6 Pembelian Termahal Klub Scottish Premiership pada Musim Panas 2024

Didominasi pembelian Celtic FC

Scottish Premiership mulai menunjukkan kembali eksistensinya dalam beberapa tahun terakhir. Meski tak masuk dalam jajaran liga top Eropa, klub Skotlandia punya kiprah yang cukup mentereng di turnamen antarklub Eropa. Tak jarang mereka memberikan kejutan dan mampu bersaing dengan klub raksasa di Benua Biru. 

Pada bursa transfer musim panas 2024, klub Scottish Premiership cukup aktif mendatangkan pemain baru untuk memperkuat lini yang tumpul. Tercatat ada enam pembelian termahal klub Skotlandia pada jeda musim panas ini. Namun, pembelian itu masih didominasi dua klub besar asal Glasgow, Rangers dan Celtic.

1. Nedim Bajrami berfungsi mempertajam lini serang Rangers

6 Pembelian Termahal Klub Scottish Premiership pada Musim Panas 2024Nedim Bajrami saat resmi bergabung dengan Rangers FC. (instagram.com/bajraminedim11)

Nedim Bajrami menerima tawaran dari Rangers setelah klubnya, Sassuolo terdepak dari Serie A 2023/2024. Pemain asal Albania ini berlabuh ke Ibrox Stadium dengan banderol sebesar 4 juta euro (Rp68,3 miliar). Pembeliannya berfungsi menggantikan peran Todd Cantwell yang hengkang ke Blackburn Rovers. Sayangnya, Bajrami masih belum diturunkan sebagai pemain inti di skuad asuhan Pelatih Philippe Clement.

2. Paulo Bernardo jadi gelandang tengah baru di skuad Celtic

6 Pembelian Termahal Klub Scottish Premiership pada Musim Panas 2024Paulo Bernardo saat memperkuat Celtic FC. (instagram.com/paulogbernardo)

Paulo Bernardo bukanlah pemain yang asing di skuad Celtic. Ia sebelumnya sudah menunjukkan penampilan apiknya selama menjalani masa pinjaman di klub asal Glasgow itu pada 2023/2024.

Melihat potensinya, Bernardo akhirnya dipermanenkan dari Benfica dengan banderol 4 juta euro (Rp68,3 miliar). Dalam 2 laga Scottish Premiership 2024/2025, pemain asal Portugal ini sudah diturunkan sebagai starter. 

3. Mohamed Diomandé dipermanenkan untuk mengisi lini tengah Rangers

6 Pembelian Termahal Klub Scottish Premiership pada Musim Panas 2024Mohamed Diomande saat memperkuat Rangers FC. (instagram.com/diomande_10)

Mohamed Diomandé dipermanenkan Rangers setelah tampil memukau sebagai pinjaman pada 2023/2024. Ia dibeli dari FC Nordsjaelland dengan tebusan sebesar 5 juta euro (Rp85,3 miliar). Pemain asal Pantai Gading tersebut sudah masuk dalam skuad inti The Gers untuk mengisi pos gelandang tengah. 

Baca Juga: 4 Pemain Skotlandia Andalan Celtic di Scottish Premiership 2023/2024

4. Auston Trusty berfungi memperkokoh pertahanan Celtic

6 Pembelian Termahal Klub Scottish Premiership pada Musim Panas 2024Auston Trusty saat resmi membela Celtic FC. (instagram.com/austontrusty3)

Auston Trusty didatangkan sebagai langkah Pelatih Brendan Rodgers untuk memperkokoh pertahanan Celtic pada musim 2024/2025. Bek tengah berkebangsaan Amerika Serikat ini dibeli dari Sheffield United dengan nilai transfer sebesar 7,1 juta euro (Rp121 miliar). Sayangnya, Trusty belum dipercaya mengisi pos bek tengah inti di skuad The Bhoys dalam beberapa pertandingan awal Scottish Premiership 2024/2025. 

5. Adam Idah berfungsi menambah pilihan penyerang Celtic

6 Pembelian Termahal Klub Scottish Premiership pada Musim Panas 2024Adam Idah saat memperkuat Celtic FC. (instagram.com/adamidah__)

Adam Idah dipilih untuk menggantikan peran Oh Hyeon-gyu yang memilih hengkang ke KRC Genk pada musim panas 2024. Pemain berkebangsaan Pantai Gading ini termasuk salah satu pembelian termahal Celtic pada musim panas ini dengan nilai transfer sebesar 9,9 juta euro (Rp168,9 miliar). Eks pemain Norwich City ini masih dijadikan striker pelapis dan belum mencetak gol dalam tiga laga Scottish Premiership 2024/2025 terakhir. 

6. Arne Engels menjadi pembelian termahal di Scottish Premiership pada musim panas 2024

6 Pembelian Termahal Klub Scottish Premiership pada Musim Panas 2024Arne Engels ketika membela Celtic FC. (instagram.com/arne_engels)

Arne Engels didapuk sebagai pembelian termahal klub Scottish Premiership pada musim panas 2024. Pemain asal Belgia ini diboyong Celtic dengan banderol sebesar 11 juta euro (Rp187,6 miliar) dari klub Jerman, FC Augsburg.

Kedatangannya berfungsi menggantikan peran Matt O'Riley yang hengkang ke Brighton. Engels sudah menunjukkan kemampuannya pada laga kedua melawan Hearth FC dengan menyumbangkan sebuah gol untuk melengkapi kemenangan Celtic (2-0). 

Klub Skotlandia sebenarnya memiliki finansial yang terbatas dibanding klub di liga papan atas Eropa. Namun, pada bursa transfer musim panas 2024, mereka cukup aktif mendatangkan pemain baru dengan harga yang tak murah. Kemampuan ini berkat kecermatan mereka merekrut pemain potensial yang lebih murah dan menjual pemain bintangnya setelah harga pasarannya melonjak.

Baca Juga: 3 Pemain Premier League yang Menyeberang ke Scottish Premiership

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya