Aleix Garcia, Sosok Kunci Baru di Lini Tengah Bayer Leverkusen

Termasuk pemain underrated

Bayer Leverkusen mengumumkan pembelian pertamanya pada bursa transfer musim panas 2024. Juara Bundesliga 2023/2024 itu secara resmi memperkenalkan Aleix Garcia sebagai gelandang baru pada Juni 2024. Ia menandatangani kontrak jangka panjang berdurasi 5 tahun.

Garcia merupakan sosok kunci bagi Girona yang berhasil finis di peringkat empat besar LaLiga Spanyol pada 2023/2024. Jebolan akademi Manchester City itu kini membuka lembaran baru bersama Bayer Leverkusen. Garcia bakal memainkan peran krusial bagi lini tengah Die Werkself demi bersaing kembali di papan atas Bundesliga dan melangkah jauh di Liga Champions Eropa.

Lalu, bagaimana perjalanan karier Aleix Garcia? Berikut profil lengkap pemain berusia 26 tahun itu.

1. Sempat mengalami kesulitan saat gagal menembus skuad utama Manchester City

Aleix Garcia, Sosok Kunci Baru di Lini Tengah Bayer LeverkusenAleix Garcia saat masih membela Manchester City. (bundesliga.com)

Aleix Garcia mengawali kiprahnya sebagai pesepak bola bersama akademi Villarreal. Bakatnya sebagai gelandang sentral kemudian menarik perhatian Manchester City. Ia memutuskan menerima tawaran Manchester City dan bergabung dengan tim U-21 pada musim panas 2015.

Garcia melakoni debutnya di skuad utama Manchester City ketika menghadapi Chelsea pada babak kelima Piala FA Februari 2016. Akan tetapi, ia kesulitan bersaing dengan gelandang Manchester City lainnya, seperti Fernandinho, Yaya Toure, dan Ilkay Gundogan. Garcia akhirnya dipinjamkan kepada Mouscron. Manchester City memutuskan melepasnya secara gratis kepada FC Dinamo Bucharest pada Oktober 2020.

2. Bangkit dari keterpurukan saat membela FC Dinamo Bucharest dan SD Eibar

Aleix Garcia, Sosok Kunci Baru di Lini Tengah Bayer LeverkusenAleix Garcia (bundesliga.com)

Dilansir laman resmi Bundesliga, Garcia menceritakan bagaimana kepindahannya dari Manchester City ke FC Dinamo Bucharest menjadi awal kebangkitannya. Ia bekerja sama dengan dokter psikologi saat masa-masa sulitnya di FC Dinamo Bucharest. Garcia banyak mengubah pola pikirnya dan berkembang pesat dari segi mental. Hal tersebut berdampak kepada performanya di atas lapangan.

Garcia hanya bertahan 6 bulan di FC Dinamo Bucharest sebelum memutuskan kembali ke Spanyol bersama SD Eibar pada Januari 2021. Ia memang hanya bermain dalam 11 laga LaLiga Spanyol dengan sekali memberikan assist pada 2020/2021. Namun, catatan tersebut cukup membuat Girona, klub yang berada di bawah naungan City Football Group, merekrut Garcia pada Juli 2021.

3. Ikut membawa Girona promosi ke LaLiga Spanyol sampai akhirnya finis di empat besar

Aleix Garcia, Sosok Kunci Baru di Lini Tengah Bayer LeverkusenEric Garcia (instagram.com/ericgm3)

Garcia sebelumnya pernah membela Girona pada periode 2017--2019. Ia kala itu masih berstatus sebagai pemain pinjaman dari Manchester City. Garcia kembali ke Girona dengan status permanen pada Juli 2021. Girona kala itu masih bermain di Segunda Division.

Namun, kepindahannya ke Girona bukan suatu kemunduran bagi Garcia. Langkah ini justru menjadi awal perjalanan karier luar biasa baginya. Garcia sukses membawa Girona promosi ke LaLiga Spanyol setelah memainkan 45 laga dengan torehan 1 gol dan 5 assist di semua kompetisi pada 2021/2022. Ia kemudian turut berkontribusi dalam mempertahankan posisi Girona di LaLiga Spanyol lewat catatan 32 penampilan serta menciptakan 1 gol dan 6 assist di semua kompetisi pada 2022/2023.

Puncaknya, Garcia menjadi sosok penting di lini tengah Girona kala finis di peringkat ketiga LaLiga Spanyol pada 2023/2024. Ia tampil dalam 40 pertandingan dan mencetak 3 gol serta 6 assist di semua kompetisi. Performa Garcia akhirnya menarik perhatian manajer Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, untuk merekrutnya pada musim panas 2024.

Garcia termasuk pemain yang kurang mendapat sorotan meski bermain apik sebagai gelandang bertahan. Ia bahkan tidak masuk Timnas Spanyol untuk Euro 2024. Meski begitu, Alonso melihat potensi besar dalam diri Garcia sebagai gelandang dengan kemampuan visi permainan serta ketenangannya dalam menghadapi pemain lawan. Ia disebut-sebut bakal menjadi sosok kunci Bayer Leverkusen untuk bersaing lagi di papan atas Bundesliga.

Baca Juga: 4 Pemain Terakhir yang Direkrut Bayer Leverkusen dari Ligue 1

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya