3 Pemain dengan Rasio Gol Terbaik dalam 5 Laga di Euro

Hanya satu yang berhasil juara Euro #EURO2024

Euro kerap kali menampilkan aksi-aksi luar biasa dari para pemain menyerang saat mencetak gol bagi negaranya. Sebagian dari mereka sukses menciptakan sejarah dengan menorehkan banyak gol meski tampil kurang dari sepuluh pertandingan di Euro. Meski tidak meraih gelar juara di Euro, mereka tetap layak disebut sebagai legenda berkat koleksi golnya.

Menurut Opta, tercatat tiga pemain ini punya rasio gol terbaik dalam lima pertandingan Euro. Rata-rata mereka bermain tidak lebih dari tujuh pertandingan di Euro, namun koleksi gol ketiga pemain ini bahkan berhasil melampaui jumlah penampilannya.

1. Dragan Dzajic memiliki rasio gol 0,8 dengan total 4 gol dalam 5 laga di Euro

3 Pemain dengan Rasio Gol Terbaik dalam 5 Laga di EuroDragan Dzajic (fss.rs)

Dragan Dzajic merupakan salah satu pemain terbaik hasil binaan akademi Red Star Belgrade. Ia mulai menunjukkan ketajamannya di lini depan ketika membela tim senior Red Star Belgrade pada periode pertamanya 1961--1975. Dzajic sempat pindah Prancis bersama SEC Bastia pada musim panas 1975. Namun, ia kembali lagi kepada Red Star Belgrade pada Juli 1977.

Selain itu, Dzajic pernah menjadi salah satu andalan Serbia yang kala itu masih menjadi bagian Yugoslavia. Ia berpartisipasi di Euro pada edisi 1968 dan 1976. Dilansir Opta, Dzajic memiliki rasio gol 0,8 dengan total 4 gol dalam 5 pertandingan Euro. Sayangnya, ia gagal meraih gelar juara Euro setelah Yugoslavia kalah 0-2 atas Italia pada final 1968.

2. Patrick Shick punya rasio gol 0,86 serta sejauh ini mengoleksi 6 gol dari 7 laga Euro

3 Pemain dengan Rasio Gol Terbaik dalam 5 Laga di EuroPatrick Shick (kiri) (uefa.com)

Patrick Shick mengalami fase naik-turun dalam kariernya sejak pindah ke Italia bersama Sampdoria pada musim panas 2016. Ia kerap kali berpindah-pindah klub, seperti AS Roma, RB Leipzig, dan kini Bayer Leverkusen sejak musim panas 2020. Shick mampu tampil tajam bersama Bayer Leverkusen dengan total 54 gol dalam 123 pertandingan di semua kompetisi. Ketajamannya berhasil mengangkat prestasi Republik Ceko di Euro.

Ia mampu mencetak 5 gol dalam 5 pertandingan di Euro 2020 dan mengantarkan Republik Ceko mencapai perempat final. Selain itu, Shick sukses menorehkan gol ketika Republik Ceko imbang 1-1 kontra Georgia pada Euro 2024. Menurut Opta, secara keseluruhan, ia punya rasio gol 0,86 serta mengoleksi 6 gol dalam 7 pertandingan. Koleksi gol Shick di Euro masih berpotensi bertambah mengingat Republik Ceko masih akan tampil dalam laga terakhir grup F dan bisa lolos ke fase berikutnya.

3. Michel Platini mencatat rasio gol 1,8 dengan rincian 9 gol dalam 5 laga pertandingan Euro

3 Pemain dengan Rasio Gol Terbaik dalam 5 Laga di EuroMichel Platini (uefa.com)

Michel Platini merupakan legenda Timnas Prancis dan Juventus yang memiliki kemampuan mencetak gol di atas rata-rata. Ia total menorehkan 104 gol dalam 223 laga bersama Juventus di semua kompetisi. Platini juga punya rekor mentereng perihal gol ketika tampil di Euro.

Ia memang hanya sekali berpartisipasi di Euro pada edisi 1984. Namun, catatan golnya terbilang luar biasa. Dilansir Opta, Platini menorehkan rasio gol 1,8 dengan rincian 9 gol dalam 5 pertandingan Euro pada 1984. Ia pernah mencetak back to back hattrick atau mencetak trigol dalam dua laga beruntun ketika Prancis menang 5-0 kontra Belgia dan 3-2 melawan Yugoslavia pada fase grup. Rekor gol Platini sukses membawa Timnas Prancis menjuarai Euro 1984.

Ketiga pemain di atas memiliki rekor yang sulit dipecahkan pemain lain. Bintang sekelas Cristiano Ronaldo, Harry Kane, dan Wayne Rooney saja tidak mampu menyamai catatan apik ini. Dari tiga pemain di atas, hanya Platini yang pernah menjuarai Euro. Mampukah Shick menciptakan sejarah dengan membawa Republik Ceko meraih gelar juara Euro 2024? Patut dinanti.

Baca Juga: 6 Pemain RSC Anderlecht di Euro 2024, Ada Kasper Schmeichel

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya