3 Pemain Tertua Polandia yang Menorehkan Gol di Euro

Mereka pernah bermain di klub top Eropa #EURO2024

Polandia memiliki beberapa pemain senior yang sukses menorehkan rekor sebagai pencetak gol tertua di Euro. Para pesepak bola veteran tersebut memang tidak pernah membawa Polandia menembus semifinal Euro. Polandia sendiri lebih sering tersingkir di babak grup.

Meski begitu, tiga pemain veteran ini berhasil mengukir catatan apik sebagai pencetak gol tertua Polandia di Euro. Salah satunya terjadi ketika Polandia melawan tim-tim kuat Eropa. Pencapaian ini tentu layak mendapat respek mengingat rekam jejak Polandia yang lebih sering tersingkir di babak grup.

1. Krzysztof Piatek mencetak gol perdananya di Euro saat berusia 28 tahun

3 Pemain Tertua Polandia yang Menorehkan Gol di EuroKrzysztof Piatek (uefa.com)

Krzysztof Piatek pernah menjadi salah satu pemain muda Polandia dengan prospek menjanjikan usai tampil apik bersama Genoa pada paruh pertama 2018/2019. Ia berhasil mencetak 13 gol dalam 19 pertandingan di Serie A Italia. Piatek kemudian langsung pindah ke AC Milan pada Januari 2019. Namun, penampilannya yang tidak konsisten membuat kariernya mengalami penurunan. Ia kini tercatat membela Istanbul Basaksehir sejak musim panas 2023.

Piatek gagal tampil di Euro 2020 setelah mengalami cedera engkel. Ia baru mencatat penampilan perdananya di Euro ketika Polandia kalah 1-3 dari Austria di laga kedua pada fase grup Euro 2024. Piatek sukses mencetak satu gol dalam laga itu. Ia kala itu berusia 28 tahun 356 hari.

2. Jakub Blaszczykowski menorehkan gol di Euro kala usianya 30 tahun

3 Pemain Tertua Polandia yang Menorehkan Gol di EuroJakub Blaszczykowski (uefa.com)

Jakub Blaszczykowski merupakan salah satu pemain yang turut membawa Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga dalam 2 musim berturut-turut pada 2010/2011 dan 2011/2012. Namun, penurunan performa sang pemain membuatnya dipinjamkan kepada Fiorentina pada 2015/2016 dan dijual kepada VfL Wolfsburg pada musim panas 2016. Blaszczykowski mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola bersama klub lamanya, Wisla Krakow, pada 2023 lalu.

Blaszczykowski tidak begitu memiliki prestasi membanggakan di level internasional. Pencapaian terbaiknya saat membawa Polandia melangkah sampai perempat final Euro 2016. Dalam perjalanannya, Blaszczykowski sukses mencetak dua gol ketika Polandia menang 1-0 atas Ukraina dan seri 1-1 melawan Swiss. Usia sang pemain saat menorehkan gol ke gawang Swiss sudah memasuki 30 tahun 194 hari.

3. Robert Lewandowski sukses bikin satu gol di Euro 2024 saat usianya 35 tahun

3 Pemain Tertua Polandia yang Menorehkan Gol di EuroRobert Lewandowski (uefa.com)

Robert Lewandowski menjadi satu-satunya pemain Polandia yang secara konsisten mencetak gol dalam empat edisi Euro. Ia mencetak masing-masing satu gol pada Euro 2012, 2016, dan 2024. Rekor terbaiknya saat menorehkan tiga gol pada Euro 2020.

Lewandowski berhasil mengukir rekor apik lewat torehan golnya. Ia kini menjadi pencetak gol tertua Polandia di Euro usai membobol gawang Prancis lewat tendangan penalti. Lewandowski sudah berusia 35 tahun 309 hari. Sayangnya, Polandia harus tersingkir dari Euro 2024 sebagai juru kunci grup D dengan perolehan 1 poin.

Pencetak gol tertua Polandia di Euro terbilang masih cukup muda. Seperti Piatek yang masih berusia 28 tahun dan Blaszczykowski 30 tahun. Hanya Lewandowski yang terbilang cukup tua saat menorehkang gol di Euro 2024 ketika usianya 35 tahun. Rekor ini diprediksi akan sulit dipecahkan. Pasalnya, belum ada penyerangan Polandia yang cukup produktif baik di level klub maupun internasional selain Lewandowski.

Baca Juga: Prancis Lolos, Mbappe dan Lewandowski Berbalas Penalti

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya