Riccardo Calafiori, Bek Muda Italia yang Menorehkan Sejarah di Bologna

Komoditas panas pada bursa transfer

Timnas Italia baru saja kehilangan salah satu bek legendarisnya, Leonardo Bonucci. Eks pemain Juventus itu mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola usai kontraknya di Fenerbahce berakhir pada musim panas 2024. Namun, Timnas Italia tidak perlu khawatir terkait sosok yang menggantikan Bonucci.

Gli Azzurri kini punya Riccardo Calafiori yang tampil memukau bersama Bologna di Serie A Italia 2023/2024. Ia merupakan salah satu pemain Bologna yang cukup menonjol, terutama setelah mencetak brace atau dua gol ke gawang Juventus pada pekan 37 Serie A musim ini.

Seperti apa sebenarnya sosok Calafiori ini? Berikut profil lengkap seputar pemain berusia 22 tahun itu.

1. Kariernya hampir pupus usai mengalami cedera lutut serius di AS Roma

Riccardo Calafiori, Bek Muda Italia yang Menorehkan Sejarah di BolognaRiccardo Calafiori (asroma.com)

Riccardo Calafiori memulai karier sebagai pesepak bola dari akademi AS Roma. Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya pada Juni 2018. Namun, Calafiori mengalami nasib yang kurang beruntung beberapa bulan setelah penandatanganan kontrak profesionalnya itu.

Ia mengalami cedera lutut serius dan harus absen cukup lama pada Oktober 2018. Kariernya hampir saja berakhir akibat cedera tersebut. Calafiori beruntung bisa pulih kembali dan melakoni debut di skuad utama AS Roma ketika mengalahkan Juventus 3-1 di Serie A Italia pada Agustus 2020. Ia mencetak gol perdananya untuk AS Roma ketika mengalahkan Young Boys dengan skor 3-1 pada babak grup Liga Europa 2020/2021. Calafiori berhasil meraih gelar juara pertamanya dengan AS Roma saat mengalahkan Feyenoord Rotterdam 1-0 pada babak final Liga Konferensi Eropa 2021/2022.

Baca Juga: 7 Pemain Italia di Skuad Bologna 2023/2024

2. Permainannya meningkat pesat saat membela FC Basel

Riccardo Calafiori, Bek Muda Italia yang Menorehkan Sejarah di BolognaRiccardo Calafiori (fcb.ch)

Riccardo Calafiori memutuskan merantau keluar Italia saat bergabung dengan FC Basel pada musim panas 2022. Ia ingin meningkatkan kemampuannnya dan bermain secara reguler di skuad utama. Harapan Calafiori itu berhasil terwujud.

Ia mampu menorehkan 38 penampilan dengan catatan 1 gol dan 3 assist bersama Basel. Perkembangan Calafiori mendapat perhatian dari sejumlah klub Serie A. Ia pun resmi kembali ke Italia dengan memutuskan menerima tawaran Bologna pada musim panas 2023.

3. Menciptakan sejarah bersama Bologna di Serie A Italia 2023/2024

Riccardo Calafiori, Bek Muda Italia yang Menorehkan Sejarah di BolognaRiccardo Calafiori (legaseriea.it)

Riccardo Calafiori menjadi salah satu pilar penting Bologna di Serie A Italia 2023/2024. Ia berhasil membawa I Rossoblu lolos ke Liga Champions Eropa untuk musim kompetisi 2024/2025. Pencapaian itu merupakan yang pertama kali bagi Bologna sejak 1964.

Calafiori sendiri menorehkan 33 penampilan dengan catatan 2 gol dan 5 assist di Serie A musim ini. Pemain asal Italia itu juga berhasil memenangkan penghargaan individu bulanan Serie A pada Mei 2024. Dilansir Fotmob, Calafiori mencatat 63 persen tekel berhasil, 51 persen keunggulan duel fisik, dan 50 persen duel udara. Ia juga mampu menorehkan 79 persen akurasi operan.

Penampilan Calafiori itu mengundang perhatian klub-klub besar Eropa. Menurut Transfermarkt, Juventus menjadi klub yang paling berminat terhadap jasanya. Selain itu, Chelsea, Atletico Madrid, Bayer Leverkusen, dan Bayern Muenchen dikabarkan ikut memantau perkembangan Calafiori.

Bek berusia 22 tahun itu memiliki kesempatan untuk menunjukkan kualitasnya di Euro 2024. Penampilan apik bersama Bologna membuat pelatih Timnas Italia, Luciano Spaletti, memanggilnya ke dalam skuad Gli Azzurri yang berangkat ke Jerman. Menarik untuk melihat performa Riccardo Calafiori selama berlaga di Euro 2024 nanti.

Baca Juga: 6 Pemain Andalan Thiago Motta selama Melatih Bologna

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya