3 Pencetak Gol Tertua Kroasia dalam Sejarah Euro

Rekor baru tercipta di Euro 2024 #EURO2024

Pemain veteran Timnas Kroasia beberapa kali menampilkan aksi-aksi memukau saat berlaga di Euro. Salah satunya dengan mencetak gol. Mereka membuktikan kematangan mental dalam menjaga kualitas permainan di kompetisi sengit dengan intensitas tinggi seperti Euro.

Berikut tiga pencetak gol tertua Kroasia dalam sejarah Euro. Sebagian dari para pemain veteran ini mampu menyelematkan Kroasia dari kekalahan.

1. Niko Kovac mencetak gol pembuka kontra Inggris di Euro 2004 ketika berusia 32 tahun

3 Pencetak Gol Tertua Kroasia dalam Sejarah EuroNiko Kovac (uefa.com)

Niko Kovac menorehkan total 83 penampilan dengan catatan 14 gol dan 4 assist di semua kompetisi bersama Timnas Kroasia. Dari 83 penampilan itu, 6 di antaranya terjadi saat Kroasia berlaga di Euro. Kovac sendiri berpartisipasi dalam dua edisi Euro pada 2004 dan 2008.

Ia sukses mencetak satu gol ketika Kroasia menghadapi Inggris di laga ketiga pada fase grup. Kovac menjebol gawang Inggris lewat sepakan kaki kanannya. Usianya saat itu 32 tahun. Sayangnya, Kroasia tersingkir pada babak grup setelah kalah 2-4 kontra Inggris dalam laga tersebut.

Baca Juga: 3 Pemain Kroasia Paling Tua yang Berlaga di Euro

2. Andrej Kramaric menorehkan gol ke gawang Albania di Euro 2024 saat usianya 33 tahun

3 Pencetak Gol Tertua Kroasia dalam Sejarah EuroAndrej Kramaric (uefa.com)

Andrej Kramaric termasuk salah satu pemain senior Kroasia yang tampil di Euro 2024. Ia pernah membela Kroasia ketika berlaga di Euro 2016 dan 2020. Kramaric yang masih tampil prima di Bundesliga Jerman bersama TSG Hoffenheim kini menjadi tumpuan di lini depan Kroasia di Euro 2024.

Ia selalu menjadi starter dalam tiga pertandingan fase grup. Kramaric suskes mencetak gol perdananya di Euro ketika Kroasia melawan Albania di laga kedua pada babak grup. Ia kala itu sudah berusia 33 tahun. Akan tetapi, Kroasia gagal memetik kemenangan usai Albania mencetak gol penyeimbang lewat Klaus Gjasula pada menit 90+5. Pertandingan ini berakhir dengan skor 2-2.

3. Luka Modric bikin gol keunggulan Kroasia atas Italia di Euro 2024 saat usianya 38 tahun

3 Pencetak Gol Tertua Kroasia dalam Sejarah EuroLuka Modric (uefa.com)

Luka Modric menjadi satu-satunya pemain Kroasia yang pernah tampil dalam lima edisi Euro. Ia tidak pernah absen bermain untuk Kroasia sejak edisi 2008. Modric juga menjadi pemain paling tua Kroasia yang mencatat penampilan di Euro.

Ia kemudian memecahkan rekor lainnya sebagai pencetak gol tertua Kroasia di Euro saat menghadapi Italia. Modric sempat gagal mengeksekusi penalti, tetapi berhasil menorehkan gol pembuka keunggulan usai memanfaatkan bola muntah di depan gawang Italia. Ia kala itu sudah berusia 38 tahun. Sayangnya, gol Modric gagal membawa Kroasia lolos ke babak 16 besar usai Mattia Zaccagni mencetak gol penyeimbang pada menit 90+8. Pertandingan ini juga menjadi yang terakhir bagi Modric di Euro.

Ketiga figur di atas merupakan sosok yang dihormati dalam sepak bola Kroasia. Kovac telah dianggap sebagai salah satu bek terbaik Kroasia. Kramaric bersama Modric berhasil menciptakan sejarah dengan menembus final Piala Dunia 2018 dan meraih peringkat ke-3 pada 2022. Rekor Modric sebagai pencetak gol tertua Kroasia diprediksi akan sulit dipecahkan. Sebab, tidak banyak pesepak bola yang masih tampil prima saat usianya sudah memasuki 38 tahun.

Baca Juga: 6 Pemain Terpenting Skotlandia selama Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya