3 Pemain VfB Stuttgart dengan Keterlibatan Gol Tertinggi di Bundesliga

Dua pemain hengkang setelah tampil apik

VfB Stuttgart beberapa kali memiliki pemain yang berposisi sebagai striker dengan naluri mencetak gol tinggi. Kontribusi mereka bahkan lebih dari sekadar membobol gawang lawan. Para penyerang tersebut mampu memberikan assist yang berkontribusi bagi prestasi klub di Bundesliga Jerman.

Sebagian dari striker Stuttgart memecahkan rekor terkait jumlah keterlibatan gol di Bundesliga dalam 20 tahun terakhir. Menurut Opta, setidaknya tiga pemain berikut sukses mengukir catatan apik tersebut. Sayangnya, dua dari mereka meninggalkan klub usai menorehkan rekor keterlibatan gol ini.

1. Deniz Undav mampu menciptakan 27 keterlibatan gol di Bundesliga 2023/2024

3 Pemain VfB Stuttgart dengan Keterlibatan Gol Tertinggi di BundesligaDeniz Undav (bundesliga.com)

Deniz Undav bergabung dengan Stuttgart sebagai pemain pinjaman dari Brighton & Hove Albion selama setahun. Ia diharapkan mampu mengasah kemampuannya dalam mencetak gol dan assist selama semusim. Undav menjawab ekspektasi tersebut dengan penampilan luar biasa pada 2023/2024.

Menurut Opta, ia berhasil menciptakan 27 keterlibatan gol dalam 30 pertandingan Bundesliga pada 2023/2024. Secara perinci, Undav mencetak 18 gol dan 9 assist. Ia sukses menciptakan duet maut dengan Serhou Guirassy di lini depan. Alhasil, Stuttgart finis sebagai runner-up Bundesliga dengan raihan 73 poin hasil dari rekor 23 kemenangan, 4 keimbangan, dan 7 kekalahan. Undav pun dipermanenkan Stuttgart pada musim panas 2024. Ia akan kembali bermain di Bundesliga musim depan.

Baca Juga: 3 Pemain Pinjaman yang Dipermanenkan Stuttgart pada Musim Panas 2024

2. Mario Gomez mencetak 30 keterlibatan gol pada 2008/2009

3 Pemain VfB Stuttgart dengan Keterlibatan Gol Tertinggi di BundesligaMario Gomez (vfb.de)

Mario Gomez merupakan produk asli akademi VfB Stuttgart. Ia mulai membela tim utama Die Schwaben pada 2005/2006. Gomez menunjukkan peningkatan dalam permainannya secara signifikan tiap musim. Pencapaian terbaiknya terjadi ketika meraih gelar juara Bundesliga bersama Stuttgart pada 2006/2007.

Selain itu, Gomez berhasil menciptakan rekor mentereng lewat performa individu ketika menorehkan 30 keterlibatan gol di Bundesliga 2008/2009. Lebih detail, Gomez menorehkan 24 gol dan 6 assist dalam 32 pertandingan Bundesliga pada musim tersebut. Stuttgart berhasil finis di peringkat ketiga Bundesliga dengan raihan 64 poin hasil dari 19 kali menang, 7 kali seri, dan 8 kali kalah. Die Schwaben berhak mendapat tiket ke Liga Champions Eropa pada 2009/2010.

3. Serhou Guirassy berhasil mengoleksi 30 keterlibatan gol pada 2023/2024

3 Pemain VfB Stuttgart dengan Keterlibatan Gol Tertinggi di BundesligaSerhou Guirassy (vfb.de)

Serhou Guirassy awalnya bukan termasuk salah satu striker yang diperhitungkan di Bundesliga 2023/2024. Namun, pemain asal Guinea itu berhasil menampilkan performa luar biasa sepanjang musim. Ia bersama Undav membentuk kombinasi apik dan sukses membawa Stuttgart finis sebagai runner-up. Guirassy tampil begitu tajam dengan rekor keterlibatan golnya.

Menurut Opta, Guirassy berhasil mengoleksi 30 keterlibatan gol dalam 28 pertandingan. Secara perinci, pemain asal Guinea itu mencetak 28 gol dan 2 assist. Guirassy menempati peringkat kedua top skor Bundesliga di bawah Harry Kane pada 2023/2024. Berkat performa apiknya itu, beberapa klub besar sempat dikabarkan tertarik kepadanya, seperti Manchester United dan Borussia Dortmund. Ia akhirnya memilih menerima tawaran dari Borussia Dortmund pada bursa transfer musim panas 2024.

Ketiga striker Stuttgart di atas sukses menciptakan sejarah dengan meloloskan klub ke Liga Champions Eropa. Namun, dua di antara mereka tidak bertahan lama di Stuttgart. Gomez memilih pindah ke Bayern Muenchen pada musim panas 2009. Sementara itu, Guirassy hengkang ke klub besar, Borussia Dortmund, pada Juni 2024.

Baca Juga: 5 Pemain VfB Stuttgart yang Digaet dari Klub Luar Jerman pada 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya