6 Kiper Finlandia yang Tampil di Luar Negeri pada 2022/2023

Mayoritas merumput di Italia

Finlandia bukan negara yang dikenal karena prestasi sepak bolanya. Negara Skandinavia ini baru sekali tampil di Piala Eropa pada 2020. Punya cap sebagai tim debutan, mereka juga gagal lolos ke babak 16 besar usai kalah dua kali. 

Meski tak punya prestasi gemilang, Finlandia turut menyumbang pemain-pemain berkualitas ke luar negeri, bahkan menembus liga top Eropa. Beberapa di antaranya merupakan kiper.

Ada sedikitnya enam kiper Finlandia yang tampil di luar negeri pada 2022/2023.

1. Viljami Sinisalo (Aston Villa)

6 Kiper Finlandia yang Tampil di Luar Negeri pada 2022/2023Viljami Sinisalo (instagram.com/viljami.sinisalo)

Viljami Sinisalo merupakan kiper muda Finlandia yang kini merumput di English Premier League (EPL) bersama Aston Villa. Penjaga gawang berusia 21 tahun ini hijrah ke Inggris pada 2019 ketika usianya baru 18 tahun. 

Terhitung masih muda, Sinisalo juga masuk ke dalam skuad Aston Villa U-21 musim ini. Pemain jebolan FC Espoo tersebut sempat dipinjamkan ke beberapa klub di Inggris Raya, seperti Burton Albion dan Ayr United. Di level tim nasional, ia baru debut pada laga persahabatan melawan Estonia pada 2023 ini.

2. Jasper Samooja (US Lecce)

6 Kiper Finlandia yang Tampil di Luar Negeri pada 2022/2023Jasper Samooja (instagram.com/jaspersamooja)

Jasper Samooja merupakan salah satu kiper cadangan Lecce pada 2022/2023. Ia dipermanenkan mereka pada musim panas 2022 setelah dipinjam selama semusim dari klub lokal Finlandia, FC Honka. 

Sayangnya, Samooja belum pernah diturunkan bersama tim senior Lecce. Kiper berusia 19 tahun ini baru diturunkan bersama tim junior yang bertanding di Campionato Primavera 1.

3. Carljohan Eriksson (Dundee United)

6 Kiper Finlandia yang Tampil di Luar Negeri pada 2022/2023Carljohan Eriksson (instagram.com/sakueriksson)

Beralih ke Liga Skotlandia, ada nama Carljohan Eriksson yang masuk ke dalam skuad Dundee United. Ia hijrah ke Skotlandia pada musim panas 2022 dari klub Swedia, Mjallby AIF.

Sebelum itu, ia membela beberapa klub Swedia dan Finlandia, seperti J-Sodra IF, Helsinki IFK, HJK Helsinki, dan PK-35. Sayangnya, Eriksson bukan kiper nomor satu. Begitu pun saat di Dundee United pada 2022/2023 ini.

Ia hanya kiper pelapis di klubnya. Namun, pemain berusia 27 tahun ini sempat dipercaya sebagai starter dalam 9 pertandingan dan sukses mencatatkan 3 clean sheet.

Baca Juga: 5 Kiper yang Memiliki Kewarganegaraan Kedua Spanyol, Faktor Keturunan?

4. Niki Maenpaa (Venezia)

6 Kiper Finlandia yang Tampil di Luar Negeri pada 2022/2023Niki Mäenpää (instagram.com/nikimaenpaa)

Niki Maenpaa adalah kiper Finlandia yang merumput bersama klub Serie B, Venezia. Kiper jebolan akademi HJK Helsinki ini punya segudang pengalaman merumput di Prancis, Belanda, Inggris, dan Italia.

Ia sempat membela RC Lens, Willem II, AZ Alkmaar, Brighton, Bristol City, dan Stoke City. Maenpaa kemudian merapat ke Venezia pada Februari 2021. 

Pada 2022/2023, kiper asal Finlandia ini baru diturunkan dalam dua pertandingan Serie B. Ia sama sekali belum mencatatkan clean sheet. Padahal, kiper senior ini sempat menjadi kiper nomor satu pada 2021/2022, ketika Venezia berkompetisi di Serie A.

5. Jesse Joronen (Venezia)

6 Kiper Finlandia yang Tampil di Luar Negeri pada 2022/2023Jesse Joronen (instagram.com/jessejoronen)

Ada pula nama Jesse Joronen yang baru bergabung dari Brescia pada musim panas 2022. Kiper berusia 29 tahun ini sudah mengantongi sederet pengalaman di berbagai liga, termasuk Inggris, Italia, dan Denmark. Namun, Joronen dikenal luas saat bermain di Fulham pada usia 17 tahun. 

Musim ini, Joronen masuk ke dalam skuad inti Venezia. Ia menggeser rekan senegaranya, Niki Maenpaa. Sejauh ini, Joronen sudah diturunkan dalam 17 laga dan mampu membukukan 2 clean sheet.

6. Lukas Hradecky (Bayer Leverkusen)

6 Kiper Finlandia yang Tampil di Luar Negeri pada 2022/2023Lukas Hradecky (kanan) (instagram.com/lhradecky)

Lukas Hradecky merumput di Bundesliga Jerman bersama Bayer Leverkusen. Sebagai kiper senior, ia sudah mengantongi pengalaman bermain di beberapa liga.

Hradecky tercatat pernah membela TPS, Abo IFK, Esbjerg fB, Brondby IF, dan Eintracht Frankfurt. Ia berlabuh ke Bayer Leverkusen pada 2018. 

Hradecky dipercaya Kepala Pelatih Xabi Alonso untuk jadi kiper nomor satu Die Werkself pada 2022/2023. Sejauh ini, kiper berusia 33 tahun itu sudah diturunkan dalam 21 pertandingan dan 6 di antaranya berakhir tanpa kebobolan. 

Keenam kiper Finlandia di atas melebarkan sayapnya untuk merumput ke luar negeri. Beberapa di antaranya mampu membela klub di liga top Eropa meski hanya pelapis.

Baca Juga: Kiprah 4 Kiper Utama Bayern Munich, Sommer Berikutnya?

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya