahun. 

5. Moatasem Al-Musrati berperan menambah pemain lini tengah Besiktas

7 Rekrutan Termahal Klub Turkish Super Lig pada Musim Panas 2024Moatasem Al-Musrati saat membela Besiktas. (instagram.com/almusratiofficial)

Moatasem Al-Musrati dipermanenkan setelah tampil impresif bersama Besiktas sebagai pemain pinjaman pada 2023/2024. Pemain berkebangsaan Libya ini dipermanenkan dengan tebusan sebesar 11 juta euro (Rp187,9 miliar) dari SC Braga. Ia kini menjadi pemain gelandang bertahan utama Besiktas dan sudah dimainkan dalam tiga laga Turkish Super League 2024/2025. 

6. Gabriel Sara berperan mengisi lini tengah Galatasaray

7 Rekrutan Termahal Klub Turkish Super Lig pada Musim Panas 2024Gabriel Sara ketika memperkuat Norwich City. (instagram.com/g.dsara)

Gabriel Sara menjadi pemain termahal yang didatangkan Galatasaray pada bursa transfer musim panas 2024. Pemain asal Brasil ini dibeli dengan nilai transfer sebesar 18 juta euro (Rp307,5 miliar) dari Norwich City.

Sayangnya, pemain jebolan akademi Sao Paulo ini masih belum diturunkan sebagai pemain inti di klub barunya. Melihat kiprahnya, Sara punya potensi besar dijadikan gelandang tengah utama di skuad Galatasaray. 

7. Youssef En-Nesyri menjadi juru gedor baru Fenerbahce

7 Rekrutan Termahal Klub Turkish Super Lig pada Musim Panas 2024Youssef En-Nesyri saat memperkuat Fenerbahce. (instagram.com/ennesyri15)

Youssef En-Nesyri didapuk sebagai pembelian termahal Fenerbahce sekaligus di Turkish Super Lig pada musim panas 2024. Striker jangkung asal Maroko itu dibeli dari Sevilla dengan nilai transfer sebesar 19,5 juta euro (Rp333,2 miliar).

Pembelian En-Nesyri merupakan proyek besar Mourinho untuk memperkuat klub asal Istanbul tersebut. Ia sudah membuktikan ketajamannya dengan mencetak 1 gol dari 4 pertandingan Turkish Super Lig 2024/2025. 

Klub Turki terpantau sangat aktif mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim panas 2024. Tak hanya ketujuh pemain di atas, Galatasaray bahkan mampu mendatangkan Viktor Osimhen yang termasuk dalam pemain dengan harga pasar termahal saat ini, dengan status pinjaman dari Napoli. Ini membuktikan bahwa klub Turki mulai berbenah dan tak mau kalah bersaing dengan klub raksasa di liga top Eropa.

Baca Juga: 4 Pemain Maroko Terakhir yang Didatangkan Fenerbahce

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya