6 Pembelian Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Panas 2024

Didominasi pemain asal Amerika Latin

Intinya Sih...

  • Klub Rusia masih aktif di bursa transfer musim panas 2024
  • Enam pemain berlabel bintang didatangkan dengan harga mahal
  • Pemain dari Amerika Latin menjadi incaran klub Rusia akibat perang Rusia/Ukraina

Di tengah sanksi dan pembatasan, klub Russian Premier League (RPL) ternyata masih ikut meramaikan bursa transfer musim panas 2024. Bahkan, beberapa klub Rusia terbukti mampu membeli pemain berlabel bintang dengan harga yang cukup mahal. 

Meski tak bisa lagi tampil di turnamen antarklub Eropa, ternyata masih banyak pemain yang berminat merumput di kasta tertinggi Liga Rusia. Tercatat, ada enam pembelian termahal klub RPL untuk meningkatkan performa mereka dan menambal lini yang masih tumpul.

1. César Montes jadi pengisi bek tengah Lokomotiv Moscow

6 Pembelian Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Panas 2024César Montes ketika bergabung dengan Lokomotiv Moscow. (instagram.com/cjasib)

César Montes akhirnya menerima tawaran bermain dari Lokomotiv Moscow pada 12 September. Pemain asal Meksiko ini dipermanenkan dengan banderol sebesar 6 juta euro (Rp101,6 miliar) dari klub Segunda Division, Almeria. Ia didatangkan untuk menambah amunisi lini pertahanan Parovozy. Montes sudah diturunkan dalam laga Russian Cup melawan Khimki dan mencetak satu gol untuk kemenangan timnya 5-1. 

2. Maksim Glushenkov berfungsi mempertajam lini serang Zenit St Petersburg

6 Pembelian Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Panas 2024Maksim Glushenkov ketika masih berseragam Lokomotiv Moscow. (instagram.com/glushenkov.15)

Maksim Glushenkov didatangkan Zenit St Petersburg untuk menambah pilihan di lini serang. Eks pemain Lokomotiv Moscow ini dibeli dengan nilai transfer sebesar 6,3 juta euro (Rp106,6 miliar). Dengan harga yang tak terlalu mahal, Glushenkov sudah membuktikan kualitasnya. Penyerang ini sudah mempersembahkan 7 gol dalam 5 laga RPL 2024/2025.

3. Diego Costa menjadi bek tengah andalan Krasnodar

6 Pembelian Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Panas 2024Diego Costa saat membela Krasnodar. (instagram.com/diegocosta_99)

Diego Costa merupakan pembelian termahal Krasnodar pada musim panas 2024. Pemain berkebangsaan Brasil ini dipermanenkan dengan harga sebesar 7,5 juta euro (Rp127 miliar) dari Sao Paulo FC. Pembelian Costa adalah upaya klub untuk memperkuat lini pertahanannya. Ia pun sudah dipercaya sebagai bek tengah inti di skuad Byki.

Baca Juga: 6 Rekrutan Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Dingin 2024

4. Aleksandr Sobolev menambah penyerang di skuad Zenit St Petersburg

6 Pembelian Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Panas 2024Aleksandr Sobolev saat resmi bergabung dengan Zenit St. Petersburg. (instagram.com/a.sobolev97)

Aleksandr Sobolev didatangkan ke Gazprom Arena untuk menambah pilihan striker di skuad Zenit St Petersburg. Pemain kelahiran Barnaul, Rusia, ini dibeli dengan banderol sebesar 10 juta euro (Rp169,35 miliar) dari Spartak Moscow. Sayangnya, striker Timnas Rusia ini belum dipercaya masuk tim inti Zenit dan baru diturunkan dalam dua laga sebagai pengganti.

5. Luciano Gondou menjadi striker utama di skuad Zenit St Petersburg

6 Pembelian Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Panas 2024Luciano Gondou saat berlatih bersama Zenit St. Petersburg. (instagram.com/lucianogondou)

Luciano Gondou jadi pembelian termahal Zenit St Petersburg pada musim panas 2024. Striker asal Argentina ini dibeli dari Argentinos Junior dengan tebusan sebesar 12 juta euro (Rp203,2 miliar) dan menyetujui kontrak hingga 2028. Harga tersebut rupanya sebanding dengan performanya. Dalam 2 laga RPL 2024/2025 terakhir, Gondou sudah mencetak 3 gol untuk timnya.

6. Esequiel Barco jadi pemain termahal di Russian Premier League pada musim panas 2024

6 Pembelian Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Panas 2024Esequiel Barco saat memperkuat Spartak Moscow. (instagram.com/barco.ezequiel)

Esequiel Barco didapuk sebagai pembelian termahal di RPL pada musim panas 2024. Gelandang serang asal Argentina ini didatangkan dari River Plate dengan banderol sebesar 14 juta euro (Rp237 miliar) dan menyetujui kontrak berdurasi hingga 2027. Pembeliannya berfungsi mempertajam lini serang Spartak usai hengkangnya Aleksandr Sobolev. Barco langsung dimasukkan dalam skuad utama binaan Pelatih Dejan Stankovic. Dalam 7 pertandingan RPL terakhir, ia mampu mencetak 3 gol dan 3 assist

Keenam pemain di atas didatangkan dengan harga yang cukup mahal. Ini menunjukkan klub Rusia masih memiliki sokongan finansial yang kuat. Namun, mereka kini mengalihkan fokusnya dengan membeli pemain berbakat asal Amerika Latin karena keterlibatan negara dalam perang Rusia/Ukraina.

Baca Juga: 5 Pemain Russian Premier League yang Berpartisipasi di Euro 2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya