3 Pemain Spanyol dengan Koleksi Gol Terbanyak di Euro

Salah satunya pernah flop di Chelsea

Intinya Sih...

  • David Villa, striker terbaik Spanyol dari Valencia, mencetak hattrick di Euro 2008 dan total 4 gol dalam 4 penampilan Euro.
  • Fernando Torres, duet maut dengan Villa, mencetak 5 gol dalam 13 pertandingan Euro dan menjadi pahlawan Spanyol di final Euro 2008.
  • Alvaro Morata, rekor pencetak gol terbanyak Spanyol di Euro dengan 6 gol dari 10 pertandingan, berambisi mengembalikan kejayaan Spanyol di Euro 2024.

Timnas Spanyol kerap kali memiliki striker papan atas dengan naluri mencetak gol yang tinggi. Performa gemilang di level klub mampu mereka tunjukkan saat bermain untuk La Furia Roja di turnamen besar seperti Euro.

Beberapa dari mereka bahkan berhasil mengukir rekor sebagai top skor Spanyol di Piala Eropa. Paling moncer, ini dia tiga pemain Spanyol berikut yang sukses mencatat rekor gol terbanyak di ajang Euro. Nama-nama legendaris!

1. David Villa mencetak empat gol di Euro

3 Pemain Spanyol dengan Koleksi Gol Terbanyak di EuroDavid Villa (uefa.com)

David Villa merupakan salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Timnas Spanyol. Namanya mulai dikenal ketika bermain luar biasa bersama Valencia pada periode 2005--2010. Ketajaman Villa di level klub mampu diterapkan ketika membela Timnas Spanyol di Piala Dunia dan Euro.

Villa bahkan mencetak hattrick ketika tampil untuk pertama kali di Euro. Torehan trigolnya itu sukses memberikan kemenangan Spanyol 4-1 atas Russia pada laga pertama fase grup Euro 2008. Ia kemudian mencetak satu gol saat Spanyol mengalahkan Swedia di laga kedua babak grup pada Euro 2008. Villa secara keseluruhan mengoleksi 4 gol dalam 4 penampilannya di Euro. Sayangnya, ia gagal menambah koleksinya setelah mengalami cedera menjelang Euro 2012 dan tidak ikut Euro 2016 karena sudah pensiun dari Timnas Spanyol usai Piala Dunia 2014.

Baca Juga: 5 Pemain Tersingkir dari Skuad Final Timnas Italia Euro 2024

2. Fernando Torres mengoleksi lima gol selama berlaga di Euro

3 Pemain Spanyol dengan Koleksi Gol Terbanyak di EuroFernando Torres (uefa.com)

Fernando Torres menjadi andalan di lini depan Timnas Spanyol sejak namanya meroket bersama Atletico Madrid pada periode pertamanya 2001--2007. Penampilan mengesankan pemain dengan julukan El Nino itu makin menunjukkan ketajamannya saat membela Liverpool pada 2007--2011. Tidak heran, ia bersama Villa menjadi duet maut di lini depan Timnas Spanyol terutama saat meraih gelar juara Euro 2008.

Torres sebenarnya sudah masuk skuad La Furia Roja di Euro 2004. Namun, gol pertamanya di Piala Eropa baru tercipta ketika Spanyol mengalahkan Swedia dengan skor 2-1 di Euro 2008. Torres mencetak satu gol setelah menerima operan dari David Silva pada menit ke-15.

Ia sukses menjadi pahlawan Spanyol ketika menorehkan gol tunggal saat melawan Jerman di final Euro 2008. Spanyol menjadi juara setelah menang 1-0 atas Der Panzer. Torres juga menjadi salah satu pencetak gol La Furia Roja ketika menghabisi Italia dengan skor 4-0. Ia total mengoleksi 5 gol dalam 13 pertandingan di Euro.

3. Alvaro Morata menjadi top skor Spanyol di Euro dengan koleksi enam gol

3 Pemain Spanyol dengan Koleksi Gol Terbanyak di EuroAlvaro Morata (rfef.es)

Karier Alvaro Morata di level klub cukup naik-turun. Ia sempat meroket bersama Juventus pada periode pertamanya 2014--2016. Namun, Morata gagal tampil tajam ketika membela Real Madrid dan Chelsea pada 2016--2018. Performanya juga tidak terlalu impresif saat membela Atletico Madrid dan periode keduanya di Juventus.

Meski begitu, Morata tetap menjadi andalan lini depan Timnas Spanyol di Euro dan Piala Dunia. Ia bahkan berhasil mencatat rekor sebagai pencetak gol terbanyak Spanyol di Euro dengan koleksi 6 gol dari 10 pertandingan. Sayangnya, ia masih belum mampu mengikuti jejak Torres dan Villa yang berhasil membawa La Furia Roja ke tangga juara Euro. Morata memiliki kesempatan untuk menambah catatan apik itu jika mampu mencetak gol di Euro 2024. Ia juga berambisi mengembalikan kejayaan Spanyol dengan menjuarai Euro 2024 di Jerman.

Ketiga striker di atas terbukti mampu menjadi andalan lini depan Spanyol di turnamen besar seperti Euro. Villa dan Torres sukses menjadi bagian generasi emas Spanyol yang mendominasi sepak bola dunia dengan menjuarai Euro dan Piala Dunia pada 2008--2012. Morata memang tampil tajam di Euro, tetapi dirinya belum pernah membawa Spanyol meraih gelar juara pada kompetisi tersebut. Namun, ia sukses menjadi bagian skuad La Furia Roja yang menjuarai Nations League 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Dipanggil Timnas Spanyol ke Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya