5 Pemain Ukraina yang Pindah pada Musim Panas 2023

Mayoritas merapat ke klub Spanyol dan Portugal

Ukraina jadi salah satu negara pencetak pemain sepak bola berkualitas. Buktinya, negara Eropa Timur tersebut sudah lama menyumbang pemain untuk membela Tim Nasional Uni Soviet pada masa kejayaannya pada 1960-an. 

Setelah berakhirnya generasi emas Ukraina pada 2000-an yang dikomando Andriy Sevchenko, kini mereka mulai bangkit. Belakangan, Timnas Ukraina kembali memasuki masa kejayaannya berkat sokongan dari pemain muda berbakat yang memperkuat tim elite Eropa.

Pada bursa transfer musim panas 2023, tercatat ada lima pemain Ukraina yang direkrut tim-tim berbagai negara Eropa. Kelima pemain itu didatangkan setelah membuktikan kemampuan impresif mereka di tim lamanya.

1. Roman Yaremchuk dipinjamkan kepada Valencia

5 Pemain Ukraina yang Pindah pada Musim Panas 2023Roman Yaremchuk saat tiba di Vitoria-Gazteiz. (instagram.com/valenciacf)

Roman Yaremchuk memutuskan menerima tawaran bermain dari Valencia sebagai pemain pinjaman jelang ditutupnya bursa transfer musim panas 2023. Pemain kelahiran Lviv itu didatangkan untuk mengatasi masalah krisis lini serang di skud Los Che. Rencananya, ia akan dikontrak sampai berakhirnya musim 2023/2024.

Sayangnya, ia belum diturunkan untuk membela tim barunya dalam laga LaLiga Spanyol terakhir melawan Deportivo Alaves. Pasalnya, ia sedang dalam masa pemulihan setelah didera cedera engkel. Kemungkinan ia akan menjadi rekan duet Hugo Duro sebagai striker utama di skuad Valencia. 

2. Bogdan Mykhaylichenko merapat ke Dinamo Zagreb

5 Pemain Ukraina yang Pindah pada Musim Panas 2023Bohdan Mykhaylichenko saat bergabung dengan Dinamo Zagreb. (instagram.com/mykhailichenko_44)

Bogdan Mykhaylichenko memutuskan tidak memperpanjang kontrak bersama Anderlecht karena tidak mendapat tempat di skuad inti. Pada 2022/2023, ia harus dipinjamkan ke Shakhtar Donetsk untuk meningkatkan jam terbangnya. Pada musim panas 2023, ia akhirnya bergabung ke Dinamo Zagreb dengan status free agent

Bersama klub barunya ia baru dikontrak semusim dengan opsi perpanjangan. Kedatangan Mykhaylichenko ini berfungsi untuk menambah pilihan bek kiri Dinamo Zagreb usai ditinggal Petar Bockaj. Tak butuh waktu lama untuk beradaptasi, pemain kelahiran Kyiv ini dipercaya untuk mengisi skuad inti klub berjuluk Plavi tersebut. 

Baca Juga: 5 Pemain Muda Berbakat asal Ukraina, Ada Pemain Chelsea

3. Sergiy Sydorchuk hengkang ke KVC Westerlo

5 Pemain Ukraina yang Pindah pada Musim Panas 2023Sydorchuk Sergiy saat membela Timnas Ukraina. (instagram.com/sydorchuksergii)

Sergiy Kryvtsov memutuskan hengkang dari Ukraina dan menerima tawaran bermain dari KVC Westerlo. Ia dibeli dari Dynamo Kiev dengan banderol sebesar 700 ribu euro (Rp11,5 miliar). Ini merupakan kali pertamanya ia merumput di luar negeri setelah 1 dekade membela klub kebanggan ibu kota Ukraina tersebut. 

Pemain jebolan akademi Metalurg Zaporizhya itu diboyong untuk menambah pilihan di lini tengah Westerlo. Sayangnya, ia belum diberi kesempatan untuk tampil perdana di Liga Belgia. Pelatih Jonas De Roeck masih mempercayakan posisi gelandang bertahan kepada Nicolas Madsen.

4. Artem Dovbyk hijrah ke Girona

5 Pemain Ukraina yang Pindah pada Musim Panas 2023Artem Dovbyk saat membela Girona. (instagram.com/gironafc)

Artem Dovbyk didatangkan Girona dengan banderol yang cukup besar, 7,75 juta euro (Rp127,65 miliar) dari SK-Dnipro-1. Klub asal Katalonia itu tertarik mendatangkannya untuk menggantikan peran Taty Castellanos yang hijrah ke Lazio. Apalagi ia sukses masuk dalam daftar top skor Liga Ukraina musim lalu. 

Dalam empat laga Girona terakhir di LaLiga, Dovbyk baru diturunkan sebagai pemain pengganti. Namun, ia sukses mencetak gol semata wayang ketika timnya bersua Real Sociedad. Ia pun berpotensi dijadikan striker utama mengingat usia Christian Stuani yang tak muda lagi.

4. Anatoliy Trubin bergabung dengan Benfica

5 Pemain Ukraina yang Pindah pada Musim Panas 2023Anatoliy Trubin saat resmi berseragam Benfica. (instagram.com/anatoliytrubin81)

Anatoliy Trubin didapuk sebagai pemain Ukraina termahal dengan banderol sebesar 10 juta euro (Rp164,7 miliar) dari Shakhtar Donetsk. Benfica tertarik mendatangkannya setelah tampil impresif bersama klub lamanya pada 2022/2023. Ia pun sudah menyetujui kontrak di klub asal Lisbon itu sampai 2028.

Kedatangannya ke Estadio Da Luz untuk menggantikan peran Odysseas Vlachodimos yang memutuskan hengkang ke Nottingham Forest. Namun, Trubin masih belum dipilih jadi penjaga gawang utama dan masih menjadi pelapis Samuel Soares. Meski begitu, ia punya peluang besar untuk jadi kiper utama Benfica.  

Mayoritas dari kelima pemain Ukraina di atas mendapat tawaran dari klub Spanyol dan Portugal. Tambahan pemain di atas membuat semakin banyak pemain sepak bola asal negara Eropa Timur itu untuk bermain di liga top Eropa. Ini pun menjadi kabar baik untuk meningkatkan kualitas Tim Nasional Ukraina.

Baca Juga: 6 Transfer Termahal sebelum Bursa Transfer Musim Panas 2023 Dibuka

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya