4 Pemain Paraguay Skuad Olimpiade 2024 yang Merumput di Eropa

Dua di antaranya tampil di Copa America 2024 #Olimpiade2024

Paraguay jadi salah satu wakil Amerika Selatan di Olimpiade 2024 setelah memuncaki klasemen CONMEBOL Preolímpico 2024. Tim ini bahkan mampu menyingkirkan juara bertahan Olimpiade 2020, Brasil, yang hanya duduk di posisi ketiga.

Pada laga perdana, tak disangka La Albirroja yang diprediksi mampu melangkah jauh harus takluk dari Jepang dengan skor telak 0-5. Hasil ini membuat perjalanan Paraguay makin sulit sebab mereka harus menghadapi Israel dan Mali yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Pada Olimpiade 2024, pelatih Carlos Jara Saguier sudah memanggil empat pemain yang merumput di liga Eropa untuk masuk di skuad Paraguay U-23. Menariknya dua di antaranya adalah pemain yang ikut membela Paraguay di Copa America 2024. 

1. Fabián Balbuena jadi bek andalan Dynamo Moscow

4 Pemain Paraguay Skuad Olimpiade 2024 yang Merumput di EropaFabián Balbuena saat membela Dynamo Moscow. (instagram.com/fbalbuenito)

Fabián Balbuena bergabung dengan Dynamo Moscow sejak musim panas 2021. Eks pemain West Ham United ini sempat dipinjamkan ke klub Brasil, Corinthians pada 2022/2023 karena tak masuk tim inti. Pada musim berikutnya, ia berhasil masuk skuad inti Belo-golubye dan dipercaya sebagai kapten tim. 

Setelah ikut di Copa America 2024, Balbuena kembali ditunjuk untuk mengisi bek tengah negaranya di Olimpiade 2024. Dengan pengalamannya, pemain berusia 32 tahun ini diharapkan mampu memberikan pelajaran kepada para pemain muda. Sayangnya, ia belum menunjukkan penampilan terbaiknya pada laga perdana kontra Jepang. 

2. Julio Enciso dipercaya sebagai gelandang serang Brighton

4 Pemain Paraguay Skuad Olimpiade 2024 yang Merumput di EropaJulio Enciso ketika membela Brighton. (instagram.com/julioenciso.33)

Julio Enciso sudah merumput bersama Brighton & Hove Albion sejak musim panas 2022. Pemain muda berusia 20 tahun ini sempat mengalami cedera meniskus yang membuatnya harus absen panjang pada 2 musim terakhir. Meskipun demikian, setidaknya ia berhasil tampil brilian di Liga Premier Inggris pada akhir musim 2023/2024. 

Berkat penampilan pada akhir musim, Enciso masuk skuad Paraguay di Copa America 2024. Sayangnya, ia gagal membawa negaranya lolos fase grup turnamen terbesar di Amerika Selatan itu. Kini, ia harus berusaha keras mengantarkan Paraguay U-23 lolos fase grup di Olimpiade Paris 2024. Meski cukup berat usai kalah dari Jepang di laga pembuka. 

Baca Juga: 3 Kandidat Peraih Emas Sepak Bola Pria di Olimpiade Paris 2024

3. Enso González masuk di tim junior Wolverhampton

4 Pemain Paraguay Skuad Olimpiade 2024 yang Merumput di EropaEnso Gonzalez ketika membela Wolverhampton Wanderers. (instagram.com/ensogonzalez.30)

Enso González termasuk salah satu bintang muda Paraguay yang sempat menjadi sorotan. Pada musim panas 2023, pemain berusia 19 tahun ini memilih bergabung dengan Wolverhampton Wanderers. Karena usianya yang masih sangat muda, ia belum masuk tim senior Wolves dan baru membela tim U-21. 

Meski tak masuk skuad Paraguay di Copa America 2024, Gonzalez akhirnya berkesempatan membela Timnas Paraguay di Olimpiade 2024. Sayangnya, pemain yang mengisi pos sayap kiri ini belum masuk skuad inti. Pada laga perdana, ia hanya dijadikan sebagai cadangan, tapi ia masih punya kesempatan unjuk gigi pada laga kedua dan ketiga. 

4. Diego González belum masuk tim senior Lazio

4 Pemain Paraguay Skuad Olimpiade 2024 yang Merumput di EropaDiego González saat membela SS Lazio. (instagram.com/diegogonzalez011)

Diego González bergabung dengan Lazio pada musim panas 2023. Eks pemain klub Meksiko, Celaya ini belum masuk tim senior Lazio dan masih dipercaya mengisi skuad Lazio U-19 pada 2023/2024. Ia berhasil tampil memukau dengan mencetak 10 gol dalam 23 pertandingan. 

Berkat penampilan apiknya, Gonzalez dipilih sebagai salah satu striker dalam skuad Timnas Paraguay U-23 untuk tampil di Olimpiade Paris 2024. Sayangnya, pemain berusia 21 tahun ini terdampak cedera otot. Alhasil, striker muda ini harus absen pada laga perdana kontra Jepang. 

Tercatat hanya 2 dari 4 pemain Paraguay di atas yang sudah dipercaya mengisi skuad inti klubnya. Meskipun demikian, keempatnya berpotensi tampil brilian untuk mengantarkan Paraguay U-23 lolos fase grup. Namun, langkah itu tak mudah terlebih usai kalah telak dari Jepang di laga perdana.

Baca Juga: Skandal Olimpiade 2024: Argentina Akhirnya Kalah dari Maroko

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya