Samu Omorodion, Striker Potensial Incaran Chelsea

Harganya sedang meroket

Intinya Sih...

  • Chelsea berminat mendekati striker muda Atletico Madrid, Samu Omorodion, yang memiliki harga pasar 40 juta euro atau Rp706 miliar.
  • Omorodion lahir di Melilla pada 5 Mei 2004 dan bergabung dengan akademi Granada pada 2021. Ia sukses mencetak gol penyeimbang saat debut di LaLiga Spanyol.
  • Omorodion memiliki fisik kekar, naluri mencetak gol tinggi, dan banyak potensi untuk menjadi striker papan atas, meskipun masih kurang pengalaman di level tertinggi.

Chelsea masih melanjutkan perburuan pemain muda berbakat dari liga-liga top Eropa pada bursa transfer musim panas 2024. The Blues kali ini dikabarkan serius mendekati striker muda Atletico Madrid, Samu Omorodion. Penampilannya saat dipinjamkan ke Deportivo Alaves cukup mengesankan manajemen Chelsea.

Harga pemain berusia 19 tahun itu bahkan tengah meroket. Dilansir Goal, Omorodion memiliki harga pasar sebesar 40 juta euro atau Rp706 miliar. Padahal, bermain untuk tim utama Atletico Madrid saja ia belum pernah.

Lantas, sehebat apa Samu Omorodion sampai Chelsea begitu berminat? Berikut profil lengkapnya.

1. Mengawali kariernya sebagai pesepak bola dari akademi Granada

Samu Omorodion, Striker Potensial Incaran ChelseaSamu Omorodion (instagram.com/samuomorodion)

Samu Omorodion merupakan keturunan asli Nigeria yang lahir pada 5 Mei 2004. Ia bersama keluarganya pindah ke Seville, Spanyol, saat masih kecil. Setelah bermain di klub lokal, AD Nervion, Omorodion bergabung dengan akademi Granada pada 2021.

Ia mulai merintis kariernya saat bermain untuk Granada U-19 selama setahun pada 2021/2022. Omorodion kemudian melakoni debut dengan Recreativo Granada, tim lapis kedua Granada, ketika masuk sebagai pemain pengganti saat kalah 1-2 dari Marchamalo. Ia mencetak total 18 gol dalam 36 pertandingan di semua kompetisi. 

Granada akhrinya membawa Omorodion saat menjalani pra musim pada musim panas 2023. Ia lalu melakoni debutnya di LaLiga Spanyol ketika menghadapi Atletico Madrid. Omorodion sukses mencetak gol penyeimbang pada menit ke-62. Aksinya di laga tersebut mengundang ketertarikan dari pihak Atletico Madrid. Omorodion memutuskan menerima tawaran Los Colchoneros sebelum bursa transfer musim panas 2024 ditutup.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Berseragam Chelsea dan Villarreal

2. Tampil apik dengan delapan gol di LaLiga Spanyol bersama Alaves pada 2023/2024

Samu Omorodion, Striker Potensial Incaran ChelseaSamu Omorodion (x.com/samuomorodion)

Omorodion menandatangani kontrak jangka panjang dengan Atletico Madrid. Ia bakal bekerja sama dengan Atletico Madrid sampai Juni 2028. Namun, Atletico Madrid langsung meminjamkan Omorodion kepada Deportivo Alaves agar mendapat menit bermain lebih banyak.

Omorodion sukses tampil apik selama membela Deportivo Alaves. Ia mencetak 8 gol dan 1 assist dalam 35 pertandingan di semua kompetisi. Ketajamannya di lini depan inilah yang membuat klub-klub Eropa lainnya tertarik, salah satunya Chelsea. Ditambah lagi, Atletico Madrid sudah mendatangkan Alexander Sorloth dan dikabarkan semakin dekat mengamankan tanda tangan Julian Alvarez. Kedua pemain itu bakal menambah persaingan di lini depan sehingga tidak ada jaminan Omorodion bisa menjadi pemain reguler di Atletico Madrid. 

3. Punya atribut fisik yang kuat serta kecepatan di lini depan

Samu Omorodion, Striker Potensial Incaran ChelseaSamu Omorodion (kiri) berduel fisik dengan pemain Granada. (x.com/samuomorodion)

Omorodion memiliki fisik yang cukup kekar dengan tinggi mencapai 193 cm. Ia dinilai tidak akan menemui kesulitan ketika harus berduel dengan bek-bek English Premier League (EPL) jika bergabung dengan Chelsea. Kekuatan fisiknya juga mampu menunjang kemampuannya dalam menahan bola. Alhasil, bek-bek lawan cukup kesulitan saat merebut bola darinya.

Omorodion punya naluri mencetak gol tinggi terutama jika menerima umpan di area kotak penalti. Dilansir Goal, ia memiliki rata-rata expected goal mencapai 0,51 per 90 menit di LaLiga Spanyol pada 2023/2024. Ditambah lagi, Omorodion punya kecepatan sehingga sulit mengalahkannya saat berduel fisik. Ia cukup nyaman menggunakan kaki kanan, kiri, dan kepalanya untuk menyelesaikan umpan-umpan matang.

Omorodion punya banyak potensi untuk bisa menjadi seorang striker papan atas seperti legenda Chelsea, Didier Drogba, atau Erling Haaland. Namun, ia masih kurang pengalaman bermain di kompetisi dengan intensitas tinggi tiap pekannya. Terlebih lagi, Omorodion belum pernah menorehkan penampilan bersama tim utama Atletico Madrid. Maka dari itu, ia dinilai masih terlalu muda untuk mencatat nilai pasar mencapai 40 juta euro.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pindah ke Atletico Madrid sebelum Gallagher

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya