Rodrigo Riquelme, Calon Bintang Masa Depan Atletico Madrid dan Spanyol

Penerus Antoine Griezmann

Atletico Madrid meraih kemenangan 2-1 atas Deportivo Alaves dalam pertandingan LaLiga Spanyol pekan ke-11 pada 29 Oktober 2023. Dua gol Atletico Madrid dicetak oleh Rodrigo Riquelme dan Alvaro Morata pada babak pertama, sementara Deportivo Alaves hanya bisa membalas lewat gol dari Ander Guavara pada injury time babak kedua. Hasil ini membuat Atletico Madrid menggeser Barcelona dari peringkat ke-3 dengan raihan 25 poin.

Salah satu pemain yang bersinar dalam pertandingan tersebut adalah Rodrigo Riquelme. Ia kini tengah dalam momentum terbaiknya bersama Atletico Madrid setelah mencetak gol ke gawang Deportivo Alaves. Riquelme merupakan produk asli akademi Atletico Madrid.

Pemain berusia 23 tahun itu disebut-sebut sebagai penerus Antoine Griezmann karena dapat bermain di posisi yang sama, yaitu gelandang serang di belakang striker atau sayap kanan. Akan tetapi, belum banyak fans yang mengenal sosok Riquelme ini. Berikut tiga fakta unik seputar Rodrigo Riquelme.

1. Bergabung dengan akademi Atletico Madrid sejak usianya masih 10 tahun

Rodrigo Riquelme, Calon Bintang Masa Depan Atletico Madrid dan SpanyolRodrigo Riquelme (en.atleticomadrid.com)

Riquelme lahir di Madrid pada 2 April 2000. Pemain yang memiliki nama pendek Roro ini memulai perjalanannya di Atletico Madrid ketika masuk ke akademi saat usianya masih 10 tahun pada 2010. Ia sebelumnya sempat menimba ilmu di akademi Real Zaragoza dan Rayo Vallecano.

Riquelme sempat bermain untuk tim junior Atletico Madrid di level U-17 dan U-19 sebelum masuk ke tim B yang bermain di Segunda Division. Bakatnya sudah mendapatkan perhatian dari manajer Atletico Madrid, Diego Simeone. Ia mulai melakukan debutnya di tim senior saat Los Colchoneros melawan SD Eibar di LaLiga Spanyol pada 1 September 2019.

2. Sempat dipinjamkan kepada AFC Bournemouth

https://www.youtube.com/embed/GByitPzlio8

Manajemen Atletico Madrid membuat keputusan mengejutkan terkait masa depan Riquelme. Ia dikirim ke Inggris untuk menjalani masa peminjaman bersama AFC Bournemouth yang bermain di EFL Championship. Atletico Madrid bahkan memasukkan opsi pembelian permanen ke dalam kontrak peminjaman Riquelme.

Dilansir BBC, Riquelme mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersemangat dengan kepindahanya kepada AFC Bournemouth. Ia memiliki misi untuk meningkatkan kualitas permainannya. Di sisi lain, manajer Bournemouth saat itu, Jason Tindall, menyebut Riquelme sebagai bakat muda yang memiliki kualitas menjanjikan untuk masa depan.

Riquelme total tampil dalam 19 pertandingan dengan catatan 2 gol di seluruh kompetisi bersama Bournemouth. Ia kemudian kembali ke Spanyol dan menjalani masa peminjaman bersama CD Mirandes dan Girona. Riquelme tampil apik di Girona dengan torehan 5 gol dan 4 assist dari 35 pertandingan di seluruh kompetisi.

3. Mencetak dua gol untuk Atletico Madrid pada awal 2023/2024

https://www.youtube.com/embed/ZrQXWJMF6Us

Diego Simeone memasukkan nama Riquelme sebagai bagian dari skuad utama Atletico Madrid untuk LaLiga Spanyol 2023/2024. Kepercayaan sang manajer tidak disia-siakan oleh Riquelme. Ia sejauh ini telah mencetak 2 gol dari 10 penampilan di semua kompetisi.

Gol pertamanya ia lakukan saat Atletico Madrid menang 2-0 atas Osasuna dalam pertandingan LaLiga pekan ke-7 pada babak pertama. Sementara itu, gol keduanya terjadi ketika Los Colchoneros mengalahkan Deportivo Alaves 2-1 di LaLiga pekan ke-11. Riquelme bermain penuh selama 90 menit dalam pertandingan tersebut.

Kehadiran Rodrigo Riquelme menunjukkan bahwa Atletico Madrid mampu menghasilkan pemain muda berbakat yang akan menjadi bintang di masa depan. Los Colchoneros sebelumnya sudah mengorbitkan pemain bintang seperti Fernando Torres, Koke, dan Saul Niguez yang sukses menjadi ikon klub. Akankah Riquelme mampu mengikut jejak para seniornya tersebut? Menarik untuk mengikuti sepak terjang pemain asal Spanyol ini.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Selatan yang Mengisi Skuad Atletico Madrid 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya