Perjalanan Olympiakos Tembus Final UEFA Conference League 2023/2024

Tembus final untuk pertama kalinya

Intinya Sih...

  • Olympiacos tampil di final UEFA Conference League 2023/2024 setelah terbuang dari kompetisi Liga Europa.
  • Perjalanan Olympiacos dimulai sebagai wakil Yunani di Liga Europa, berhasil melalui babak playoff dan menghadapi perlawanan sengit hingga mencapai final.
  • Penampilan apik Olympiacos tidak bisa dilepaskan dari peran Jose Luis Mendillibar yang mampu membawa Thrylos melaju ke final Conference League.

Olympiakos memastikan diri tampil di partai puncak UEFA Conference League 2023/2024 yang akan digelar pada 29 Mei 2024. Klub asal Piraeus, Yunani, ini mampu menunjukkan keperkasaannya setelah terbuang dari kompetisi Liga Europa. 

Tembus final, selangkah lagi Olympiakos merengkuh gelar juara kasta ketiga turnamen antarklub Eropa itu untuk pertama kalinya. Namun, ambisi itu tentu tidak akan diraih dengan mudah karena mereka harus mengadapi Fiorentina yang tengah berada dalam performa terbaiknya musim ini. 

Melihat catatan apik selama musim ini, menarik melirik sepak terjang dan fakta di balik tim asuhan José Luis Mendilibar hingga menembus final UEFA Conference League 2023/2024. Buah taktik jitu atau soal keberuntungan?

1. Sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Macabbi Tel-Aviv

Perjalanan Olympiakos Tembus Final UEFA Conference League 2023/2024Pemain Olympiacos saat merayakan gol. (instagram.com/olympiacosfc)

Olympiakos memulai perjalanannya sebagai wakil Yunani di Liga Europa. Sayangnya, tim ini harus berada di Grup A bersama dengan West Ham United, SC Freiburg, dan klub Serbia, Backa Topola. Seperti banyak diprediksi, Olympiakos akhirnya duduk di posisi ketiga dan harus menerima nasib turun ke Conference League. 

Terbuang dari Europa League, klub berjuluk Thrylos ini punya keuntungan untuk melawan tim runner-up grup pada babak playoff. Pada babak ini, tim asuhan Jose Luis Mendillibar bersua wakil Hungaria, Ferencvaros. Hasilnya, Olympiakos sukses mengalahkan Ferencvaros dengan kemenangan 1-0 di kedua laga. 

Memasuki babak 16 besar, Olympiakos menghadapi perlawanan sengit dari klub Israel, Maccabi Tel-Aviv. Pada leg pertama, Olympiakos harus mengalami kekalahan telak 1-4 di kandang sendiri. Beruntung, tim ini mampu bangkit dan lolos usai menundukkan lawannya 6-1 lewat babak perpanjangan waktu. 

Baca Juga: 5 Pencetak Gol dalam Duel Atalanta versus Bayer Leverkusen di UEL

2. Harus melangkahi tim besar Fenerbahce dan Aston Villa

Perjalanan Olympiakos Tembus Final UEFA Conference League 2023/2024Pemain Olympiacos saat merayakan gol. (instagram.com/olympiacosfc)

Pada perempat final, Olympiakos harus berhadapan dengan klub raksasa Turki, Fenerbahce. Pada leg pertama di Karaiskakis Stadium, Thrylos sukses menundukkan lawannya dengan skor 3-2. Pada leg kedua, Olympiakos harus mengkui keunggulan Fenerbahce 0-1 hingga berakhirnya masa perpanjangan waktu. Tim ini pun akhirnya lolos ke semifinal setelah unggul lewat adu penalti dengan skor 3-2. 

Masuk ke semifinal, Olympiakos sudah diadang oleh Aston Villa yang tampil gemilang di Conference League sejak awal. Melihat kualitas pemain, sebenarnya The Villans diprediksi sanggup menyingkirkan Olympiakos dengan cukup mudah. Namun, di bawah tangan dingin Mendillibar, Thrylos membuktikan diri bahwa mereka bukanlah tim sembarangan.  

Tak tanggung-tanggung, Olympiakos sukses mencukur Aston Villa di kandangnya sendiri, Villa Park, dengan skor 4-2. Pada leg kedua yang digelar di Karaiskakis Stadium, tim berseragam merah putih ini kembali menunjukkan kelasnya dengan menundukkan The Villans 2-0. Tampilkan penampilan gemilang, Olympiakos dengan kepala tegak menapaki karpet merah tangga menuju final UEFA Conference League untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

3. Olympiakos dikenal sebagai kuda hitam di turnamen antarklub Eropa

Perjalanan Olympiakos Tembus Final UEFA Conference League 2023/2024Pemain Olympiacos saat merayakan kemenangan. (instagram.com/olympiacosfc)

Olympiakos sebenarnya bukanlah tim baru di turnamen antarklub Eropa. Klub ini kerap menjadi wakil Yunani di Liga Champions Eropa atau Liga Europa dalam beberapa dekade terakhir. Sayangnya, mayoritas perjalanan mereka terhenti di babak penyisihan grup saja. 

Sementara, prestasi terjauhnya di turnamen antarklub Eropa adalah menembus babak 16 besar Liga Champions Eropa dan Liga Europa. Meski begitu, Olympiakos termasuk tim kuda hitam yang tidak dapat dianggap sebelah mata. Tim ini kerap menyulitkan klub besar asal liga top Eropa. 

Penampilan apik Olympiakos juga tidak bisa dilepaskan dari peran Jose Luis Mendillibar yang baru bergabung pada Februari 2024. Eks pelatih Sevilla tersebut mampu membuat perubahan yang signifikan dengan menerapkan formasi andalannya 4-2-3-1. Ditambah pengalamannya mengantarkan Sevilla meraih gelar juara Liga Europa ketujuh musim lalu, kini ia terbukti mampu menggunakan sumber daya yang ada untuk membawa Thrylos melaju ke final Conference League. 

Olympiakos punya kesempatan besar merengkuh gelar juara turnamen antarklub Eropa pertamanya. Peluang untuk memenangi laga ini sangat besar karena final UEFA Conference League sendiri bakal dihelat di Stadion Agia Sophia, Athena, Yunani. Meski mungkin tidak secara langsung, dukungan "publik sendiri" tentu bakal menjadi keuntungan tersendiri bagi Olympiakos. Apalagi, Stadion Agia Sophia adalah kandang dari rival domestik mereka AEK Athens. Mengangkat trofi Eropa pertama di kandang sang musuh bebuyutan pasti akan terasa begitu manis. 

Baca Juga: 4 Pemain Borussia Dortmund 2024 yang Telah Capai 50 Penampilan UCL

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya