4 Pemain Prancis Termuda yang Cetak Gol dalam Laga Debut UCL

Hanya satu yang berusia 22 tahun

Intinya Sih...

  • Karim Benzema mencetak gol debut di UCL saat berusia 17 tahun 11 bulan 7 hari bersama Olympique Lyon.
  • Eliaquim Mangala mencetak gol debut di UCL saat berusia 18 tahun 7 bulan 3 hari bersama Standard Liege.
  • Georginio Rutter mencetak gol debut di UCL saat berusia 18 tahun 7 bulan 18 hari bersama Stade Rennais.

Prancis secara konsisten melahirkan para pesepak bola muda yang mampu bersinar kala bermain di Liga Champions Eropa (UCL). Sebut saja Kylian Mbappe yang menciptakan sensasi ketika membawa AS Monaco menembus semifinal UCL pada 2016/2017. Beberapa talenta muda Prancis mampu mengukir rekor apik kala melakoni debut di UCL.

Mereka berhasil menorehkan gol ketika baru pertama kali berlaga di Liga Champions Eropa. Sebagian dari para pemain muda tersebut berhasil menjelma menjadi bintang, sementara lainnya menjalani karier yang tidak begitu spesial. Berikut empat pemain termuda Prancis yang mencetak gol dalam debutnya di UCL.

1. Karim Benzema cetak gol pertamanya di UCL saat berusia 17 tahun 11 bulan 17 hari

4 Pemain Prancis Termuda yang Cetak Gol dalam Laga Debut UCLKarim Benzema (uefa.com)

Karim Benzema merupakan salah satu jebolan akademi Olympique Lyon yang berhasil menjadi bintang sepak bola dunia. Ia menunjukkan kapasitasnya sebagai striker tajam kala tampil untuk pertama kalinya di UCL pada 2005/2006. Benzema saat itu bermain sebagai starter di lini depan Lyon saat menghadapi Rosenborg dalam lage keenam fase grup UCL pada 6 Desember 2005.

Ia berhasil membuka keunggulan Lyon lewat torehan golnya pada menit ke-33. Benzema memanfaatkan assist John Carew lewat sepakan kaki kanannya. Ia saat itu masih berusia 17 tahun 11 bulan 7 hari. 

Baca Juga: 3 Pemain AS Monaco Berusia 18 Tahun yang Cetak Gol di Laga UCL

2. Eliaquim Mangala membobol gawang Arsenal saat usianya 18 tahun 7 bulan 3 hari

4 Pemain Prancis Termuda yang Cetak Gol dalam Laga Debut UCLEliaquim Mangala (uefa.com)

Eliaquim Mangala menjadi salah satu dari sedikit pemain Prancis yang mengawali kiprahnya di Liga Champions Eropa bersama klub asal Belgia. Ia kala itu membela Standard Liege saat menghadapi Arsenal pada laga pertama fase grup UCL 2009/2010. Mangala tampil sebagai bek tengah sejak awal pertandingan.

Ia berhasil mengejutkan Arsenal dengan mencetak gol cepat pada menit kedua. Mangala menorehkan gol tersebut lewat tendangan kaki kirinya. Ia kala itu masih berusia 18 tahun 7 bulan 3 hari.

3. Georginio Rutter menorehkan gol perdananya di UCL ketika berusia 18 tahun 7 bulan 18 hari

4 Pemain Prancis Termuda yang Cetak Gol dalam Laga Debut UCLGeorginio Rutter (staderennais.com)

Georginio Rutter untuk pertama kalinya berlaga di Liga Champions Eropa ketika masih berseragam Stade Rennais pada 2020/2021. Rennais saat itu menjamu Sevilla di Roazhon Park pada 8 Desember 2020. Rutter mengawali pertandingan ini sebagai pemain cadangan.

Rennais tidak berkutik menghadapi serangan-serangan Sevilla. Mereka tertinggal 0-3 usai Sevilla mencetak gol lewat Jules Kounde dan brace Youssef En-Nesyri. Rutter yang masuk menggantikan M'Baye Niang berhasil mencetak satu gol untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3. Ia berhasil menorehkan gol dalam laga debutnya di UCL saat berusia 18 tahun 7 bulan 18 hari. Sayangnya, Rennais tetap kalah 1-3 dari Sevilla. 

4. Maghnes Akliouche membobol gawang Barcelona saat usianya 22 tahun 6 bulan 25 hari

4 Pemain Prancis Termuda yang Cetak Gol dalam Laga Debut UCLMaghnes Akliouche (depan) (x.com/AS_Monaco_EN)

Maghnes Akliouche termasuk bagian dari skuad Prancis U-23 yang meraih medali perak pada Olimpiade 2024. Ia merupakan salah satu pemain binaan akademi AS Monaco yang tampil apik di Ligue 1 pada 2023/2024. Akliouche mencetak 7 gol dan 4 assist dalam 28 laga Ligue 1 bersama AS Monaco pada musim tersebut.

Ia mendapat kesempatan debut di Liga Champions Eropa ketika AS Monaco menjamu tim raksasa Eropa, FC Barcelona, di Stade Louis II pada 19 September 2024. Akliouche bermain di posisi penyerang sayap kanan sejak menit pertama. Ia mampu memanfaatkan kesalahan di lini belakang Barcelona dengan mencetak gol pertama untuk AS Monaco pada menit ke-16. Laga ini berakhir dengan kemenangan AS Monaco 2-1 atas FC Barcelona.

Keempat pemain di atas memiliki perjalanan karier yang berbeda usai menorehkan gol dalam debutnya di UCL. Benzema menuai kesuksesan, terutama setelah pindah ke Real Madrid dengan menjuarai UCL sebanyak lima kali. Sementara itu, Mangala sempat membela Manchester City, tetapi kariernya meredup akibat cedera sehingga kini hanya bermian untuk klub papan tengah Liga Portugal, Estoril Praia. Rutter baru saja bergabung dengan Brighton & Hove Albion pada musim panas 2024. Akliouche punya potensi untuk menjadi pemain top di posisi sayap kanan setelah menunjukkan permainan apik bersama AS Monaco dan Timnas Prancis U-23.

Baca Juga: Ironi Format Baru UCL, Malah Tiru Super League yang Mereka Tolak

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya