Catatan Penampilan 5 Pemain AEK Athens di Piala Dunia 2022

Salah satunya jadi cadangan mati

AEK Athens adalah klub papan atas Yunani yang sudah merengkuh 12 gelar juara Super League Greece. Namun, klub asal Athena ini sempat mengalami penurunan performa beberapa musim terakhir. Alhasil, klub ini gagal meraih satu tiket ke turnamen antar klub Eropa 2022/2023. 

Meski begitu, AEK Athens tetap dipandang sebagai klub raksasa Yunani yang diliputi sejumlah pemain berkualitas. Klub berjuluk Enosis ini juga menjadi tempat lahirnya pemain bintang Yunani, seperti Sotiris Kyrgiakos, Konstantinos Katsouranis, Sokratis Papastathopoulos, dan lainnya. 

Pada Piala Dunia 2022 Qatar, tercatat ada lima pemain AEK Athens yang menerima panggilan untuk membela tim nasionalnya. Siapa saja pemainnya dan bagaimana penampilannya sepanjang gelaran Piala Dunia 2022? Simak ulasannya berikut ini!

1. Milad Mohammadi (Iran)

Catatan Penampilan 5 Pemain AEK Athens di Piala Dunia 2022Milad Mohammadi saat membela AEK Athens. (instagram.com/miladmohammadi.official)

Milad Mohammadi adalah bek kiri andalan Iran yang berkarier di AEK Athens. Ia masuk daftar pemain yang dibawa Carlos Queiroz ke Qatar. Mohammadi selalu diturunkan dan punya peran vital untuk membantu pertahanan sekaligus serangan Timnas Iran di Piala Dunia 2022. 

Sedangkan di AEK Athens, Mohammadi juga dimainkan sebagai pemain inti. Sepanjang paruh musim 2022/2023, ia sudah diturunkan dalam 10 pertandingan dan memberikan 1 assist bagi timnya di Liga Super Yunani. 

2. Ehsan Hajsafi (Iran)

Catatan Penampilan 5 Pemain AEK Athens di Piala Dunia 2022Ehsan Hajisafi saat membela Timnas Iran. (instagram.com/ehsanhajsafi28)

Selain Mohammadi, Ehsan Hajsafi masuk dalam daftar pemain Iran di Piala Dunia 2022. Ia juga masuk dalam starting line-up Timnas Iran di bawah asuhan Carlos Queiroz. Namun, kapten Iran ini kerap ditempatkan sebagai pemain tengah karena punya posisi yang sama dengan Mohammadi. 

Sama seperti di tim nasional, Hajsafi juga kerap berganti posisi dengan Mohammadi sebagai bek kiri. Selain itu, ia juga kerap dipasang sebagai bek tengah dan bek kanan. Sepanjang 2022/2023, pemain senior itu sudah diturunkan dalam 8 pertandingan Liga Super Yunani. 

Baca Juga: Pelatih Maroko: Dunia Bangga dengan Kami di Piala Dunia 2022

3. Domagoj Vida (Kroasia)

Catatan Penampilan 5 Pemain AEK Athens di Piala Dunia 2022Domagoj Vida saat bergabung bersama AEK Athens. (aekfc.gr)

Domagoj Vida adalah pemain veteran Kroasia di Piala Dunia 2018. Ia pun kembali terpilih sebagai pemain di Piala Dunia 2022. Sayangnya, ia sama sekali tidak pernah diturunkan di Piala Dunia kali ini. Posisinya sebagai bek tengah tergeser oleh Josko Gvardiol yang tampil begitu brilian bersama Timnas Kroasia. 

Sebaliknya, Vida sudah menjadi bek tengah utama di AEK Athens sepanjang paruh musim 2022/2023. Pemain senior ini sudah dimainkan dalam 11 pertandingan dan membukukan 1 assist bagi klub ibu kota Yunani tersebut. 

4. Orbelin Pineda (Meksiko)

Catatan Penampilan 5 Pemain AEK Athens di Piala Dunia 2022Orbelin Pineda saat membela Meksiko di Piala Dunia 2022. (instagram.com/orbelin7pineda)

Orbelin Pineda merupakan satu-satunya pemain Meksiko yang merumput di AEK Athens. Ia pun masuk dalam skuad Timnas Meksiko di Piala Dunia 2022. Sayangnya, Pineda tidak mendapatkan tempat utama di El Tri dan hanya diturunkan dalam satu pertandingan melawan Arab Saudi. 

Meski tak masuk skuad inti tim nasional, Pineda dikenal sebagai pemain inti AEK Athens sepanjang paruh musim 2022/2023. Ia sudah menorehkan 3 gol dari 14 laga. Padahal, Pineda baru berstatus sebagai pemain pinjaman dari Celta Vigo sejak didatangkan pada musim panas 2022. 

5. Damian Szymanski (Polandia)

Catatan Penampilan 5 Pemain AEK Athens di Piala Dunia 2022Damian Szymanski ketika memperkuat AEK Athens. (aekfc.gr)

Damian Szymanski adalah pemain AEK Athens kelima yang ikut diboyong ke Qatar. Namun, ia dipilih oleh Czesław Michniewicz sebagai pemain cadangan Polandia di Piala Dunia 2022. Ia pun hanya diturunkan sebagai pemain pengganti pada laga penyisihan grup terakhir melawan Argentina. 

Pemain yang mengisi pos gelandang tengah ini masuk dalam starting line-up AEK Athens sejak pertama kali datang dari Akhmat Grozny pada musim panas 2020. Tercatat, ia sudah diturunkan dalam 12 pertandingan Liga Super Yunani dan sukses mempersembahkan sebuah gol untuk timnya. 

Kelima pemain inti AEK Athens di atas masuk dalam daftar 26 pemain yang dipanggil untuk membela negaranya di Piala Dunia 2022. Namun, dipanggil pun tidak menjamin mereka akan mendapat tempat utama di tim nasional. Hanya dua pemain yang masuk starting line-up negaranya di Piala Dunia tahun ini. 

Baca Juga: Shin Tae Yong: Piala AFF Auranya Sama dengan Piala Dunia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya