4 Rekor Apik dalam Karier Panjang Raphael Varane

Tidak ada yang terjadi saat membela MU

Intinya Sih...

  • Raphael Varane memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada 25 September 2024 setelah cedera parah dan akhir kontrak dengan Como 1907.
  • Varane mencetak rekor sebagai pemain termuda RC Lens debut di Ligue 1 dan pencetak gol termuda dalam sejarah partisipasi RC Lens di Ligue 1.
  • Varane tampil bersama Timnas Prancis pada usia muda, menjadi kapten Timnas Prancis, meraih gelar juara bergengsi bersama Real Madrid, dan berkontribusi besar dalam Piala Dunia.

Raphael Varane memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada 25 September 2024. Melalui akun media sosialnya, ia mengumumkan keputusan gantung sepatu itu. Padahal, Varane masih berusia 31 tahun. Akan tetapi, cedera parah membuat ia dan Como 1907 sepakat mengakhiri kontrak kerja sama.

Raphael Varane termasuk salah satu bek terbaik yang pernah Prancis miliki pada abad ke-21. Ia telah mengukir berbagai rekor apik baik di level klub maupun tim nasional. Berikut empat rekor apik yang Varane torehkan selama berkarier sebagai pemain. 

1. Pencetak gol termuda RC Lens di Ligue 1 sejak 2000

4 Rekor Apik dalam Karier Panjang Raphael VaraneRaphael Varane (instagram.com/ligue1mcdonalds)

Raphael Varane menimba ilmu sepak bola di akademi RC Lens. Ia merintis kariernya sebagai pemain mulai dari RC Lens U-19 sampai tim senior. Varane langsung menciptakan sensasi ketika melakoni debutnya bersama RC Lens di Ligue 1. Ia mencatat rekor sebagai pemain termuda RC Lens ketiga yang debut di Ligue 1 pada abad ke-21 atau sejak 1999/2000. Varane kala itu tampil saat tampil sebagai starter di usianya yang baru 17 tahun 6 bulan 13 hari.

Ditambah lagi, Varane berhasil menciptakan rekor apik lainnya bersama RC Lens di Ligue 1. Ia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah partisipasi RC Lens di Ligue 1 sejak 1999/2000. Varane kala itu mencetak gol ke gawang SM Caen ketika usianya baru menginjak 18 tahun 12 hari. Rekor ini masih bertahan hingga artikel ini diterbitkan.

Baca Juga: 6 Manajer yang Paling Sering Memainkan Raphael Varane di Level Klub

2. Kapten termuda kedua Timnas Prancis

4 Rekor Apik dalam Karier Panjang Raphael VaraneRaphael Varane (x.com/EURO2024)

Raphael Varane tampil bersama Timnas Prancis untuk pertama kali pada 22 Maret 2013. Prancis kala itu menang 3-1 atas Georgia dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa. Varane kala itu baru pindah ke Real Madrid. Ia melakoni debutnya bersama Les Bleus saat usianya 19 tahun 10 bulan 25 hari.

Ia langsung mendapat kepercayaan menjadi kapten Timnas Prancis dalam laga uji coba menghadapi Armenia pada 14 Oktober 2014. Varane kala itu menggantikan Blaise Matuidi sebagai kapten pada awal babak kedua. Ia masih berusia 21 tahun saat mengenakan ban kapten tersebut. Varane menjadi pemain termuda kedua yang dipercaya sebagai kapten Timnas Prancis.

3. Pemain Prancis kedua dengan koleksi trofi juara UCL terbanyak

4 Rekor Apik dalam Karier Panjang Raphael VaraneRaphael Varane (realmadrid.com)

Raphael Varane memasuki masa-masa terbaik dalam kariernya ketika membela Real Madrid pada 2011--2021. Ia telah meraih berbagai gelar juara bergengsi dan selalu menjadi andalan di lini belakang di bawah kepelatihan Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, dan Zinedine Zidane. Varane menjuarai LaLiga Spanyol sebanyak 3 kali, Liga Champions Eropa (UCL) 4 kali, dan Piala Dunia Antarklub 4 kali.

Ia mencatat rekor sebagai pemain Prancis kedua yang mengoleksi gelar juara Liga Champions Eropa. Koleksi titel juara UCL Varane masih kalah dengan Karim Benzema yang menjuarainya lima kali bersama Real Madrid. Meski begitu, pencapaiannya dalam merengkuh gelar juara UCL sebanyak empat kali merupakan suatu kebanggaan tersendiri dalam kariernya.

4. Pemain Prancis ketiga yang paling sering tampil di Piala Dunia

4 Rekor Apik dalam Karier Panjang Raphael VaraneRaphael Varane (fifa.com)

Raphael Varane melakoni debutnya di Piala Dunia pada edisi 2014. Ia kala itu bermain sebagai bek tengah utama bersama Mamadou Sakho dalam kemenangan 3-0 atas Honduras di fase grup. Sayangnya, langkah Les Bleus terhenti di perempat final setelah kalah 0-1 dari Jerman.

Varane termasuk salah satu pemain yang punya kontribusi besar dalam perjalanan Timnas Prancis meraih gelar juara Piala Dunia 2018. Ia secara konsisten menjadi starter dan bermain penuh selama 90 menit sejak laga pertama fase grup sampai final. Varane juga membantu Prancis mencapai final Piala Dunia untuk kedua kalinya pada edisi 2022. Ia mengoleksi total 18 penampilan di Piala Dunia bersama Timnas Prancis. Varane menjadi pemain Prancis ketiga dengan koleksi penampilan terbanyak di Piala Dunia setelah Hugo Lloris dan Antoine Griezmann.

Raphael Varane telah melalui karier yang begitu cemerlang baik di level klub maupun tim nasional. Selain meraih gelar juara Piala Dunia 2018, ia juga berkontribusi kala memenangi Nations League pada 2020/2021. Raphael Varane juga turut berjasa membantu Manchester United memutus paceklik gelar juara ketika merengkuh titel juara Piala Liga Inggris 2022/2023 dan Piala FA 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pemain yang Paling Sering Bermain Bersama Raphael Varane

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya