Francesco Camarda, Remaja 15 Tahun yang Pecahkan Rekor Paolo Maldini

Kabar baik bagi AC Milan dan Timnas Italia

Francesco Camarda mengukir sejarah ketika masuk menggantikan Luka Jovic dalam laga Serie A Italia pekan ke-13 melawan Fiorentina pada 25 November 2023. Ia menjadi debutan termuda dalam sejarah Serie A Italia dan AC Milan saat bermain selama 7 menit pada babak kedua. Camarda masih berusia 15 tahun 260 hari saat melakoni laga perdananya di Serie A Italia.

Ia mendapat panggilan ke skuad senior I Rossoneri akibat krisis yang terjadi di lini depan. Olivier Giroud tengah mendapatkan hukuman larangan tampil. Sementara itu, Noah Okafor mengalami cedera. Alhasil, AC Milan hanya menyisakan Luka Jovic sebagai satu-satunya striker.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Francesco Camarda? Berikut profil dan fakta unik seputar jebolan akademi AC Milan itu.

1. Profil dan Biodata

Francesco Camarda, Remaja 15 Tahun yang Pecahkan Rekor Paolo MaldiniFrancesco Camarda (instagram.com/camardafrancesco9)
  • Nama: Francesco Camarda
  • Tanggal lahir: 10 Maret 2008
  • Tempat kelahiran: Milano
  • Kewarganegaraan: Italia
  • Tinggi: 1,84 m
  • Posisi: Depan-Tengah
  • Klub saat ini: Milan Primavera
  • Bergabung: 1 Juli 2023 

2. Masuk ke akademi AC Milan saat usianya 10 tahun

Francesco Camarda, Remaja 15 Tahun yang Pecahkan Rekor Paolo MaldiniFrancesco Camarda (instagram.com/camardafrancesco9)

Camarda merupakan remaja kelahiran kota Milano pada 10 Maret 2008. Ia menimba ilmu sepak bola di sekolah Afforese di kota Milano pada 2014. Camarda berlatih sepak bola bersama akademi AC Milan saat ia masih belajar di Afforese sebelum akhirnya bergabung secara permanen pada 2015.

Awalnya, Camarda bermain sebagai seorang pemain bertahan ketika pertama kali berlatih bersama AC Milan. Namun, ia memiliki fisik kuat, kemampuan dribel ciamik, dan insting mencetak gol tajam. Alhasil, Camarda lebih sering dimainkan sebagai seorang striker.

3. Bermain luar biasa bersama tim junior AC Milan

Francesco Camarda, Remaja 15 Tahun yang Pecahkan Rekor Paolo MaldiniFrancesco Camarda (instagram.com/camardafrancesco9)

Camarda memulai perjalanannya di AC Milan dari tim U-17. Ia mencetak 3 gol dari 3 penampilannya di semua kompetisi. Camarda menunjukkan penampilan terbaiknya ketika tampil dalam pertandingan UEFA Youth League.

Ia berhasil mencetak dua gol ketika mengalahkan Newcastle United dengan skor 4-0 pada 19 September 2023. Camarda mencetak 2 gol dan 1 assist selama 90 menit bermain di laga tersebut. Torehan tersebut membuatnya mencatat rekor sebagai pemain Italia termuda yang mencetak gol di ajang Youth League. Camarda masih berusia 15 tahun dan 195 hari.

Rekor sebelumnya dimiliki oleh Fabrizio Caligara yang menorehkan gol di UEFA Youth League ketika berumur 16 tahun 189 hari. Camarda total mencetak 3 gol dan 3 assist selama bermain di UEFA Youth League. Sementara itu, Camarda baru mencetak 1 gol dan 1 assist di Primavera 1 pada 2023/2024. Primavera 1 merupakan liga khusus untuk tim junior klub-klub Italia.

4. Sukses memecahkan rekor Paolo Maldini di Serie A Italia

Francesco Camarda, Remaja 15 Tahun yang Pecahkan Rekor Paolo MaldiniFrancesco Camarda (legaseriea.it)

Camarda berhasil mencuri perhatian ketika tampil di Serie A Italia pekan ke-13 melawan Fiorentina pada 25 November 2023. Ia menjadi pemain paling muda AC Milan yang melakukan debut di Serie A Italia. Camarda memecahkan rekor Paolo Maldini yang telah bertahan selama 38 tahun.

Camarda menjalani laga perdananya di skuad utama AC Milan di Serie A Italia saat usianya 15 tahun, 8 bulan, dan 15 hari. Sementara itu, Maldini pertama kali bermain di tim utama I Rossoneri ketika berusia 16 tahun, 6 bulan, dan 25 hari pada Januari 1985. Camarda tidak membuat dampak yang signifikan terhadap permainan AC Milan selama 7 menit tampil.

Meski begitu, penampilannya mendapat pujian dari manajer AC Milan, Stefano Pioli. Dilansir ESPN, Pioli menyebut Camarda sebagai pemain muda yang memiliki etos kerja tinggi dan sikap yang dewasa. Selain itu, bek AC Milan, Fikayo Tomori, kagum dengan pencapaian Camadra yang mampu tampil di level tertinggi saat usianya masih 15 tahun.

Kemunculan Camarda merupakan kabar baik bagi AC Milan dan Timnas Italia yang tengah melakukan regenerasi dalam skuadnya. Dilansir Transfermarkt, Camarda telah mencetak 4 gol dari 6 penampilannya bersama Timnas Italia U-17. Ia bisa memiliki prospek masa depan bagi klub dan negaranya dengan tetap fokus dalam mengembangkan permainannya.

Baca Juga: 3 Debutan Termuda dalam Sejarah AC Milan, Camarda Terbaru!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya