6 Pemain Muda Eropa Timur yang Bersinar di Euro 2024

Eropa Timur terbukti punya talenta muda berbakat #EURO2024

Euro 2024 menjadi ajang unjuk gigi pemain muda berbakat dari berbagai negara di Benua Eropa. Mereka dipilih untuk mengisi skuad tim nasional negaranya karena dianggap memiliki kapabilitas dan kemampuan lebih dibanding pemain sepantarannya.

Menariknya, edisi Euro kali ini juga diikuti sejumlah negara-negara Eropa Timur yang dikenal punya gaya permainan yang berbeda dari tim asal Eropa Barat. Meski dianggap sebelah mata, negara Eropa Timur juga dikenal memiliki segudang pemain muda berbakat.

Sepanjang gelaran Euro 2024, terdapat enam pemain asal Eropa Timur yang berhasil menunjukkan performa optimal. Siapa saja pemainnya? Berikut keenam pemain Eropa Timur yang bersinar di turnamen antarnegara terbesar di Benua Biru ini. 

1. Radu Drăgușin dipilih sebagai pemain belakang utama Rumania

6 Pemain Muda Eropa Timur yang Bersinar di Euro 2024Radu Dragusin saat membela Timnas Rumania. (instagram.com/radudragusin5)

Radu Drăgușin dikenal sebagai bek muda berbakat asal Rumania. Ia berhasil tampil gemilang bersama Genoa hingga akhirnya hengkang usai mendapat tawaran bermain dari Tottenham Hotspur. Berkat performa apiknya, pemain berusia 22 tahun ini dipilih untuk mengisi skuad Timnas Rumania. Dragusin tampil cukup baik di Euro 2024 dan sukses mengantarkan negaranya lolos ke babak 16 besar. 

2. Volodymyr Brazhko buat perubahan di pertahanan Timnas Ukraina

6 Pemain Muda Eropa Timur yang Bersinar di Euro 2024Volodymyr Brazhko saat membela Timnas Ukraina. (instagram.com/vova.brazhko)

Volodymyr Brazhko dipilih mengisi skuad Ukraina di Euro 2024 karena tampil brilian bersama Dynamo Kiev. Sayangnya, pada laga perdana gelandang bertahan berusia 22 tahun ini tidak diturunkan dalam starting line-up Ukraina vs. Rumania yang berujung kekalahan 0-3. Pada laga berikutnya, ia ditetapkan sebagai gelandang utama dan berhasil memperbaiki pertahanan Ukraina. Namun, Ukraina tetap gagal lolos meski punya poin sama dengan tiga tim lainnya. 

3. Arda Guler tampil gemilang bersama Timnas Turki

6 Pemain Muda Eropa Timur yang Bersinar di Euro 2024Arda Guler saat membela Timnas Turki. (instagram.com/ardaguler)

Meski gagal masuk dalam skuad inti Real Madrid pada 2023/2024, Arda Guler tetap dikenal sebagai wonderkid Turki yang sempat menjadi sorotan. Pada Euro 2024, pemain berusia 19 tahun itu mampu membuktikan bahwa dirinya pantas jadi pemain inti di Timnas Turki. Ia pun menjadi salah satu faktor utama ketajaman lini serang Turki. Guler pun sudah menyumbangkan 1 gol dan 2 assist untuk negaranya di Euro 2024.  

Baca Juga: Turki Girang Punya Titisan Messi Dalam Diri Arda Guler

4. Khvicha Kvaratskhelia berkontribusi pada lolosnya Georgia ke 16 besar

6 Pemain Muda Eropa Timur yang Bersinar di Euro 2024Khvicha Kvaratskhelia saat membela Timnas Georgia. (instagram.com/kvara7)

Khvicha Kvaratskhelia sudah menunjukkan keahliannya dalam 2 musim terakhir bersama Napoli di Serie A Italia. Ia pun berkontribusi besar mengantarkan Georgia masuk ke Euro untuk pertama kalinya dalam sejarah. Di Euro 2024, pemain berusia 23 tahun ini jadi faktor utama ketajaman lini serang Georgia. Kvaratskhelia sudah menyumbangkan satu gol untuk timnya ketika bersua Portugal di laga pemungkas. Sayangnya, ia gagal membawa negaranya lolos ke perempat final usai kalah dari Spanyol (1-3) pada 16 besar. 

5. Georges Mikautadze tunjukkan ketajamannya di Timnas Georgia

6 Pemain Muda Eropa Timur yang Bersinar di Euro 2024Georges Mikautadze saat membela Timnas Georgia. (instagram.com/georgesmkd)

Georges Mikautadze dikenal sebagai striker andalan FC Metz. Ia dipilih mengisi skuad Georgia di Euro 2024 karena dikenal memiliki inisiatif tinggi ketika berada di pertahanan lawan. Tak ayal, ia mampu bersinar di Euro 2024 dengan mencetak 3 gol dan 1 assist untuk negaranya. Mikautadze mampu mengantarkan Georgia lolos ke babak 16 besar meski akhirnya harus menyerah di tangan Spanyol. 

6. David Strelec berkontribusi pada ketajaman Timnas Slovakia

6 Pemain Muda Eropa Timur yang Bersinar di Euro 2024David Strelec saat membela Slovan Bratislava. (skslovan.com)

David Strelec masuk dalam skuad Slovakia di Euro 2024 berkat penampilan gemilangnya bersama Slovan Bratislava. Pemain berusia 23 tahun ini awalnya hanya dijadikan cadangan pada laga melawan Belgia dan Ukraina. Pada laga terakhir melawan Rumania, ia mulai dipilih sebagai masuk starting line-up.

Pada babak 16 besar, Strelec dipilih sebagai pemain inti melawan Inggris dan menyumbangkan assist kepada Ivan Schranz. Sayangnya, Slovakia gagal menembus perempat final usai takluk dari Inggris (1-2) lewat babak perpanjangan waktu.

Keenam pemain muda Eropa Timur di atas patut diapresiasi karena berkontribusi besar pada permainan negaranya di Euro 2024. Meski mayoritas gagal mengantarkan negaranya menembus perempat final, setidaknya mereka sudah membuat timnya unjuk gigi di Euro 2024. Mengingat usianya masih muda, mereka masih berkesempatan membela negaranya di turnamen internasional lainnya.

Baca Juga: 5 Striker Top Skor Serie A yang Gagal Membuat Gol di Euro 2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya