Yan Couto Siap Ukir Sejarah Bersama Borussia Dortmund pada 2024/2025

Bek kanan dengan segudang potensi

Borussia Dortmund berhasil mendapatkan bek kanan muda asal Brasil, Yan Couto. Dilansir Eurosport, ia hadir sebagai pemain pinjaman dari Manchester City dengan opsi pembelian. Syaratnya, Die Borussen harus membayar biaya transfer sebesar 23 juta pound sterling atau Rp475 miliar pada bursa transfer musim panas 2025.

Couto menjadi pemain baru keempat Dortmund setelah mendatangkan Serhou Guirassy, Waldemar Anton, dan Pascal Gross. Peminjaman pemain asal Brasil itu bakal menambah kekuatan Dortmund di posisi bek kanan. Couto sebelumnya tampil fantastis ketika membawa Girona finis di empat besar LaLiga Spanyol pada 2023/2024.

Lalu, seperti apa kualitas Yan Couto bagi Dortmund? Berikut profil lengkapnya.

1. Sudah menunjukkan minatnya terhadap sepak bola sejak berusia 3 tahun

Yan Couto Siap Ukir Sejarah Bersama Borussia Dortmund pada 2024/2025Yan Couto (instagram.com/yan.couto)

Pemain bernama lengkap Yan Bueno Couto lahir di Curitiba pada 3 Juni 2002. Dilansir laman resmi BVB, ia mulai bermain sepak bola ketika usianya baru 3 tahun. Couto kala itu menggunakan sepatu ayahnya yang sangat besar untuk kakinya. Ia kemudian berpartisipasi di turnamen sepak bola khusus anak-anak. Akan tetapi, Couto awalnya lebih berminat bermain sepak bola indoor atau futsal ketimbang outdoor.

Ia akhirnya memilih bergabung dengan klub lokal, Coritiba FC, saat berusia 9 tahun. Couto mengungkapkan dirinya mulai belajar menjadi lebih dewasa dan pemain profesional bersama Coritiba FC. Potensinya sebagai pemain sayap kanan terpantau oleh pemandu bakat Brasil U-17. Couto akhirnya masuk daftar pemain Brasil U-17 yang berlaga di Piala Dunia U-17 2019.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil Terakhir di Borussia Dortmund sebelum Yan Couto

2. Menerima tawaran bergabung dengan Manchester City saat berusia 18 tahun

Yan Couto Siap Ukir Sejarah Bersama Borussia Dortmund pada 2024/2025Yan Couto (instagram.com/yan.couto)

Penampilan Yan Couto di Piala Dunia U-17 cukup impresif. Ia mencetak 2 assist dalam 5 laga dari babak grup. Salah satunya saat Brasil mencetak gol kemenangan 2-1 atas Meksiko dalam laga final Piala Dunia U-17 2019. Performa Couto langsung mendapat perhatian dari media Inggris, The Guardian. Ia masuk daftar 60 pemain potensial dalam kolom Next Generation 2019. Couto kemudian melakoni debut di tim utama Coritiba saat menghadapi Toledo dalam laga Campeonato Paranaense pada Maret 2020.

Namun, Couto memutuskan menerima tawaran Manchester City pada musim panas 2020. Usianya kala itu masih 18 tahun. Couto tidak langsung mendapat tempat di tim senior Manchester City. Ia menjalani masa peminjaman bersama Girona pada 2020/2021.

3. Menciptakan sejarah bersama Girona pada 2023/2024

Yan Couto Siap Ukir Sejarah Bersama Borussia Dortmund pada 2024/2025Yan Couto (instagram.com/yan.couto)

Couto menjalani masa peminjaman bersama Girona dalam tiga periode, yaitu pada 2020/2021, 2022/2023, dan 2023/2024. Ia perlahan sukses membangun reputasi sebagai bek kanan kreatif dengan visi permainan yang tinggi, terutama dalam memberikan assist. Couto mencetak total 5 gol dan 17 assist dalam 95 pertandingan bersama Girona pada ketiga periode tersebut.

Performa terbaiknya terjadi pada 2023/2024. Couto mampu membawa Girona finis di peringkat ketiga LaLiga Spanyol dengan koleksi 81 poin. Ia turut membawa Girona lolos ke Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya pada 2024/2025. Couto sendiri masuk Timnas Brasil yang tampil di Copa America 2024. Sayangnya, ia tidak diturunkan dalam empat pertandingan Copa America 2024.

Kepindahan Couto ke Borussia Dortmund akan menjadi pembuktian bagi kualitasnya untuk tampil di klub besar Eropa. Ia bakal dipermanenkan Dortmund jika memenuhi beberapa persyaratan terkait performanya. Melalui laman resmi BVB, Couto mengungkapkan tidak sabar untuk mengenakan jersey Dortmund dan tampil di hadapan fans yang memadati Signal Iduna Park.

Baca Juga: 6 Bintang Brasil yang Pernah Membela Borussia Dortmund sebelum Couto

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya