3 Rekor Apik Luka Modric Selama Tampil dalam 4 Edisi Euro

Catatannya masih bisa bertambah #EURO2024

Luka Modric akan melakoni Euro untuk kelima kalinya pada 2024. Ia sendiri pertama kali mencuri perhatian publik sepak bola dunia saat bersinar bersama Timnas Kroasia di Euro 2008. Modric kala itu masih berstatus pemain muda berbakat milik Dinamo Zagreb.

Ia kini sudah tidak muda lagi. Usianya sudah memasuki 38 tahun. Modric akan menjadi salah satu pemain veteran yang tampil di Euro 2024 selain Cristiano Ronaldo dan Olivier Giroud. Berbagai rekor pun telah ia ciptakan selama membela Timnas Kroasia di Piala Eropa.

Berikut tiga rekor apik Luka Modric selama tampil dalam empat edisi Euro bersama Timnas Kroasia.

1. Pemain termuda yang mencetak gol di Euro

3 Rekor Apik Luka Modric Selama Tampil dalam 4 Edisi EuroLuka Modric mencetak gol ke gawang Austria pada Euro 2008. (uefa.com)

Luka Modric pertama kali bermain di Euro pada 2008. Ia langsung dipilih sebagai starter dalam laga perdananya melawan tuan rumah, Austria, pada babak grup. Modric bermain sebagai gelandang serang di belakang dua striker utama, Ivica Olic dan Mladen Petric.

Pertandingan tersebut berjalan cukup sengit dan alot. Wasit sempat menunjuk titik putih bagi Kroasia setelah Olic dilanggar di dalam kotak penalti oleh pemain Timnas Austria pada babak pertama menit ke-4. Modric ditunjuk sebagai penendang dalam laga tersebut. Ia sukses menjalankan tugasnya dengan baik sehingga Timnas Kroasia unggul 1-0. Keunggulan tersebut bertahan sampai wasit meniup peluit tanda laga usai. Modric menjadi pencetak gol termuda Kroasia dengan usia yang kala itu masih 22 tahun 273 hari.

Baca Juga: 7 Pemain Brentford yang Akan Berlaga di Euro 2024

2. Pencetak gol tertua dalam sejarah partisipasi Timnas Kroasia di Euro

3 Rekor Apik Luka Modric Selama Tampil dalam 4 Edisi EuroLuka Modric (uefa.com)

Selain menjadi pencetak gol termuda, Luka Modric juga menjadi pemain paling tua yang sukses merobek gawang lawan di Euro. Hal tersebut terjadi ketika Timnas Kroasia menghadapi Timnas Skotlandia pada babak grup Euro 2020. Modric saat itu sudah menjadi kapten Timnas Kroasia dan bermain bersama Mateo Kovacic serta Marcelo Brozovic di lini tengah.

Nikola Vlasic membuka keunggulan Kroasia atas Skotlandia lewat golnya pada menit ke-17. Pemain Skotlandia, Callum McGregor, kemudian menyamakkan kedudukan pada menit ke-42. Modric lalu mencetak gol fantastis dari luar kotak penalti setelah menerima operan dari Kovacic pada menit ke-62.

Usianya saat menorehkan gol tersebut sudah memasuki 35 tahun 286 hari. Modric berhasil memberikan assist kepada gol Ivan Perisic pada menit ke-77. Kroasia sukses meraih kemenangan 3-1 atas Skotlandia.

3. Pemain Timnas Kroasia dengan koleksi penampilan terbanyak di Euro

3 Rekor Apik Luka Modric Selama Tampil dalam 4 Edisi EuroLuka Modric (fifa.com)

Luka Modric menjadi pemain paling senior di Timnas Kroasia di Euro 2024. Ia menjadi satu-satunya pemain Kroasia yang pernah bermain dalam empat edisi Euro berbeda pada 2008, 2012, 2016, dan 2020. Tidak heran Modric tercatat sebagai pemain yang mengoleksi penampilan terbanyak dalam sejarah sepak bola Kroasia di Euro.

Ia sejauh ini telah bermain dalam 13 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 2 assist di Euro sejak 2008. Jumlah penampilannya akan bertambah saat tampil pada 2024. Modric diprediksi bakal memimpin skuad Kroasia saat menghadapi Spanyol pada laga pertama babak Grup B.

Itulah tiga rekor apik Luka Modric selama tampil di Euro bersama Timnas Kroasia. Usianya yang sudah memasuki 38 tahun tidak menurunkan kualitas permainannya. Modric membuktikannya selama membela Real Madrid pada 2023/2024.

Meski sudah tidak bermain sebagai starter secara reguler, ia mampu memberikan perubahan ketika masuk sebagai pemain pengganti. Modric tampil dalam 46 laga dengan torehan 2 gol serta 8 assist di semua kompetisi. Ia tentu berambisi meraih gelar juara pertamanya di turnamen internasional setelah menjadi runner-up Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2023.

Baca Juga: 3 Fakta Unik Timnas Georgia, Satu-satunya Debutan di Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya