7 Penyerang yang Pernah Menjadi Kiper Dadakan, Giroud Terbaru

Ada yang sukses menahan penalti lawan

Bek mencetak gol ke gawang lawan sudah sering terjadi. Begitu juga dengan gelandang yang berperang sebagai pemain bertahan dan sukses menggagalkan serangan lawan. Lantas, bagaimana jika seorang penyerang harus menjadi penjaga gawang? Momen ini tergolong langka, seperti halnya kiper sukses mencetak gol.

Sudah ada beberapa striker yang akhirnya terpaksa harus menjaga gawang tim mereka dalam sebuah pertandingan. Kebanyakan karena kiper utama diusir atau cedera dan jatah pergantian pemain sudah habis. Siapa saja penyerang yang pernah menjadi kiper cadangan dalam karier mereka?

1. Olivier Giroud menjaga gawang AC Milan tetap perawan

7 Penyerang yang Pernah Menjadi Kiper Dadakan, Giroud TerbaruOlivier Giroud (instagram.com/oliviergiroud)

Pertandingan Genoa melawan AC Milan pada pekan kedelapan musim 2023/2024 berlangsung alot. AC Milan akhirnya unggul 1-0 pada menit ke-87 lewat sumbangan Christian Pulisic. Namun, petaka datang pada masa injury time ketika kiper mereka, Mike Maignan, diganjar kartu merah.

Karena jatah pergantian pemain telah habis, mau tidak mau pemain outfield harus rela menjadi kiper dadakan. Olivier Giroud, yang baru turun pada babak kedua, akhirnya diplot menjaga gawang dalam sisa pertandingan. Beruntung dia mampu tampil cukup baik dan membawa I Rossoneri pulang dengan tiga angka.

2. Hugo Almeida membawa AEK Athens menyingkirkan Oympiacos

7 Penyerang yang Pernah Menjadi Kiper Dadakan, Giroud TerbaruHugo Almeida (twitter.com/europaleague)

Hugo Almeida adalah penyerang asal Portugal yang pernah mencuat pada medio 2000-an lalu, membawa FC Porto memenangi UEFA Champions League 2003/2004. Striker kelahiran Figueira da Foz ini pun sempat membela banyak klub. Nah, kejadian unik dialaminya ketika memperkuat AEK Athens pada 2017 lalu.

Pada leg kedua semifinal Piala Yunani melawan Oympiacos, ia harus bermain sebagai penjaga gawang darurat. Pasalnya, Giannis Anestis dikeluarkan dari lapangan pada menit-menit akhir pertandingan. Untung saja timnya mampu melaju ke partai puncak melalui keunggulan gol tandang.

3. Harry Kane harus kebobolan gol tendangan bebas

7 Penyerang yang Pernah Menjadi Kiper Dadakan, Giroud TerbaruHarry Kane (instagram.com/harrykane)

Sebagai penyerang, ketajaman Harry Kane memang sudah tidak diragukan lagi. Lantas, bagaimana jika striker berpaspor Inggris tersebut menjadi penjaga gawang? Kejadian langka itu tersaji dalam pertandingan Tottenham Hotspur kontra Asteras Tripolis di kompetisi Europa League pada 2014 lalu.

Saat itu, kiper The Lilywhites, Hugo Lloris, harus dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-86. Berhubung stok pergantian pemain sudah habis, maka Kane didapuk untuk mengisi pos di mistar gawang. Sayangnya, saat itu ia harus kebobolan tendangan bebas pemain lawan. Untung saja Spurs masih bisa memenangkan laga dengan skor 5-1.

Baca Juga: Olivier Giroud Jadi Kiper, Bantu AC Milan Raih Kemenangan

4. Rodrigo Palacio tampil heroik selama 15 menit

7 Penyerang yang Pernah Menjadi Kiper Dadakan, Giroud TerbaruRodrigo Palacio (uefa.com)

Bukan cuma AC Milan yang pernah memainkan penyerang sebagai kiper dadakan. Rival satu kota mereka, Inter Milan, juga sempat mengalami hal yang sama. Momen itu terjadi pada kompetisi Coppa Italia pada 2012 lalu saat pertandingan melawan Hellas Verona.

Kala itu, penjaga gawang Inter Milan, Luca Castellazzi, cedera dan harus menepi. Lantaran jatah substitusi sudah habis, klub terpaksa memilih pemain lain untuk menjadi kiper. Rodrigo Palacio tanpa ragu mengambil posisi tersebut dan menjaga gawang Inter Milan selama 15 menit hingga pertandingan usai.

5. Jan Koller menjadi kiper dalam laga Der Klassiker

7 Penyerang yang Pernah Menjadi Kiper Dadakan, Giroud TerbaruJan Koller (twitter.com/BlackYellow)

Jan Koller merupakan striker bertubuh jangkung asal Ceko yang juga pernah menjadi kiper dadakan. Momen itu terjadi pada November 2002 dalam laga Der Klassiker, Borussia Dortmund kontra Bayern Munich. Ia harus menjaga gawang lantaran kiper utama timnya, Jens Lehmann, diganjar kartu merah dan jatah pergantian pemain telah habis.

Ketika Koller berdiri di bawah mistar gawang, kedudukan 2-1 untuk Munich. Banyak yang mengira Die Roten akan menambah pundi-pundi gol mereka karena lawan diperkuat kiper KW. Namun, Koller ternyata mampu tampil apik dalam laga tersebut sehingga skor tidak berubah hingga pertandingan kelar.

6. Niall Quinn menggagalkan penalti lawan

7 Penyerang yang Pernah Menjadi Kiper Dadakan, Giroud TerbaruNiall Quinn (twitter.com/mancity)

Fans Premier League era 1990-an pasti tidak asing lagi dengan Niall Quinn. Ia penyerang asal Irlandia yang sempat membela beberapa klub, seperti Arsenal, Manchester City, dan Sunderland. Selain sebagai juru gedor, pria dengan tinggi mencapai 193 cm itu juga pernah menjadi penjaga gawang dadakan.

Momen tersebut terjadi pada 1991 silam dalam laga Manchester City kontra Derby County. Quinn terpaksa menjadi penjaga gawang lantaran kiper utama The Sky Blues, Tony Coton, diusir wasit. Ia pun tampil heroik, termasuk menggagalkan penalti lawan, sehingga timnya menang dengan skor 2-1.

7. Pele juga jago di bawah mistar gawang

7 Penyerang yang Pernah Menjadi Kiper Dadakan, Giroud TerbaruPele (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pele tidak cuma dikenal luas sebagai penyerang top dunia, tetapi juga pemain terhebat yang pernah ada. Ia mencetak banyak gol untuk klubnya, Santos, dan juga ketika membela Timnas Brasil. Prestasinya pun tidak main-main, tiga kali juara Piala Dunia dan dinobatkan sebagai FIFA Player of the Century pada 2000 lalu.

Selain jago membobol gawang lawan, mungkin tidak banyak yang tahu kalau Pele juga sempat menjadi kiper. Itu terjadi saat Santos melawan Gremio pada laga semifinal Taca Brasil pada 1963 silam. Menggantikan posisi Gilmar yang dikartu merah, Pele sukses menjalankan perannya dengan baik dan mengantarkan Santos menuju laga final.

Selain penyerang, banyak pemain di posisi lainnya yang juga pernah merasakan menjadi penjaga gawang dadakan. John Terry melakoninya saat memperkuat Chelsea pada 2006 lalu, sedang Rio Ferdinand melakukannya untuk Manchester United dalam laga kontra Portsmouth pada 2008. Ada pula Kyle Walker yang menjadi kiper dadakan untuk Manchester City pada 2019.

Baca Juga: 7 Kiper Dunia yang Layak Jadi Kiper Terbaik 2023

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya