5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Sejarah Derbi London Utara

Ada pemain yang bermain untuk kedua klub

Derbi London Utara yang mempertemukan Tottenham Hotspur dengan Arsenal merupakan salah satu duel terpanas di sepak bola Inggris. Kedua klub memiliki rivalitas yang mempertaruhkan gengsi dan prestasi tiap kali bertemu di semua kompetisi. Pertandingan Tottenham Hotspur versus Arsenal kerap kali menjadi panggung bagi para penyerang papan atas untuk unjuk gigi.

Kedua klub memang pernah diperkuat para pemain bintang yang memiliki naluri mencetak gol tinggi. Sebagian dari pemain Tottenham Hotspur dan Arsenal masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak di derbi London Utara. Tercatat, lima pemain berikut memiliki rekor gol tertinggi dalam duel antara Tottenham Hotspur melawan Arsenal di semua kompetisi.

1. Robert Pires mencetak delapan gol untuk Arsenal di derbi London Utara

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Sejarah Derbi London UtaraRobert Pires (arsenal.com)

Robert Pires memasuki puncak kariernya ketika membela Arsenal selama 6 tahun. Ia didatangkan dari Marseille pada musim panas 2000. Pires dikenal sebagai gelandang serang sisi kiri yang memiliki kreativitas serta insting mencetak gol.

Salah satu klub EPL yang sering ia bobol adalah Tottenham Hotspur. Pires mengoleksi 8 gol dari 12 pertemuannya dengan Tottenham selama membela Arsenal. Uniknya, Arsenal tidak pernah kalah ketika pemain asal Prancis itu mencetak gol ke gawang Tottenham.

2. Alan Sunderland menorehkan delapan gol saat menghadapi Tottenham

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Sejarah Derbi London UtaraAlan Sunderland (x.com/Arsenal)

Alan Sunderland merupakan legenda Arsenal pada periode 1977--1984. Ia merupakan pemain asal Inggris yang berposisi sebagai striker. Sunderland berhasil tampil tajam selama 7 tahun membela Arsenal.

Ia total menorehkan 75 gol dari 252 penampilan di semua kompetisi. Tottenham menjadi klub Inggris kedua yang paling sering dibobol Sunderland sepanjang kariernya. Ia mencetak total delapan gol ke gawang Tottenham kala berseragam Arsenal.

Baca Juga: 3 Kemenangan Terakhir Tottenham atas Arsenal di Laga Kandang EPL

3. Emmanuel Adebayor mengoleksi sepuluh gol di derbi London Utara

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Sejarah Derbi London UtaraEmmanuel Adebayor (uefa.com)

Emmanuel Adebayor pernah membela Arsenal dan Tottenham Hotspur selama berkarier di sepak bola Inggris. Ia tampil cukup tajam kala berseragam kedua klub London Utara itu. Adebayor mengoleksi total sepuluh gol di derbi London Utara. 

Secara rinci, pemain asal Togo itu mencetak enam gol ke gawang Tottenham saat berseragam Arsenal. Sebaliknya, Adebayor menorehkan dua gol ke gawang Arsenal sebagai pemain Tottenham. Ia kini sudah pensiun sebagai pesepak bola pada Maret 2023.

4. Bobby Smith mencetak sepuluh gol ke gawang Arsenal sebagai pemain Tottenham

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Sejarah Derbi London UtaraBobby Smith (tottenhamhotspur.com)

Bobby Smith merupakan pemain jebolan akademi Chelsea. Ia pindah ke Tottenham pada Desember 1955. Smith memasuki masa-masa terbaik dalam kariernya sebagai pesepak bola kala berseragam The Lilywhites selama 9 tahun.

Ia mencetak total 192 gol dari 292 pertandingan di semua kompetisi. Arsenal menjadi klub kelima yang paling sering dibobol Smith sepanjang kariernya di Tottenham. Smith menorehkan 10 gol dari 13 duel menghadapi Arsenal di semua kompetisi.

5. Harry Kane menjadi top skor di derbi London Utara dengan koleksi 14 gol

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Sejarah Derbi London UtaraHarry Kane (premierleague.com)

Harry Kane kerap kali menghadirkan mimpi buruk bagi Arsenal. Ia menjadi pemain Tottenham Hotspur yang paling sering membobol gawang Arsenal dalam laga derbi London Utara di semua kompetisi. Kane mencetak total 14 gol dalam 19 pertemuannya dengan Arsenal sebagai pemain Tottenham.

Ia mengawali kiprahnya di derbi London Utara dengan mencetak dua gol kemenangan Tottenham 2-1 atas Arsenal pada pekan ke-24 English Premier League (EPL) 2014/2015. Kane juga pernah memberikan mimpi buruk kepada lini pertahanan Arsenal kala mencetak masing-masing satu gol dan assist kala Tottenham menang 2-0 pada pekan ke-11 2020/2021. Rekor 14 gol miliknya diprediksi akan bertahan dalam waktu yang lama. Sebab, belum ada pemain Arsenal yang mendekati capaian Kane di derbi London Utara.

Kelima pemain di atas membuktikan Arsenal dan Tottenham selalu memiliki penyerang tajam yang mampu mengoleksi banyak gol di derbi London Utara. Namun, kedua klub kini masih belum memiliki striker atau penyerang yang mampu diandalkan sebagai pencetak gol utama. Arsenal memutuskan tidak merekrut seorang striker meskipun kerap kali kesulitan mengkonversi peluang menjadi gol. Sementara itu, Tottenham belum menemukan pengganti yang setara dengan kualitas Kane yang hengkang ke Bayern Muenchen pada musim panas 2023.

Baca Juga: Inggris Kembali Kena Kutukan Harry Kane

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya