3 Pemain Termuda Real Madrid yang Menjadi Starter di Final UCL

Hanya satu yang bukan jebolan La Fabrica

Sebagian pemain muda milik Real Madrid pernah mengukir sejarah di final Liga Champions Eropa (UCL). Misalnya, Vinicius Jr yang menorehkan catatan apik sebagai pemain paling muda Real Madrid yang mencetak gol di dua final Liga Champions pada 2022 dan 2024.

Selain torehan gol, beberapa talenta muda Real Madrid juga mengukir rekor mentereng lainnya terkait penampilan di final UCL. Itu seperti pemain termuda yang memulai laga final Liga Champions sebagai starter. Catatan ini begitu spesial. Mereka memenangkan persaingan di skuad utama Real Madrid yang selalu mengandalkan pemain bintang berpengalaman untuk tampil di pertandingan sebesar final Liga Champions.

Berikut tiga pemain termuda Real Madrid yang menjadi starter dalam laga final UCL itu.

1. Iker Casillas menjadi kiper utama Real Madrid di final UCL 2000 saat berusia 19 tahun 4 hari

3 Pemain Termuda Real Madrid yang Menjadi Starter di Final UCLIker Casillas (laliga.com)

Iker Casillas telah membela Real Madrid sejak usia dini. Ia meniti karier dari akademi Real Madrid, La Fabrica, lalu menembus tim U-17, U-18, U-19, sampai akhirnya mendapat kesempatan tampil di skuad utama pada September 1999. Usia Casillas kala itu masih 18 tahun 3 bulan.

Kiper asal Spanyol itu berhasil menjadi pemain utama Real Madrid sejak musim debutnya. Ia kerap kali diandalkan dalam pertandingan besar seperti final Liga Champions Eropa. Casillas sukses mencatat rekor sebagai pemain termuda Real Madrid yang tampil sebagai starter di final Liga Champions 2000. Ia masih berusia 19 tahun 4 hari saat itu. Hebatnya lagi, Casillas berhasil menorehkan nirbobol ketika Real Madrid menang 3-0 atas Valencia dalam pertandingan final tersebut.

Baca Juga: Sederet Pemain Real Madrid Ukir Rekor usai Juara Liga Champions

2. Raul Gonzalez bermain sebagai starter di final UCL 1998 saat usianya 20 tahun 327 hari

3 Pemain Termuda Real Madrid yang Menjadi Starter di Final UCLRaul Gonzalez (realmadrid.com)

Raul Gonzalez bergabung dengan akademi Real Madrid, La Fabrica, dari Atletico Madrid pada Juli 1992. Ia membangun kariernya sebagai pesepak bola dari tim Real Madrid U-17, U-18, sampai mendapat promosi ke skuad utama pada Oktober 1994. Raul perlahan mulai menjadi andalan di lini depan Real Madrid dan tampil laga-laga besar seperti final UCL pada 1998.

Ia kala itu memulai laga final Liga Champions Eropa menghadapi Juventus sejak menit pertama. Raul ditempatkan sebagai gelandang serang di belakang dua striker Real Madrid, Fernando Morientes dan Predrag Mijatovic. Usianya saat itu masih 20 tahun 327 hari. Raul bersama Real Madrid berhasil menjadi juara UCL, memenangkan laga final dengan skor 1-0 melawan Juventus pada Mei 1998.

3. Jude Bellingham tampil sejak menit pertama di final UCL 2024 saat berusia 20 tahun 338 hari

3 Pemain Termuda Real Madrid yang Menjadi Starter di Final UCLJude Bellingham (uefa.com)

Jude Bellingham menjadi salah satu pemain muda Inggris yang paling mendapat sorotan. Setelah tampil menawan di Borussia Dortmund, ia makin gacor saat bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2023. Bellingham bahkan menjadi top skor Real Madrid di LaLiga Spanyol dengan total mencetak 19 gol pada 2023/2024.

Ia juga menjadi pemain penting Real Madrid selama berlaga di Liga Champions. Bellingham selalu menjadi pilihan utama manajer Los Blancos, Carlo Ancelotti, di tiap pertandingan UCL dari babak grup sampai final. Ia menjadi starter termuda ketiga Real Madrid setelah Raul dan Casillas dalam laga final UCL 2024.

Bellingham kala itu masih berusia 20 tahun 338 hari. Ia berhasil menorehkan satu assist untuk gol Vinicius Jr pada menit ke-83. Real Madrid sukses meraih gelar juara Liga Champions Eropa yang ke-15 setelah menang melawan Borussia Dortmund dengan skor 2-0.

Ketiga pemain muda Real Madrid di atas berhasil menunjukkan kualitasnya sejak usia muda. Mereka tidak gentar ketika harus bersaing dengan bintang-bintang El Real lainnya untuk menjadi starter. Terbukti, ketiga pemain tersebut mendapat kepercayaan dari manajernya untuk memulai laga sebagai pemain utama di final Liga Champions Eropa. Hebatnya lagi, mereka sukses membawa Real Madrid menjadi juara UCL ketika tampil sebagai starter.

Baca Juga: Kylian Mbappe ke Real Madrid, Diresmikan Pekan Depan!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya