6 Pemain yang Cedera di Tengah Perhelatan Piala Dunia 2022

Harus absen hingga Piala Dunia 2022 berakhir!

Piala Dunia merupakan kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia. Tak heran hanya pemain pilihan dari masing-masing negara saja yang berhak tampil di turnamen akbar ini. Selain itu, karena digelar 4 tahun sekali, kompetisi ini begitu prestisius bagi pemain ataupun pencinta sepak bola. 

Namun, kompetisi sekelas Piala Dunia dikenal sangat sulit bagi pemain dan jajaran tim nasional. Ini terjadi karena Piala Dunia digelar dengan waktu yang mepet dengan jarak pertandingan yang padat. Akibatnya, pemain rawan terkena cedera di tengah perhelatan turnamen ini. 

Pada Piala Dunia 2022 Qatar, terlihat beberapa pemain yang terdampak cedera parah dan tidak dapat kembali bermain bersama negaranya. Siapa saja pemainnya dan apa yang terjadi pada mereka? Berikut ulasannya!

1. Stephen Eustaquio (Kanada)

6 Pemain yang Cedera di Tengah Perhelatan Piala Dunia 2022Stephen Eustaquio saat membela Kanada di Piala Dunia 2022. (instagram.com/stepheustaquio)

Stephen Eustaquio menjadi salah satu pemain yang mengalami cedera di tengah gelaran Piala Dunia 2022. Awalnya ia mengalami sakit otot beberapa hari sebelum laga perdana Kanada melawan Belgia dimulai. Bahkan, ia  tidak bisa diturunkan pada pertandingan tersebut. 

Eustaquio akhirnya diturunkan pada laga perdana dan kedua penyisihan Grup F, tapi dengan kondisi yang tidak fit. Pada laga terakhir jumpa Maroko, ia pun akhirnya tidak dikeluarkan setelah cederanya kambuh pada laga melawan Kroasia.

2. Lucas Hernández (Prancis)

6 Pemain yang Cedera di Tengah Perhelatan Piala Dunia 2022Lucas Hernandez saat berlatih bersama Timnas Prancis. (instagram.com/lucashernandez21)

Lucas Hernandez harus mengikuti jejak pemain Prancis lain yang cedera, seperti N'Golo Kante, Karim Benzema, dan Paul Pogba. Ia mengalami cedera hanya selang delapan menit ketika peluit pertandingan perdana Prancis melawan Australia dibunyikan. 

Pemain yang ikut mengantarkan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 ini mengalami cedera anterior cruciate ligaments (ACL). Parahnya cedera membuat Hernandez tidak bisa melanjutkan kiprahnya di Piala Dunia 2022.

3. Yasser Al-Shahrani (Arab Saudi)

6 Pemain yang Cedera di Tengah Perhelatan Piala Dunia 2022Yasser Al-Shahrani ketika berlatih bersama Timnas Arab Saudi. (instagram.com/iyasser12)

Kerasnya pertandingan perdana di Grup C antara Argentina melawan Arab Saudi tak luput dari insiden cedera. Kali ini pemain Arab Saudi, Yasser Al-Shahrani, yang terdampak. Kejadian ini bermula ketika Al-Shahrani bertabrakan dengan kiper Mohammed Alowais di babak perpanjangan waktu.

Dilansir Arab News, insiden ini mengharuskan Shahrani mengakhiri penampilannya di seluruh pertandingan Piala Dunia 2022. Ia pun harus menjalani operasi wajah setelah dipulangkan ke Arab Saudi. Bahkan, ia harus menjalani operasi pankreas setelahnya.

Baca Juga: Magis Messi dan Tamparan Keras dari Arab Saudi

4. Thomas Delaney (Denmark)

6 Pemain yang Cedera di Tengah Perhelatan Piala Dunia 2022Thomas Delaney saat memperkuat Denmark di Piala Dunia 2022. (instagram.com/thomasdelaney)

Thomas Delaney masuk sebagai pemain yang harus mengakhiri penampilannya di Piala Dunia 2022 lebih awal akibat cedera. Ia mengalami cedera lutut pada pertandingan perdana Grup E, Denmark melawan Tunisia. Alhasil, pemain Sevilla ini pun hanya diturunkan selama 45 menit.

Parahnya cedera membuat Delaney memutuskan untuk menyudahi kiprahnya di Piala Dunia 2022. Dilansir Reuters, Delaney membutuhkan waktu setidaknya 4 minggu untuk menjalani pemulihan dari cedera.

5. Gabriel Jesus (Brasil)

6 Pemain yang Cedera di Tengah Perhelatan Piala Dunia 2022Gabriel Jesus saat membela Timnas Brasil. (instagram.com/dejesusoficial)

Pada pertandingan terakhir penyisihan Grup G antara Brasil melawan Kamerun, insiden yang menyulut cedera pemain kembali terjadi. Kali ini, cedera menimpa striker Brasil, Gabriel Jesus, yang mengalami cedera lutut. Itu terjadi ketika Jesus berbenturan dengan kiper Kamerun, Devis Epassy. 

Setelah menjalani tes lebih lanjut dari dokter, Jesus pun dinyatakan tidak dapat melanjutkan penampilannya di Piala Dunia 2022. Maka, pertandingan antara Brasil melawan Kamerun adalah laga terakhirnya di turnamen akbar 4 tahunan tersebut.

6. Alex Telles (Brasil)

6 Pemain yang Cedera di Tengah Perhelatan Piala Dunia 2022Alex Telles ketika membela Timnas Brasil. (instagram.com/alextelles13)

Panasnya pertandingan Brasil melawan Kamerun juga berujung pada insiden cederanya Alex Telles. Pemain yang membela Sevilla itu pun dinyatakan mengalami cedera lutut setelah bertabrakan keras dengan salah satu pemain Kamerun pada menit ke-54.

Laga melawan Kamerun ini menjadi pertandingan terakhir Telles di Piala Dunia 2022. Kabar ini diketahui setelah adanya pernyataan resmi dari tim medis Timnas Brasil. Maka, dipastikan Telles harus menjalani masa pemulihan hingga Februari 2023. 

 

Di satu sisi, Piala Dunia memang kompetisi amat didambakan pemain sepak bola. Namun, di sisi lain, turnamen ini amat sulit, terutama bagi pemain yang mengarunginya. Tak heran pemain harus menjalani karantina dan menjaga kesehatannya betul-betul.

Belum lagi insiden di tengah lapangan sangat mungkin terjadi bagi pemain, baik kesalahan pribadi maupun benturan dengan pemain lain. Cedera adalah hal yang kerap terjadi di gelaran Piala Dunia. Kalau ini terjadi, konsekuensinya adalah tidak dapat bertanding lagi seperti keenam seperti pemain di atas.

Baca Juga: 4 Pemain AC Milan yang Akan Kembali dari Cedera pada Januari 2023 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya