7 Pemain Republik Dominika di Olimpiade yang Bermain di Spanyol

Mayoritas membela tim junior klub Spanyol #Olimpiade2024

Republik Dominika memastikan diri masuk ke Olimpiade Paris 2024 setelah jadi finalis CONCACAF U-20 Championship 2022 di Honduras usai kalah dari Amerika Serikat 0-6. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah tim sepak bola negara Karibia itu masuk ke Olimpiade.

Berpredikat sebagai tim debutan dan tidak diunggulkan, Republik Dominika terbukti mampu mengimbangi permainan tim kuat asal Afrika, Mesir. Wakil CONCACAF ini akhirnya berhasil mencuri poin pada laga perdana melawan Mesir dengan hasil akhir 0-0. Kini, mereka harus bersiap melawan tim tangguh lainnya, Spanyol dan Uzbekistan.

Permainan Republik Dominika tidak dapat dilepaskan dari kontribusi pemainnya yang banyak berkompetisi di Eropa. Tercatat ada tujuh pemain Republik Dominika U-23 di Olimpiade 2024 yang merumput di LaLiga Spanyol. Berikut ketujuh pemain Republik Dominika yang berkarier di LaLiga. 

1. Joao Urbáez diandalkan sebagai bek tengah Leganes B

7 Pemain Republik Dominika di Olimpiade yang Bermain di SpanyolJoao Urbáez ketika membela Leganes. (instagram.com/joao.rbz/)

Joao Urbáez bergabung dengan tim junior Leganes pada musim panas 2022. Ia pun sudah dipercaya mengisi barisan belakang klubnya sebagai bek tengah. Di Olimpiade Paris 2024, pemain berusia 22 tahun ini dipilih pelatih Ibai Gómez untuk mengisi bek kanan Republik Dominika kala bertemu Mesir dengan formasi 3-4-3. 

2. Edgar Pujol jadi andalan tim junior Real Madrid

7 Pemain Republik Dominika di Olimpiade yang Bermain di SpanyolEdgar Pujol ketika membela Real Madrid. (instagram.com/edguchito)

Edgar Pujol salah satu wonderkid Republik Dominika yang sudah memperkuat Real Madrid Castilla sejak 2022. Sebelum membela Republik Dominika, Pujol sempat memilih membela Timnas Spanyol U-19. Ia kemudian berpaling untuk mendapatkan peluang lebih besar bermain di level tim nasional. Pada laga perdana Olimpiade Paris 2024, ia sudah diturunkan untuk mengisi pos bek kiri dalam formasi 3-4-3. 

3. Peter Federico baru bergabung dengan Getafe

7 Pemain Republik Dominika di Olimpiade yang Bermain di SpanyolPeter Federico ketika masih memperkuat Valencia. (instagram.com/petergonzalezz11)

Peter Federico baru bergabung dengan Getafe pada bursa transfer musim panas 2024 ini. Eks pemain Valencia ini dikenal sebagai salah satu wonderkid Republik Dominika jebolan akademi Real Madrid. Meski belum masuk pemain inti di klubnya, Federico dimasukkan skuad Republik Dominika di Olimpiade 2024. Sayangnya, ia juga masuk starting line-up pada laga perdana. 

Baca Juga: 3 Kandidat Peraih Emas Sepak Bola Pria di Olimpiade Paris 2024

4. Nowend Lorenzo dipercaya barisan depan Osasuna B

7 Pemain Republik Dominika di Olimpiade yang Bermain di SpanyolNowend Lorenzo ketika berlatih bersama Timnas Republik Dominika. (instagram.com/nowendlorenzo)

Nowend Lorenzo berhasil tampil cukup memukau bersama Osasuna B pada 2023/2024. Pemain sayap ini akhirnya dipanggil masuk skuad Republik Dominika di Olimpiade Paris 2024. Pada laga pembuka, Lorenzo sudah dipilih jadi ujung tombak timnya kala bersua Mesir. Tak hanya itu, ia pun dimandatkan oleh pelatih Ibai Gómez menjadi kapten tim. 

5. José de León jadi pemain sayap andalan Deportivo Alaves B

7 Pemain Republik Dominika di Olimpiade yang Bermain di SpanyolJose de Leon saat memperkuat Deportivo Alaves. (instagram.com/deportivoalaves)

José de León masuk dalam skuad Deportivo Alaves B sejak 2022. Pemain kelahiran Madrid 20 tahun lalu ini pun selalu dipilih tim junior Alaves untuk mengisi barisan depan. Berkat penampilannya di klub, ia diboyong pelatih Ibai Gomez ke Paris untuk ikut dalam Olimpiade 2024. Sayangnya, de Leon belum dipercaya mengisi skuad inti dan baru menjadi pemain pelapis. 

6. Rafa Núñez dipilih jadi sayap kiri utama tim junior Elche

7 Pemain Republik Dominika di Olimpiade yang Bermain di SpanyolRafa Núñez ketika memperkuat Timnas Republik Dominika. (instagram.com/rafanunez11)

Rafa Núñez bergabung ke dalam skuad Elche Ilicitano sejak musim panas 2023. Pemain jebolan Atletico Madrid ini sempat dimasukkan ke tim senior Elche, tapi masih dalam beberapa laga. Meski belum tampil maksimal di Elche, Núñez dipercaya masuk skuad Republik Dominika di Olimpiade Paris 2024. Ia pun sudah masuk starting line-up timnya di laga perdana untuk menempati pos gelandang kiri. 

7. Óscar Ureña masuk dalam skuad senior Girona

7 Pemain Republik Dominika di Olimpiade yang Bermain di SpanyolÓscar Ureña saat masih berseragam Leganes. (x.com/oscarzzituu10)

Óscar Ureña dikenal sebagai pemain jebolan akademi Girona. Sayangnya, ia belum mendapatkan jam terbang tinggi di klubnya, sehingga harus menjalan peminjaman ke Leganes dan FC Cartagena dalam 2 musim terakhir. Pemain berusia 21 tahun ini sudah dimasukkan ke dalam starting line-up Republik Dominika pada laga perdana Olimpiade 2024 melawan Mesir. Ureña ditunjuk menempati sayap kiri dalam formasi 3-4-3. 

Semua pemain Republik Dominika di atas berhasil menunjukkan kemampuannya ketika tampil di tim junior klub Spanyol. Alhasil, mereka dipanggil memperkuat Republik Dominika di Olimpiade 2024. Mayoritas di antaranya sudah diturunkan sebagai starter pada laga perdana melawan Mesir.

Baca Juga: Mengapa Ungu Dipilih Jadi Warna Track Lari Olimpiade 2024?

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya