3 Pencetak Gol Termuda Timnas Inggris di Ajang Euro

Jude Bellingham masuk daftar! #EURO2024

Mencetak gol di turnamen besar sekelas Euro tentu saja membanggakan. Terlebih jika sukses membuat angka di usia yang masih belia. Bukan cuma sanjungan, melainkan mungkin juga rekor yang akan didapatkan.

Nah, sejumlah pemain Timnas Inggris ini juga sukses mencatatkan nama mereka sebagai pencetak gol termuda untuk negaranya di ajang Euro. Bahkan, pada akhirnya ada yang masuk tim terbaik turnamen empat tahunan ini. Siapa sajakah mereka?

1. Wayne Rooney sudah membuat gol di Euro 2004 saat masih berusia 18 tahun

3 Pencetak Gol Termuda Timnas Inggris di Ajang EuroWayne Rooney (twitter.com/euro2024)

Euro 2004 menjadi turnamen resmi pertama Wayne Rooney bersama Timnas Inggris. Saat itu, ia sukses membuat brace saat The Three Lions melumat Swiss dengan skor telak 3-0 di fase grup. Ketika mencetak gol pertamanya, Rooney masih berusia 18 tahun 237 hari, sekaligus menjadi pencetak gol termuda untuk Inggris di gelaran Euro.

Masih di turnamen yang sama, Rooney menghasilkan dua gol lagi saat Inggris menghajar Kroasia dengan skor 4-2. Sayangnya, ia mengalami cedera ketika bersua tuan rumah Portugal di babak delapan besar. Anak asuh Sven-Goran Eriksson akhirnya harus tersingkir lewat adu penalti.

Sempat absen di edisi 2008, Rooney kembali memperkuat Inggris di Euro 2012. Sayangnya, lagi-lagi langkah mereka harus terhenti di babak perempat final. Kali ini, giliran Italia yang mengirim Inggris pulang lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal dan extra time.

2. Michael Owen baru berusia 20 tahun ketika membuat gol di Euro 2000

3 Pencetak Gol Termuda Timnas Inggris di Ajang EuroMichael Owen (instagram.com/themichaelowen)

Sebelum dipecahkan Wayne Rooney, rekor pencetak gol termuda untuk Inggris di ajang Euro dipegang oleh Michael Owen. Ia berusia 20 tahun 189 hari ketika membuat angka saat nelawan Rumania di fase grup Euro 2000. Sayangnya, The Three Lions harus menyerah dengan skor 2-3.

Di turnamen tersebut, langkah Inggris harus terhenti di babak grup. Selain takluk melawan Rumania, mereka juga harus kalah 2-3 ketika bertemu Portugal. Meski menang 1-0 atas Jerman, itu belum cukup mengirim Owen dkk melaju ke fase perempat final.

Empat tahun berikutnya, Owen kembali terpilih membela tim Tiga Singa. Gagal mencetak gol selama fase grup, mantan pemain Liverpool dan Manchester United ini akhirnya menyumbang angka ketika berhadapan dengan Portugal di fase delapan besar. Namun, mereka akhirnya harus kalah lewat adu penalti.

3. Jude Bellingham mendekati catatan Michael Owen saat mencetak gol perdana di Euro 2024

3 Pencetak Gol Termuda Timnas Inggris di Ajang EuroJude Bellingham (instagram.com/euro2024)

Jude Bellingham mencatatkan dirinya sebagai salah satu pencetak gol termuda untuk Inggris di ajang Euro. Ia membuat gol tunggal saat The Three Lions mengalahkan Serbia di fase grup Euro 2024. Ketika membuat gol ini, pemain Real Madrid tersebut baru berusia 20 tahun 353 hari.

Tidak cuma itu, gol via kepala Bellingham ke gawang Serbia juga tercatat menjadi sundulan terkuat di turnamen sejauh ini. Data Connected Ball Technology yang terdapat dalam bola resmi Fussballliebe mencatat bola melaju dengan kecepatan 60,6 km per jam. Itu lebih cepat dari beberapa gol yang dicetak melalui kaki.

Meski baru berusia 20 tahun, Bellingham memang gemar membuat rekor. Ia sempat menjadi pencetak gol termuda Borussia Dortmund pada tahun 2020 lalu. Ia juga menjadi pemain Inggris termuda yang menjadi starter dalam laga UEFA Champions League dan menjadi pemain termuda yang tampil dalam tiga turnamen besar internasional.

Rekor pencetak gol termuda untuk Inggris di turnamen Euro masih mungkin untuk dipecahkan. Pasalnya, tim Negeri Ratu Elizabeth memang tidak pernah kekurangan pemain muda berbakat. Menarik ditunggu siapa lagi yang akhirnya bisa masuk daftar ini.

Baca Juga: 5 Pemain Nomor 10 Inggris yang Cetak Gol di Euro, Ada Bellingham

Binar Photo Verified Writer Binar

Suka Radiohead

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya