6 Pemain Timnas Rumania yang Merumput di SuperLiga

Didominasi pemain FCSB #EURO2024

Intinya Sih...

  • Rumania memastikan tampil di Euro 2024 setelah menggeser Swiss dan mencetak rekor tak terkalahkan.
  • Pelatih Edward Iordănescu memilih pemain lokal Rumania, termasuk enam pemain bintang dari SuperLiga Rumania.
  • Beberapa pemain andalan FCSB dipercaya untuk masuk skuad Rumania di Euro 2024 berkat penampilan apiknya.

Rumania memastikan diri tampil di Euro 2024 setelah memuncaki klasemen Grup I. Negara Eropa Timur ini bahkan mampu menggeser Swiss yang diperkuat segudang pemain bintang. Mereka pun memecahkan rekor tak terkalahkan sepanjang Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Keberhasilan tim berjuluk Tricolorii ini tentu tak bisa dipisahkan dari kontribusi pemain bintangnya. Menariknya, Pelatih Edward Iordănescu tidak hanya memilih pemain yang sudah merumput bersama klub-klub papan atas Eropa. Ia turut mengambil pemain bintang di liga lokal Rumania. 

Mereka diandalkan di klub asalnya dan punya prestasi meski masih berada di level liga domestik Rumania. Berikut keenam pemain Timnas Rumania yang merumput di SuperLiga Rumania. 

1. Ștefan Târnovanu jadi kiper utama FCSB

6 Pemain Timnas Rumania yang Merumput di SuperLigaȘtefan Târnovanu saat memperkuat FCSB. (instagram.com/stefantarnovanu).

Ștefan Târnovanu akhirnya dipilih menjadi 1 dari 3 kiper Timnas Rumania di Euro 2024. Ia terpilih berkat prestasinya ketika membela FCSB sepanjang 2023/2024. Ia bahkan belum pernah absen membela klubnya dan sudah mencetak 13 clean sheet dari 30 pertandingan. Mengingat persaingan ketat di pos penjaga gawang, Tarnovanu kemungkinan besar masih menjadi pelapis Horațiu Moldovan. 

2. Nicușor Bancu dipilih sebagai bek kiri CS Universitatea Craiova

6 Pemain Timnas Rumania yang Merumput di SuperLigaNicușor Bancu ketika membela Timnas Rumania. (instagram.com/nicusorbancu)

Nicușor Bancu terpilih menjadi bek kiri di Timnas Rumania di gelaran Euro 2024. Ia terpilih berkat penampilan apiknya ketika memperkuat CS Universitatea Craiova sepanjang 2023/2024. Pada Kualifikasi Euro 2024, pemain berusia 32 tahun ini sudah ikut membantu Tricolorii dalam sejumlah laga. Melihat prestasi dan pengalamannya, ia berpotensi diturunkan sebagai pemain inti Timnas Rumania. 

3. Adrian Șut menjadi gelandang tengah andalan FCSB

6 Pemain Timnas Rumania yang Merumput di SuperLigaAdrian Șut ketika membela Timnas Rumania. (instagram.com/sutadrian)

Adrian Șut dimasukkan dalam skuad Rumania di Euro 2024 berkat penampilannya bersama FCSB. Pada 2023/2024, ia dipilih sebagai gelandang tengah andalan FCSB. Meski sudah memiliki prestasi, Sut ternyata masih baru dalam membela negaranya. Ia baru diturunkan dalam dua laga persahabatan. Mengingat masih baru, pemain berusia 25 tahun ini sepertinya akan dijadikan pelapis di lini tengah Tricolorii.

Baca Juga: 5 Pemain U-21 yang Siap Bersinar Bersama Turki di Euro 2024

4. Darius Olaru dipercaya mengisi gelandang serang FCSB

6 Pemain Timnas Rumania yang Merumput di SuperLigaDarius Olaru ketika memperkuat Timas Rumania. (instagram.com/dariusolaru98_)

Darius Olaru berhasil masuk di skuad Rumania di Euro 2024 berbekal penampilan apiknya ketika membela FCSB di SuperLiga Rumania. Ia pun sudah dipanggil membela negaranya sejak 2021, tapi mayoritas masih menjadi pelapis. Pada Euro 2024 ini, Olaru kemungkinan masih dijadikan cadangan. Namun, ia berpeluang masuk tim inti jika berhasil tampil optimal. 

5. Florinel Coman terpilih sebagai sayap kiri FCSB

6 Pemain Timnas Rumania yang Merumput di SuperLigaFlorinel Coman saat membela Timnas Rumania. (instagram.com/7coman_)

Florinel Coman dikenal luas atas penampilan apiknya membela Rumania di Kualifikasi Euro 2024. Ia termasuk salah satu pemain yang berkontribusi pada penampilan apik Tricolorii dalam beberapa tahun terakhir. Tak hanya tampil apik di tim nasional, pemain yang mengisi pos sayap kiri FCSB ini juga berprestasi di klubnya. Pada 2023/2024, Coman sudah mencetak 14 gol dari 27 pertandingan. 

6. Daniel Bîrligea terpilih sebagai ujung tombak FCSB

6 Pemain Timnas Rumania yang Merumput di SuperLigaDaniel Bîrligea saat membela Timnas Rumania. (instagram.com/daniel.birli)

Daniel Bîrligea merupakan striker andalan CFR Cluj dalam beberapa musim terakhir. Pada 2023/2024, pemain berusia 24 tahun itu sudah membukukan 8 gol dan 5 assist di Superliga Rumania. Prestasi itu membuatnya dipercaya pelatih Edward Iordănescu untuk mengisi lini serang Tricolorii di Euro 2024. Namun, ia kemungkinan masih dijadikan pelapis striker utama Denis Alibec. 

Keenam pemain di atas sukses masuk dalam Timnas Rumania pada 2023/2024 berkat penampilan apiknya di SuperLiga Rumania. Menariknya, mayoritas di antaranya merupakan pemain andalan FCSB. Meski kemungkinan masih dijadikan pemain cadangan, mereka tetap punya peluang tampil dan berpotensi jadi pemain inti jika sukses menunjukkan penampilan terbaiknya.

Baca Juga: 3 Rekor Sosok Termuda di Euro 2024, Jadi Sejarah

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya