3 Remaja Termuda yang Mencetak Gol saat Debut Euro

Mereka berhasil mencuri sensasi #EURO2024

Intinya Sih...

  • Ferenc Bene, 19 tahun 183 hari, mencetak gol saat debut di Euro 1964, menjadi pencetak gol termuda Hungaria dalam sejarah Euro.
  • Cristiano Ronaldo, 19 tahun 128 hari, mencetak gol pada laga pembuka Euro 2004 meski Portugal kalah dari Yunani.
  • Arda Guler, 19 tahun 114 hari, mencetak gol fantastis saat Turki menang 3-1 atas Georgia dalam laga pertama Euro 2024.

Tidak mudah bagi pesepak bola muda yang belum berusia 20 tahun untuk menembus skuad senior tim nasionalnya, apalagi tampil di turnamen besar seperti Euro. Mereka butuh menampilkan permainan impresif bersama klubnya agar bisa mendapat panggilan dari pelatih tim nasional untuk berpartisipasi di Piala Eropa.

Meski begitu, dalam sejarah Euro sederet pemain muda berbakat sukses membuktikan diri dengan tampil apik dengan membobol gawang lawan-lawannya sejak laga debut. Contohnya seperti tiga remaja berusia 19 tahun ini yang mampu mencetak gol saat melakoni debut di Euro.

1. Ferenc Bene menorehkan gol perdananya di Euro ketika berusia 19 tahun 183 hari

3 Remaja Termuda yang Mencetak Gol saat Debut EuroFerenc Bene (mlsz.hu)

Ferenc Bene merupakan salah satu pesepak bola yang dihormati publik Hungaria. Ia memang tidak pernah membela klub-klub besar selama kariernya. Namun, penampilan Bene di Euro berhasil mengukir rekor mentereng.

Ia sempat menjadi pencetak gol termuda Hungaria dalam sejarah keikutsertaan di Euro. Bene bahkan mengukir rekor tersebut saat baru menjalani laga debutnya di Euro. Ia mencetak gol dalam kekalahan Hungaria 1-2 atas Spanyol pada semifinal Euro 1964. Usianya saat itu masih 19 tahun 183 hari. Rekornya terpecahkan ketika rekan setimnya, Zoltan Varga, menorehkan gol dalam kemenangan 3-1 kontra Denmark pada perebutan tempat ketiga Euro 1964.

Baca Juga: 3 Tim Menang via Comeback Matchday 1 Fase Grup Euro 2024

2. Cristiano Ronaldo cetak gol di laga pembuka Euro 2004 saat berusia 19 tahun 128 hari

3 Remaja Termuda yang Mencetak Gol saat Debut EuroCristiano Ronaldo (uefa.com)

Cristiano Ronaldo merupakan wonderkid Portugal yang mampu membuat manajer Manchester Untied, Sir Alex Ferguson, kagum saat melihatnya saat masih membela Sporting Lisbon dalam laga pra musim 2003. Ferguson pun tidak pikir panjang untuk merekrutnya ke MU usai pertandingan tersebut. Ronaldo menjawab kepercayaan sang manajer dengan tampil memukau di English Premier League (EPL) lewat kemampuan dribling, kecepatan, dan naluri mencetak gol. Ia berhasil mengoleksi 40 penampilan dengan torehan 6 gol dan 8 assist di semua kompetisi pada 2003/2004.

Ronaldo kemudian dipanggil pelatih Timnas Portugal, Luiz Felipe Scolari, untuk tampil di Euro 2004. Ia langsung bikin gebrakan saat laga pembuka Euro 2004 dengan mencetak gol usai memanfaatkan sepak pojok dari Luis Figo pada injury time babak kedua. Usianya saat itu 19 tahun 128 hari.

3. Arda Guler bikin gol dalam laga pertamanya di Euro saat berusia 19 tahun 114 hari

3 Remaja Termuda yang Mencetak Gol saat Debut EuroArda Guler (uefa.com)

Arda Guler merupakan salah satu remaja Turki yang memiliki bakat sepak bola cukup menjanjikan pada 2023/2024. Ia sempat cedera parah saat baru bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2023. Akan tetapi, Guler menunjukkan kekuatan mentalnya dengan bangkit dan berhasil tampil dalam 10 pertandingan dengan torehan 6 gol di LaLiga Spanyol pada paruh kedua 2023/2024.

Arda Guler melanjutkan kegemilangannya saat tampil di Euro 2024 bersama Timnas Turki. Ia mencetak gol fantastis lewat sepakan melengkung dari luar kotak penalti saat Turki menang 3-1 atas Georgia dalam laga pertama pada fase grup. Guler kala itu masih berusia 19 tahun 114 hari.

Ketiga pemain muda di atas sukses menampilkan potensinya lewat torehan gol dalam laga pertamanya di Euro. Uniknya, Bene dan Ronaldo harus menelan kekalahan ketika membobol gawang lawannya dalam pertandingan perdananya di Euro. Sementara itu, Guler sukses menampilkan performa apik lewat golnya dan membawa Turki menang 3-1 atas Georgia pada Euro 2024.

Baca Juga: 5 Pemain Nomor 10 Inggris yang Cetak Gol di Euro, Ada Bellingham

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya