Profil Omari Forson, Sosok di Balik Gol Kemenangan MU atas Wolves

Wonderkid baru jebolan akademi

Manchester United banyak mengorbitkan talenta terbaik dari akademinya pada 2023/2024. Manajer MU, Erik ten Hag, tidak ragu dalam memainkan lulusan akademi yang dinilai cukup berbakat. Sebut saja Kobbie Mainoo, Daniel Gore, dan Alejandro Garnacho yang sudah mencatat penampilan di skuad utama Manchester United pada 2023/2024.

Selain ketiga nama tersebut, ten Hag juga mengorbitkan Omari Forson. Remaja 19 tahun tersebut memberikan assist kepada Mainoo saat mencetak gol kemenangan MU 4-3 atas Wolverhampton Wanderers.

Forson masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua menit ke-86. Ia melakukan kombinasi apik dengan Kobbie Mainoo dalam proses gol keempat bagi MU pada injury time babak kedua. Meski begitu, namanya tidak begitu diberitakan karena Mainoo berhasil mencuri perhatian berkat golnya.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Omari Forson? Mari mengenalnya lebih dalam. Berikut tiga fakta menarik seputar pemain asal Inggris berusia 19 tahun itu.

1. Sempat menimba ilmu di akademi West Ham United dan Tottenham Hotspur

Profil Omari Forson, Sosok di Balik Gol Kemenangan MU atas WolvesOmari Forson (manutd.com)

Omari Forson lahir di London pada 20 Juli 2004. Ia memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Inggris dan Ghana, yang merupakan latar belakang orangtuanya. Forson sejauh ini telah bermain di Timnas Inggris level junior sejak April 2019.

Sebelum bergabung dengan Manchester United, Forson terlebih dahulu menimba ilmu di akademi West Ham United dan Tottenham Hotspur. Ia pindah ke MU pada Januari 2019. Forson merintis kariernya sebagai pesepak bola dari tim U-18 dan U-21.

2. Seorang gelandang kreatif dengan insting mencetak gol

Profil Omari Forson, Sosok di Balik Gol Kemenangan MU atas WolvesOmari Forson (manutd.com)

Forson biasa bermain di posisi gelandang serang, winger kanan, dan kiri. Ia cocok dengan skema formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3. Forson dikenal sebagai gelandang kreatif yang memiliki insting mencetak gol yang cukup baik.

Forson telah mencuri perhatian ketika mampu menciptakan 9 gol dan 9 assist dari 43 pertandingan U18 Premier League dan FA Youth Cup bersama Manchester United U-18. Performanya makin meningkat ketika ia masuk ke tim MU U-21. Ia mampu mencetak 15 gol dan 6 assist dalam 36 laga di semua kompetisi. Performanya di level junior akhirnya berhasil menarik perhatian Erik ten Hag. Forson mendapat kesempatan tampil di skuad utama MU saat menghadapi Wigan Athletic di babak ketiga Piala FA pada 2023/2024.

3. Cukup diandalkan oleh Timnas Inggris di level junior

Profil Omari Forson, Sosok di Balik Gol Kemenangan MU atas WolvesOmari Forson (manutd.com)

Performa apik Forson selama bermain di kompetisi level junior bersama Manchester United telah mengundang perhatian dari federasi sepak bola Inggris (FA). Ia memenuhi panggilan ke Timnas Inggris U-15 yang dilatih oleh Justin Cochrane. Forson melakoni debutnya di laga internasional saat melawan Timnas Italia U-15.

Ia tidak mencetak gol maupun assist selama bermain untuk Timnas Inggris U-15. Forson lalu naik level ke Timnas Inggris U-16 dan menorehkan rekor 4 kali bermain tanpa memberikan assist. Sementara itu, ia membela Timnas Inggris U-19 ketika bermain dalam 5 laga dan mencetak 2 gol serta 1 assist dalam laga Kualifikasi Euro U-19. Forson kini masuk ke dalam skuad Timnas Inggris U-20. 

Ketiga fakta di atas menunjukkan bahwa Forson memiliki segudang potensi untuk menjadi pemain hebat. Ia mampu bermain di berbagai posisi gelandang serang, memiliki insting mencetak gol tinggi, dan visi permainan. Perjalanan Forson sebagai pesepak bola masih panjang. Ia perlu bersabar dan menjaga sikap profesionalnya agar mampu memaksimalkan potensi terbaiknya.

Baca Juga: 4 Pencetak Gol Termuda Manchester United pada 2023/2024, Ada Mainoo!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya