6 Rekrutan Termahal Klub Jupiler Pro League pada Musim Panas 2024

Didominasi pemain baru Club Brugge

Intinya Sih...

  • Jupiler Pro League Belgia menunjukkan kualitasnya dengan klub-klubnya yang mampu tampil mengejutkan di turnamen antarklub Eropa.
  • Klub Belgia memiliki keterbatasan finansial, namun tetap aktif merekrut pemain potensial dengan harga murah pada bursa transfer musim panas 2024.
  • Club Brugge menjadi klub paling aktif dalam mendatangkan pemain baru, sementara Union St. Gilloise juga cukup aktif tapi dengan banderol sedikit lebih murah.

Meski kerap dipandang sebelah mata, Jupiler Pro League Belgia mulai menunjukkan kualitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Buktinya, tak jarang klub Belgia yang mampu tampil mengejutkan dan melangkah jauh di turnamen antarklub Eropa. 

Masalah terbesar yang dialami klub Belgia untuk bersaing dengan klub-klub liga top Eropa adalah finansial. Mereka umumnya memiliki keuangan yang terbatas sehingga mengharuskan mencari cara untuk menggaet pemain potensial dengan harga murah.  

Pada bursa transfer musim panas 2024, sejumlah klub Belgia cukup aktif dalam merekrut pemain baru. Menariknya pemain yang direkrut termasuk murah, tapi punya potensi untuk jadi bintang. Berikut enam transfer termahal di Jupiler Pro League pada musim panas 2024.

1. Franjo Ivanovic berfungsi memperkuat lini serang Union St. Gilloise

6 Rekrutan Termahal Klub Jupiler Pro League pada Musim Panas 2024Franjo Ivanovic saat resmi bergabung dengan Union St. Gilloise. (instagram.com/ivanovic_franjo)

Franjo Ivanovic didatangkan Union St. Gilloise dari klub lokal Kroasia, HNK Rijeka. Ia dipermanenkan dengan tebusan sebesar 4 juta euro (Rp68,3 miliar). Ia sepakat menandatangani kontrak hingga 4 tahun ke depan. Mengingat usianya yang baru 20 tahun, pemain asal Kroasia ini belum masuk dalam skuad inti Les Unionistes. Namun, ia punya potensi besar untuk unjuk gigi di klub barunya. 

Baca Juga: 5 Transfer Masuk Termahal Klub Eredivisie pada Musim Panas 2024

2. Zaid Romero berfungsi menambah amunisi lini pertahanan Club Brugge

6 Rekrutan Termahal Klub Jupiler Pro League pada Musim Panas 2024Zaid Romero saat resmi bergabung dengan Club Brugge. (instagram.com/zaid.romero24)

Zaid Romero termasuk salah satu pembelian Club Brugge untuk memperkuat lini pertahanan. Pemain asal Argentina keturunan Suriah tersebut dibeli dari Estudiantes dengan banderol sebesar 6 juta euro (Rp102,5 miliar). Bek tengah berusia 24 tahun ini sempat diturunkan sebagai starter pada dua laga pembuka Jupiler Pro League 2024/2025, tetapi selanjutnya ia lebih banyak menghangatkan bangku cadangan. 

3. Ardon Jashari didatangkan untuk memperkuat lini tengah Club Brugge

6 Rekrutan Termahal Klub Jupiler Pro League pada Musim Panas 2024Ardon Jashari saat bergabung dengan Club Brugge. (instagram.com/clubbrugge)

Ardon Jashari didatangkan dari klub Swiss, FC Luzern, pada musim panas 2024. Ia didatangkan dengan tebusan sebesar 6 juta euro (Rp102,5 miliar) dan menyetujui kontrak hingga 2028. Club Brugge tertarik mendatangkannya setelah tampil mengesankan di klub lamanya dan Piala Eropa 2024. Sayangnya, Jashari masih dijadikan gelandang tengah cadangan. Namun, ia masuk proyek besar Blauw-Zwart untuk meremajakan skuadnya. 

4. Gustaf Nilsson berperan sebagai striker baru Club Brugge

6 Rekrutan Termahal Klub Jupiler Pro League pada Musim Panas 2024Gustaf Nilsson saat bergabung bersama Club Brugge. (instagram.com/gustafnilssonn)

Gustaf Nilsson berlabuh di Jan Breydel Stadium untuk menggantikan peran Igor Thiago yang hengkang ke Brentford. Striker berkebangsaan Swedia ini dipermanenkan dengan tebusan sebesar 6,4 juta euro (Rp109,3 miliar) dari Union St. Gilloise. Meksi tergolong baru, Nilsson sudah diturunkan sebagai stiker utama. Ia tampil mengesankan dengan menyumbangkan 2 gol dan 1 assist dalam 6 laga Jupiler Pro League 2024/2025. 

5. Christos Tzolis berperan penting di lini serang Club Brugge

6 Rekrutan Termahal Klub Jupiler Pro League pada Musim Panas 2024Christos Tzolis ketika membela Club Brugge. (instagram.com/christostzolis)

Christos Tzolis didatangkan Club Brugge untuk menggantikan peran Antonio Nusa yang memilih bergabung ke RB Leipzig. Pemain berkebangsaan Yunani ini dibeli dari Fortuna Duesseldorf dengan nilai transfer sebesar 6,5 juta euro (Rp111 miliar). Tak butuh waktu lama beradaptasi, Tzolis sudah menunjukkan peran besarnya di skuad Blauw-Zwart. Ia sudah membukukan 2 gol dalam 6 laga Jupiler Pro League 2024/2025. 

6. Anan Khalaili jadi striker baru Union St. Gilloise

6 Rekrutan Termahal Klub Jupiler Pro League pada Musim Panas 2024Anan Khalaili saat membela Timnas Israel. (instagram.com/anankhalaily)

Anan Khalaili merupakan pembelian termahal Union St. Gilloise pada musim panas 2024. Ia didatangkan ke Stade Joseph Marien dengan banderol sebesar 6,5 juta euro (Rp111 miliar) untuk menggantikan peran Gustaf Nilsson yang hengkang ke Club Brugge. Sayangnya, pemain asal Israel ini masih belum diturunkan jadi striker utama di skuad Les Unionistes. Ia sempat diturunkan pada tiga laga awal Jupiler Pro League 2024/2025 dan harus absen karena terdampak cedera kaki. 

Pada bursa transfer musim panas 2024, Club Brugge menjadi klub paling aktif dalam mendatangkan pemain baru. Mereka punya ambisi besar untuk mempertahankan gelar juara Jupiler Pro League 2024/2025 dan melangkah jauh di Liga Champions Eropa. Sedangkan seterunya, Union St. Gilloise juga cukup aktif merekrut pemain baru, tapi dengan banderol sedikit lebih murah dibanding Club Brugge. 

Baca Juga: 3 Transfer Pemain Termahal di Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya