3 Pemain Polandia Paling Tua yang Bermain di Euro

Terbaru terjadi pada edisi 2024 #EURO2024

Polandia bukan termasuk negara dengan segudang prestasi di turnamen mayor seperti Euro. Mereka seringkali hadir dengan status tim kuda hitam yang diharapkan mampu memberikan kejutan. Akan tetapi, bukan berarti Polandia tidak memiliki catatan apik di Euro.

Polandia memiliki para pemain veteran yang masih fit untuk tampil membela negaranya di Euro. Sebagian dari pesepak bola senior Polandia bahkan sukses mengukir rekor lewat catatan penampilannya. Berikut tiga pemain Polandia paling tua yang bermain di laga Euro.

1. Jacek Bak terakhir kali tampil melawan di Euro 2008 saat usianya 35 tahun 80 hari

3 Pemain Polandia Paling Tua yang Bermain di EuroJacek Bak (depan tengah) (uefa.com)

Jacek Bak menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Olympique Lyon setelah pindah dari Lech Poznan pada musim panas 1995. Ia melanjutkan kariernya bersama RC Lens setelah membela Lyon selama 6,5 tahun. Bak kerap kali menjadi andalan lini pertahanan Timnas Polandia saat tampil di turnamen mayor seperti Piala Dunia dan Euro.

Ia hanya sekali tampil di Euro pada edisi 2008. Bak kala itu bermain dalam dua pertandingan saat Polandia dikalahkan Jerman dengan skor 0-2 dan imbang 1-1 menghadapi Austria. Ia menjabat sebagai kapten dan bermain penuh selama 90 menit menghadapi Austria. Bak saat itu sudah memasuki usia 35 tahun 80 hari.

2. Robert Lewandowski masih tajam meski usianya 35 tahun 309 hari

3 Pemain Polandia Paling Tua yang Bermain di EuroRobert Lewandowski (uefa.com)

Robert Lewandowski merupakan pemain terbaik yang dimiliki Polandia dalam 13 tahun terakhir. Kariernnya mengalami peningkatan pesat selama bermain untuk Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen. Lewandowski masih menunjukkan ketajamannya saat usianya sudah memasuki 35 tahun 309 hari.

Ia terbukti mampu mencetak satu gol lewat tendangan penalti saat menghadapi Prancis pada laga ketiga babak grup Euro 2024. Lewandowski kini telah mengoleksi 6 gol dari 13 penampilannya di Euro. Sayangnya, ia selalu gagal membawa Polandia melangkah jauh saat berpartisipasi di Euro. Pencapaian terbaiknya saat membawa Polandia menembus perempat final Euro 2016.

3. Kamil Grosicki bermain menghadapi Austria di Euro 2024 ketika berusia 36 tahun 13 hari

3 Pemain Polandia Paling Tua yang Bermain di EuroKamil Grosicki (instagram.com/kamilgrosicki10)

Kamil Grosicki merupakan pemain jebolan akademi Legia Warszawa yang malang-melintang di Ekstraklasa atau Liga Polandia. Ia sempat bermain di English Premier League (EPL) saat membela Hull City pada 2016/2017 dan West Bromwich Albion pada 2020/2021. Di level internasional, Grosicki tampil di tiga edisi Euro pada 2012, 2016, dan 2024.

Ia hanya sekali tampil sebagai penyerang sayap kiri pada Euro 2012. Grosicki berhasil bermain dalam lima laga Euro 2016 dan mencetak dua assist. Ia mengakhiri perjalanannya di Timnas Polandia dengan bermain di Euro 2024 sebagai pemain pengganti. Grosicki saat itu sudah berusia 36 tahun 13 hari.

Ketiga pemain di atas memang tidak pernah menjuarai gelar bergengsi bersama Timnas Polandia di turnamen mayor. Akan tetapi, kontribusi mereka patut mendapat apresiasi. Ketiga pemain ini layak dianggap sebagai legenda. Terlebih lagi, catatan penampilan mereka terbilang cukup banyak dan mampu bermain di kompetisi dengan level tinggi seperti Euro meski usianya sudah tidak muda lagi.

Baca Juga: 3 Pemain Tertua Polandia yang Menorehkan Gol di Euro

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya