3 Pemain Termuda Portugal yang Cetak Gol di Euro

Ada yang menjadi pahlawan kemenangan #EURO2024

Intinya Sih...

  • Pemain muda Portugal mencetak gol di Euro, termasuk Cristiano Ronaldo
  • Renato Sanches mencetak gol di Euro 2016 saat baru berusia 18 tahun 317 hari
  • Francisco Conceicao mencetak gol kemenangan Portugal di Euro 2024 pada menit ke-90+2

Beberapa pemain muda Portugal berhasil menorehkan catatan apik ketika tampil di Euro. Salah satunya saat berhasil mencetak gol dalam laga Piala Eropa.

Mereka sukses menjadi bagian sejarah perjalanan Portugal dalam partisipasinya di Euro. Inilah tiga pemain termuda Portugal yang menciptakan gol di Euro. Tentu saja Cristiano Ronaldo terlibat di daftar ini.

1. Renato Sanches merobek gawang Polandia di Euro 2016 saat berusia 18 tahun 301 hari

3 Pemain Termuda Portugal yang Cetak Gol di EuroRenato Sanches (bundesliga.com)

Renato Sanches pernah menyandang status sebagai wonderkid Portugal saat tampil memukau bersama Benfica pada 2015/2016. Ia tampil dalam 24 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 1 assist saat baru promosi ke skuad utama Benfica di Liga Portugal. Sanches kemudian ikut memperkuat Timnas Portugal senior yang berlaga di Euro 2016.

Penampilannya cukup impresif ketika tampil bersama Seleccao das Quinas dari fase grup sampai final. Sanches kemudian menorehkan gol perdananya di Euro ketika Portugal imbang 1-1 melawan Polandia pada perempat final. Golnya saat itu sukses menyelamatkan Portugal dari kekalahan dan memaksa laga berjalan sampai adu penalti. Sanches saat itu masih berusia 18 tahun 317 hari. Ia turut menjadi bagian penting dalam perjalanan Portugal menjuarai Euro 2016.

Baca Juga: 3 Minuman yang Harus Dihindari saat Begadang Nonton EURO 2024

2. Cristiano Ronaldo mencetak gol pertamanya di Portugal saat usianya 19 tahun 128 hari

3 Pemain Termuda Portugal yang Cetak Gol di EuroCristiano Ronaldo (uefa.com)

Cristiano Ronaldo mengawali kiprahnya di Euro bersama Timnas Portugal ikut berlaga di Euro 2004. Portugal kala itu bertindak sebagai tuan rumah. Ronaldo tampil sebagai starter ketika menghadapi Yunani dalam laga pembuka pada fase grup.

Sayangnya, Portugal tertinggal dua gol setelah Yunani mencetak gol melalui Georgios Karagounis dan Angelos Basinas. Ronaldo kemudian mencetak satu gol ketika laga memasuki masa injury time babak kedua. Ia saat itu menyundul umpan matang sepakan pojok Luis Figo pada menit ke-90+2. Ronaldo ketika itu masih berusia 19 tahun 128 hari. Ia berhasil membawa Portugal menembus laga final, tetapi kalah lagi melawan Yunani dengan skor 0-1 di partai puncak.

3. Francisco Conceicao menorehkan gol di Euro 2024 saat berusia 19 tahun 187 hari

3 Pemain Termuda Portugal yang Cetak Gol di EuroFrancisco Conceicao mencetak gol kemenangan Portugal atas Republik Ceko 2-1. (uefa.com)

Francisco Conceicao merupakan anak dari mantan pemain Timnas Portugal, Sergio Conceicao. Sama seperti ayahnya, ia mengawali kariernya dari akademi FC Porto. Namun, Francisco malah dijual ke Ajax Amsterdam pada musim panass 2023 sebelum dipinjamkan kembali kepada FC Porto setahun kemudian. Berkat penampilan impresifnya itu, Conceicao dipermanenkan akhirnya dipermanenkan FC Porto pada musim panas 2024.

Ia juga mendapat panggilan ke Timnas Portugal untuk tampil di Euro 2024. Conceicao kemudian masuk sebagai pemain pengganti dalam laga menghadapi Republik Ceko pada fase grup, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB. Ia langsung menciptakan sensasi setelah mencetak gol kemenangan Portugal pada menit ke-90+2. Conceicao menjadi pemain kedua setelah Eder yang berhasil menorehkan gol penentu kemenangan Portugal di Euro.

Ketiga pemain muda di atas membuktikan Portugal tidak pernah kehabisan pesepak bola berbakat dari masa ke masa. Sayangnya, karier Sanches tidak sehebat Ronaldo yang bergelimang trofi bersama klub-klub yang dibelanya. Conceicao baru merintis kariernya bersama FC Porto usai kembali dipinjamkan pada musim panas 2023. Ia tentu ingin menjadi pemain sehebat seniornya, Ronaldo, dengan menjuarai berbagai kompetisi bergengsi di level klub dan internasional. Tampil di Euro 2024 tentu menjadi kesempatan bagi Conceicao untuk mengembangkan karier dan meraih gelar juara internasional pertamanya.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Hamburg, Kota Penyelenggara Euro 2024!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya