6 Pemain Klub Prancis yang Membela Maroko di Olimpiade 2024

Tak semuanya jadi pemain inti #Olimpiade2024

Intinya Sih...

  • Maroko juara Africa Cup of Nations U-23 2023, lolos ke Olimpiade 2024 Paris untuk pertama kalinya sejak 2012.
  • Tim Maroko U-23 keluar sebagai juara Grup B dan meraih medali perunggu setelah mengandaskan Mesir dengan skor 6-0.
  • Enam pemain Maroko U-23 yang bermain di Liga Prancis dipilih untuk membela timnas di Olimpiade, termasuk Achraf Hakimi dari PSG.

Maroko melangkah ke Olimpiade 2024 Paris karena menjuarai Africa Cup of Nations U-23 2023. Tim asal Afrika Utara ini mampu menjuarai turnamen itu untuk pertama kalinya dalam sejarah dengan mengalahkan Mesir (2-1) di final. Hasil ini pun membuat mereka tampil perdana usai absen sejak Olimpiade 2012 London. 

Penampilan Maroko U-23 pada turnamen olahraga besar di dunia ini sangatlah mengesankan. The Atlas Lions mampu keluar sebagai jura Grup B. Tim ini akhirnya meraih medali perunggu usai mengandaskan rival dari Afrika Utara, Mesir, dengan skor telak 6-0. 

Kesuksesan Maroko tak bisa dilepaskan dari kontribusi pemain andalan mereka yang mayoritas merumput di Liga Eropa, terutama di Prancis. Tercatat, ada enam pemain Maroko U-23 yang masuk skuad Olimpiade 2024 yang membela klub Ligue 1 Prancis.

1. Achraf Hakimi diandalkan sebagai bek kanan Paris Saint-Germain

6 Pemain Klub Prancis yang Membela Maroko di Olimpiade 2024Achraf Hakimi saat membela Timnas Maroko. (instagram.com/achrafhakimi)

Achraf Hakimi termasuk salah satu pemain senior yang ditarik untuk membela Maroko U-23 di Olimpiade 2024 Paris. Bek kanan Paris Saint-Germain (PSG) ini tak hanya diandalkan di klubnya, tetapi juga sudah jadi pemain utama di Timnas Maroko sejak Piala Dunia 2018, yang berlanjut pada 2022. Di Olimpiade tahun ini, Hakimi jadi salah satu andalan The Atlas Lions. Pengalamannya bermain di kompetisi besar turut berkontribusi mengantarkan timnya merengkuh medali perunggu.

2. Amir Richardson dipilih sebagai pemain tengah utama Stade Reims

6 Pemain Klub Prancis yang Membela Maroko di Olimpiade 2024Amir Richardson ketika membela Timnas Maroko. (instagram.com/ami2r_)

Amir Richardson dikenal sebagai salah satu pemain tengah di Stade Reims. Sayangnya, pada akhir 2023/2024, pemain kelahiran Nice, Prancis, ini lebih banyak diturunkan sebagai pelapis. Meskipun demikian, Richardson tetap dimasukkan ke Timnas Maroko di Olimpiade 2024 Paris. Ia sudah ditetapkan sebagai gelandang tengah utama dalam skuad asuhan Tarik Sektioui.

3. Yassine Kechta masuk skuad utama Le Havre

6 Pemain Klub Prancis yang Membela Maroko di Olimpiade 2024Yassine Kechta ketika membela Le Havre. (instagram.com/yassine.kechta)

Yassine Kechta sudah ditetapkan sebagai gelandang tengah andalan Le Havre sepanjang 2023/2024. Berkat jasanya, mereka mampu bertahan di kasta tertinggi Liga Prancis. Penampilam impresifnya di klub membuat Pelatih Tarik Sektioui tertarik membawanya ke Paris. Sayangnya, ia hanya dipilih sebagai pemain cadangan dan hanya dimainkan dalam lima laga Olimpiade.

Baca Juga: 8 Pemain Maroko di LaLiga Spanyol 2023/2024, Diandalkan?

4. Benjamin Bouchouari mengantarkan AS Saint-Etienne promosi ke Ligue 1

6 Pemain Klub Prancis yang Membela Maroko di Olimpiade 2024Benjamin Bouchouari ketika membela AS Saint-Etienne. (instagram.com/benjamin.bouchouari)

Benjamin Bouchouari masuk daftar pemain inti AS Saint-Etienne pada 2023/2024. Pemain tengah ini punya kontribusi besar mengantarkan klubnya kembali ke habitat asalnya di Ligue 1 usai terdegradasi pada 2021/2022. Performa apiknya membuatnya dipilih mengisi skuad Maroko di Olimpiade 2024 Paris. Sayangnya, ia gagal masuk skuad inti The Atlas Lions karena hanya diturunkan sebagai cadangan.

5. Oussama Targhalline belum masuk skuad inti Le Havre

6 Pemain Klub Prancis yang Membela Maroko di Olimpiade 2024Oussama Targhalline ketika membela Timnas Maroko. (instagram.com/targhaoussama)

Oussama Targhalline belum banyak diturunkan di klub asalnya, Le Havre, sepanjang 2023/2024. Cedera berdampak besar terhadap penampilannya dalam semusim terakhir. Kendati demikian, pemain berusia 22 tahun ini tetap dipanggil membela Maroko U-23 di Olimpiade 2024 Paris. Ia bahkan dipilih sebagai gelandang tengah utama di bawah binaan Tarik Sektioui.

6. Eliesse Ben Seghir belum dipilih sebagai gelandang serang utama AS Monaco

6 Pemain Klub Prancis yang Membela Maroko di Olimpiade 2024Eliesse Ben Seghir saat membela Timnas Maroko. (instagram.com/benseghir44_)

Sama seperti Targhalline, Eliesse Ben Seghir juga tersandung masalah cedera dalam semusim terakhir. Alhasil, pemain berusia 19 tahun ini gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama AS Monaco. Meski begitu, ia tetap dipanggil untuk memperkuat Maroko U-23 di Olimpiade Paris 2024. Dalam enam laga, Ben Seghir terkadang diturunkan sebagai starter dan terkadang diturunkan sebagai pelapis.

Keenam pemain di atas dipilih mengisi skuad Maroko U-23 di Olimpiade 2024 karena pengalaman mereka bermain di Prancis. Meski tak semuanya diturunkan sebagai pemain inti di klubnya, mereka sebenarnya punya keahlian di atas rata-rata. Para pemain ini diharapkan mampu unjuk gigi di Olimpiade dan direkomendasikan jadi pemain inti di klubnya.

Baca Juga: Mesir vs Maroko: Pembuktian Kuda Hitam di Olimpiade 2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya