Alessandro Buongiorno, Bintang Torino dan Calon Legenda Timnas Italia

Komoditas hangat bursa transfer musim panas 2024

Manajer Timnas Italia, Luciano Spalletti, membawa beberapa debutan yang baru pertama kali tampil di Euro. Salah satunya Alessandro Bungiorno, rising star Torino yang tampil apik di Serie A Italia pada 2023/2024. Ia menjadi bagian dari proyek regenerasi lini belakang Timnas Italia usai ditinggal para legendanya, seperti Leonardo Bonucci dan Georgio Chiellini.

Tidak banyak yang mengenal sosok Buongiorno. Ia termasuk pemain penuh potensi yang siap mengawal lini belakang Gli Azzurri pada Euro 2024. Berikut profil lengkap pemain berusia 25 tahun itu.

1. Bermain sebagai bek tengah sejak menimba ilmu di akademi Torino

Alessandro Buongiorno, Bintang Torino dan Calon Legenda Timnas ItaliaAlessandro Buongiorno (instagram.com/ale.bongio)

Buongiorno merupakan putra asli kelahiran Torino pada 6 Juni 1999. Ia sudah masuk ke akademi Torino sejak usia dini. Buongiorno perlahan membangun kariernya sebagai pesepak bola mulai dari level Torino U-17 dan U-19. Ia sempat menjalani dua kali masa peminjaman bersama Carpi dan Trapani sebelum bermain secara reguler di skuad utama Torino pada 2020/2021.

Buongiorno sudah bermain sebagai bek tengah sejak masih belajar di akademi Torino. Menurut Transfermarkt, ia sudah bermain sebagai bek tengah dalam 205 pertandingan di semua kompetisi bersama Torino, Carpi, Trapani, dan Timnas Italia. Selain bek tengah, Buongiorno tercatat pernah mengambil peran sebagai bek kiri dalam 10 laga dan posisi gelandang sentral sisi kiri sebanyak 3 pertandingan.

2. Merintis karier internasional dari Timnas Italia U-18

Alessandro Buongiorno, Bintang Torino dan Calon Legenda Timnas ItaliaAlessandro Buongiorno (instagram.com/ale.bongio)

Buongiorno mengawali kiprahnya di level internasional sejak debut bersama Timnas Italia U-18 pada Oktober 2016. Ia kala itu tampil dalam enam pertandingan laga uji coba. Buongiorno langsung naik ke level U-19 pada Agustus 2017. Buongiorno tampil dalam pertandingan persahabatan dan kualifikasi Euro U-19 sebagai bek tengah. Ia total mengoleksi sembilan caps di Timnas Italia U-19.

Buongiorno lalu naik level ke Timnas Italia U-20 dan turut berpartisipasi pada Piala Dunia U-20 2019. Sayangnya, ia hanya tampil sekali ketika Italia seri 0-0 kontra Jepang pada babak grup. Buongiorno total tampil dalam 10 laga bersama Timnas Italia U-20. Ia sempat membela Timnas Italia U-21 saat berlaga di kualifikasi Euro U-21 melawan Republik Irlandia dan Swedia pada 2020. Namun, Buongiorno mendapat panggilan dari Roberto Mancini untuk memperkuat skuad senior pada Nations League 2023.

3. Menjadi incaran klub-klub besar Eropa setelah tampil apik pada 2023/2024

Alessandro Buongiorno, Bintang Torino dan Calon Legenda Timnas ItaliaAlessandro Buongiorno (instagram.com/ale.bongio)

Buongiorno terus mengalami grafik peningkatan dalam kualitas permainannya. Ia menunjukkannya saat membela Torino di Serie A Italia pada 2023/2024. Dilansir Fotmob, Buongiorno memenangkan tekel 39 kali, duel bola bawah 187 kali, dan duel udara 80 kali. Ia juga melakukan 69 intersep, memenangkan penguasaan bola 127 kali, dan persentase akurasi umpan silangnya mencapai 33 persen.

Berkat penampilan gemilang tersebut, klub-klub besar Eropa dikabarkan menaruh minat kepadanya. Menurut Football-Italia, Buongiorno tengah diincari Inter Milan, Napoli, Juventus, dan Tottenham Hotspur. Dilansir Sport Mediaset, ia menanggapi ketertarikan Tottenham. Buongiorno mengatakan English Premier League (EPL) kompetisi yang menarik dan menantang, tetapi dirinya merasa bahagia di Serie A Italia. Ia juga mengungkapkan ambisinya untuk menjuarai Liga Champions Eropa dan Piala Dunia seperti kebanyakan anak-anak yang menyukai sepak bola.

Pemanggilan Buongiorno ke Timnas Italia untuk Euro 2024 menjadi nilai positif bagi proyek masa depan Gli Azzurri. Pasalnya, mereka tengah melakukan regenerasi di dalam skuad seniornya dan membangun fondasi dengan para pemain muda. Buongiorno bisa menjadi calon legenda Timnas Italia jika mampu tampil apik secara konsisten di level klub dan internasional.

Baca Juga: 3 Pemain Timnas Italia di Euro 2024 yang Mentas di Luar Serie A

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya