6 Pemain Kunci Bantu Olympiakos ke Final Conference League 2023/2024

Mayoritas pemain baru

Intinya Sih...

  • Olympiakos Piraeus melaju ke final UEFA Europa Conference League 2023/2024 setelah menundukkan Aston Villa dengan agregat 6-2 pada babak semifinal.
  • Pelatih Jose Luis Mendillibar berperan besar dalam kemajuan signifikan Olympiakos, yang didukung oleh enam pemain kunci seperti Konstantinos Tzolakis dan David Carmo.
  • Mayoritas dari keenam pemain kunci Olympiakos adalah pemain baru, termasuk Ayoub El Kaabi yang menjadi top skor UEFA Europa Conference League 2023/2024.

Sempat terbuang dari UEFA Europa League, Olympiakos Piraeus bangkit dan membuktikan kekuatannya dengan menembus final UEFA Europa Conference League 2023/2024. Klub asal Yunani ini bahkan mampu menundukkan tim favorit juara, Aston Villa, dengan agregat 6-2 pada babak semifinal. 

Penampilan mengesankan Olympiakos tak bisa lepas dari peran Pelatih Jose Luis Mendillibar yang baru bergabung pada Februari 2024. Sejak dibina eks pelatih Sevilla itu, klub berjuluk Thrylos ini mengalami kemajuan signifikan, terutama di kompetisi antarklub Eropa.

Di bawah binaan Mendillibar, terdapat enam pemain yang diandalkan untuk mengisi skuad utama Olympiakos hingga mengantarkan tim ke final Europa Conference League musim ini. Berikut keenam pemain kunci Olympiakos yang berperan besar dalam penampilan hebat timnya.

1. Konstantinos Tzolakis dipilih Mendillibar sebagai kiper utama

6 Pemain Kunci Bantu Olympiakos ke Final Conference League 2023/2024Konstantinos Tzolakis saat memperkuat Olympiakos. (instagram.com/kostantis_tzol)

Konstantinos Tzolakis sebenarnya hanya berperan sebagai pelapis sepanjang paruh pertama 2023/2024. Ia baru dipilih mengisi skuad utama setelah Olympiakos berada di bawah asuhan Mendillibar. Kiper berusia 21 tahun itu mampu menunjukkan penampilan terbaiknya, terutama di UEFA Europa Conference League. Ia tampil begitu impresif ketika timnya bersua Aston Villa di semifinal. 

2. David Carmo punya peran penting di lini pertahanan Olympiakos

6 Pemain Kunci Bantu Olympiakos ke Final Conference League 2023/2024David Carmo saat membela Olympiakos. (instagram.com/d__carmo16)

David Carmo adalah pemain pinjaman dari FC Porto yang baru bergabung pada musim dingin 2024. Meski tergolong baru, pemain asal Angola tersebut mampu beradaptasi dengan cepat dan sukses membuktikan ketangguhannya di barisan pertahanan Olympiakos. Ia pun menjadi salah satu faktor solidnya pertahanan Thrylos pada paruh kedua musim ini. 

3. Santiago Hezze diandalkan mengisi barisan tengah Olympiakos

6 Pemain Kunci Bantu Olympiakos ke Final Conference League 2023/2024Santiago Hezze ketika memperkuat Olympiakos. (instagram.com/olympiacosfc)

Santiago Hezze menjadi salah satu pemain Olympiakos yang paling disorot musim ini. Pemain asal Argentina keturunan Polandia itu diandalkan di barisan tengah dan memainkan peran penting mengatur aliran bola dari belakang ke depan atau sebaliknya. Eks penggawa Huracan ini mampu memberikan umpan pendek maupun panjang yang akurat dalam membangun serangan.

Baca Juga: Perjalanan Fiorentina Tembus Final Europa Conference League 2023/2024

4. Georgios Masouras jadi pemain sayap andalan Olympiakos

6 Pemain Kunci Bantu Olympiakos ke Final Conference League 2023/2024Georgios Masouras ketika membela Olympiakos. (instagram.com/geo_masou)

Georgios Masouras sempat mengalami kemunduran dalam 2 musim terakhir. Namun, ia berhasil kembali menyita perhatian lewat penampilannya di turnamen domestik dan antarklub Eropa. Pemain yang mengisi sayap kiri ini punya peran yang cukup besar di lini serang dan kerap bergantian dengan Konstantinos Fortounis sebagai kapten tim.

5. Daniel Podence berperan membantu lini serang Olympiakos

6 Pemain Kunci Bantu Olympiakos ke Final Conference League 2023/2024Daniel Podence saat membela Olympiakos. (instagram.com/olympiacosfc)

Daniel Podence bergabung dengan Olympiakos pada musim panas 2023 dengan status pinjaman dari Wolverhampton Wanderers. Tergolong baru, pemain asal Portugal ini justru sudah memberikan performa terbaiknya kepada tim barunya. Ia masuk ke skuad utama sejak awal musim dan mampu menyumbangkan 14 gol untuk timnya di seluruh kompetisi.

6. Ayoub El Kaabi masuk daftar top skor Conference League 2023/2024

6 Pemain Kunci Bantu Olympiakos ke Final Conference League 2023/2024Ayoub El Kaabi saat memperkuat Olympiakos. (instagram.com/ayoub_elkaabii)

Ayoub El Kaabi didatangkan Olympiakos dari klub Qatar, Al-Sadd SC dengan status bebas transfer pada musim panas 2023. Selama berada di Yunani, pemain Maroko ini berhasil membuktikan kembali kualitasnya yang sempat diragukan. Ia bahkan mampu memuncaki top skor UEFA Europa Conference League 2023/2024 dengan perolehan 10 gol. Lima di antaranya dicetak ke gawang Aston Villa. 

Keenam pemain Olympiakos di atas berjasa mengantarkan timnya tampil untuk pertama kalinya di final UEFA Europa Conference League. Menariknya, mayoritas di antaranya tergolong sebagai pemain baru. Kini, pemain Olympiakos harus berfokus kepada laga final menghadapi Fiorentina di Agia Sophia Stadium, Athena. 

Baca Juga: Perjalanan Olympiakos Tembus Final UEFA Conference League 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya