5 Pencetak Gol dalam Duel Atalanta versus Bayer Leverkusen di UEL

Semuanya kini sudah pindah ke klub lain

Intinya Sih...

  • Bayer Leverkusen dan Atalanta akan bertanding dalam final Liga Europa (UEL) pada 22 Mei 2024.
  • Meski baru bertemu dua kali, kedua tim sudah mencetak lima gol berbeda dalam laga antara mereka di UEL.
  • Charles Aranguiz membuka keunggulan Bayer Leverkusen dengan gol pada menit ke-11, sedangkan Ruslan Malinovskyi menyamakan kedudukan menjadi 1-1 untuk Atalanta pada menit ke-23.

Atalanta dan Bayer Leverkusen akan bertanding dalam laga final Liga Europa (UEL) pada 22 Mei 2024. Bayer Leverkusen masih belum terkalahkan di semua kompetisi, sementara Atalanta mengejutkan dengan menyingkirkan klub besar, macam Liverpool dan Olympique Marseille.

Atalanta dan Bayer Leverkusen tidak memiliki sejarah panjang di kompetisi antarklub Eropa. Mereka baru bertemu dua kali pada babak 16 besar UEL 2021/2022. Meski begitu, kedua laga tersebut berjalan cukup alot lantaran banyaknya gol tercipta. Setidaknya dari dua pertandingan itu saja, ada lima pencetak gol berbeda dalam laga Atalanta melawan Bayer Leverkusen di UEL.

1. Charles Aranguiz menorehkan satu gol pada leg pertama 16 besar UEL 2021/2022

5 Pencetak Gol dalam Duel Atalanta versus Bayer Leverkusen di UELCharles Aranguiz (bundesliga.com)

Charles Aranguiz membela Bayer Leverkusen pada periode 2015--2023. Pemain asal Chili itu tampil menghadapi Atalanta sebagai starter pada leg pertama babak 16 besar UEL 2021/2022. Ia bersama Exequiel Palacios dan Florian Wirtz bertugas membangun serangan dari lini tengah.

Charles Aranguiz berhasil membuka keunggulan Bayer Leverkusen pada babak pertama menit ke-11. Ia memanfaatkan umpan matang dari Florian Wirtz untuk merobek gawang Atalanta menggunakan kaki kanannya. Skor menjadi 1-0 untuk kemenangan Bayer Leverkusen.

Baca Juga: Perjalanan Atalanta Bergamo Tembus Final Coppa Italia 2023/2024

2.Ruslan Malinovskyi menorehkan gol penyama kedudukan

5 Pencetak Gol dalam Duel Atalanta versus Bayer Leverkusen di UELRuslan Malinovskyi (atalanta.it)

Ruslan Malinovskyi membela Atalanta pada periode 2019--2023. Ia termasuk salah satu pemain yang membawa Atalanta lolos ke Liga Champions Eropa dua kali pada 2019/2020 dan 2020/2021. Malinovskyi bisa bermain sebagai gelandang serang atau striker.

Manajer Atalanta, Gian Piero Gasperini, memainkan pemain asal Ukraina itu sebagai striker bersama dengan Luis Muriel saat menghadapi Bayer Leverkusen pada leg pertama 16 besar UEL 2021/2022. Strategi itu terbukti membuahkan hasil positif saat Malinovskyi mencetak gol penyama kedudukan menjadi 1-1. Ia berhasil memaksimalkan assist Muriel dengan sepakan kaki kirinya pada babak pertama menit ke-23.

3. Luis Muriel mencetak brace pada leg pertama 16 besar UEL 2021/2022

5 Pencetak Gol dalam Duel Atalanta versus Bayer Leverkusen di UELLuis Muriel (atalanta.it)

Luis Muriel menjadi striker utama ketika Atalanta menjamu Bayer Leverkusen di Stadion Atleti Azzurri d'Italia pada leg pertama babak 16 besar UEL 2021/2022. Ia berduet dengan Ruslan Malinovskyi dengan disokong oleh Teun Koopmeiners sebagai gelandang serang. Muriel berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan manajer Atalanta, Gian Piero Gasperini, dengan mencetak brace atau dua gol.

Muriel memanfaatkan umpan matang Malinovskyi dengan memasukkan bola ke gawang Bayer Leverkusen melalui kaki kirinya sehingga skor menjadi 2-1 pada menit ke-25. Ia dan Malinovskyi kembali menampilkan kerja sama apik saat proses gol ketiga Atalanta. Muriel kali ini menyelesaikan umpan Malinovskyi dengan tendangan kaki kanannya. Pemain asal Kolombia itu kini sudah tidak membela Atalanta setelah hengkang ke Orlando City pada Februari 2024.

4. Moussa Diaby menorehkan satu gol ke gawang Atalanta

5 Pencetak Gol dalam Duel Atalanta versus Bayer Leverkusen di UELMoussa Diaby (bundesliga.com)

Moussa Diaby membangun reputasinya sebagai salah satu winger berbakat saat pindah dari Paris Saint-Germain (PSG) ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2019. Ia mampu bersinar selama membela Die Werkself dengan menorehkan 49 gol dan 48 assist dari 172 laga di semua kompetisi. Diaby sendiri menjadi starter ketika Bayer Leverkusen bertandang ke markas Atalanta, Stadion Atleti Azzurri d'Italia, pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2021/2022.

Pemain asal Prancis itu bermain sebagai winger kanan dalam formasi 4-2-3-1. Diaby sukses menorehkan satu gol dan memperkecil ketertinggalan Leverkusen 2-3 atas Atalanta. Ia berhasil memanfaatkan umpan matang dari Amine Adli di sisi kanan dengan sepakan kaki kirinya. Sayangnya, Leverkusen gagal mencetak gol tambahan sehingga kalah 2-3 kontra Atalanta.

5. Jeremy Boga mencetak gol saat injury time pada leg kedua 16 besar UEL 2021/2022

5 Pencetak Gol dalam Duel Atalanta versus Bayer Leverkusen di UELJeremy Boga (atalanta.it)

Jeremy Boga bergabung dengan Atalanta sebagai pemain pinjaman dari Sassuolo pada Januari 2022. Ia langsung menjadi andalan di posisi penyerang sayap kiri Atalanta. Namun, Boga menjadi pemain cadangan ketika Atalanta bertandang ke kandang Bayer Leverkusen pada leg kedua babak 16 besar UEL 2021/2022.

Ia baru masuk menggantikan Malinovskyi pada babak kedua menit ke-65. Keputusan Gasperini memasukkan Boga terbukti memberikan dampak positif kepada permainan Atalanta. Pemain asal Pantai Gading itu berhasil mencetak gol kemenangan Atalanta pada menit 90+1. Berkat gol tersebut, Atalanta memastikan tiket lolos ke perempat final Liga Europa pada 2021/2022.

Kelima pencetak gol tersebut kini sudah tidak lagi membela Atalanta dan Bayer Leverkusen. Aranguiz kini bermain untuk Internacional. Diaby memutuskan pindah ke Aston Villa pada musim panas 2023. Di sisi lain, Atalanta menjual Boga kepada OGC Nice dan Malinovskyi kepada Olympique Marseille pada Juli 2023. Klub berjuluk La Dea itu kemudian melepas Muriel ke Orlando City pada Februari 2024.

Baca Juga: 3 Partai Final Kompetisi Eropa yang Pernah Dimainkan Bayer Leverkusen

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya